Taman Nasional Baluran, Tempat Wisata Alam di Banyuwangi yang Mirip Safari Afrika

Agus Siswoyo - Aktifitas penjelajahan alam dan berlibur di daerah pantai
Agus Siswoyo – Aktifitas penjelajahan alam di sekitar gua.

Kalau jaman dulu Anda membayangkan obyek wisata di Jawa Timur identik dengan pegunungan dan kesenian daerah, maka kali ini blog The Jombang Taste akan membahas tempat wisata alam Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran berada di tepi jalan raya Surabaya-Banyuwangi. Tempat ini mudah dijangkau oleh wisatawan yang datang berkunjung ke kabupaten banyuwangi. Jika Anda naik kereta api, maka Anda naik KA jurusan Banyuwangi dan turun di stasiun terakhir, yaitu stasiun Banyuwangi Baru. Selanjutnya Anda bisa menyewa sepeda motor maupun naik ojek ke pintu masuk obyek wisata Taman Nasional Baluran. Anda juga bisa mencoba layanan ojek secara online yang saat ini makin marak digunakan wisatawan untuk mendukung aktifitas liburan mereka.

Obyek wisata di Banyuwangi ini buka setiap hari Senin sampai Minggu dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Tiket masuk ke Taman Nasional Baluran sebesar Rp15.000 per orang pada seluruh hari kunjungan, baik weekday maupun weekend. Tarif parkir sepeda motor sebesar Rp5.000 per kendaraan. Parkir mobil sebesar Rp10.000 per kendaraan. Sayangnya, Anda tidak diperbolehkan mendirikan tenda di dalam area wisata karena alasan keamanan. Anda bisa menyewa losmen murah di Desa Kebangsaan, dekat pintu masuk Taman Nasional Baluran harga sewa kamar sebesar Rp100.000 per malam untuk 2 orang. Losmen murah ini cukup bagus untuk menginap selama anda berlibur di objek wisata di Banyuwangi ini.

Yodi Kurniadi (2017) menuliskan dalam buku Obyek Wisata Provinsi Jawa Timur bahwa Taman Nasional Baluran merupakan salah satu obyek wisata paling terkenal di kalangan wisatawan pecinta alam. Buku yang diterbitkan oleh PT. Sarana Panca Karya Nusa ini menjelaskan bahwa Taman Nasional Baluran mudah dijangkau oleh publik yang berkunjung ke sana. Anda tinggal menyiapkan waktu yang cukup lama agar bisa menjelajahi setiap sudut objek wisata taman nasional baluran di banyuwangi. Siapkan masker pelindung mulut dan hidung karena cuaca disana cenderung panas dan berdebu setiap hari. Berpetualang disana serasa berlibur di taman safari benua Afrika. Anda membutuhkan fisik yang prima supaya bisa menjelajahi luasnya Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.

Little Africa in Java

Anda bisa menemui banyak hewan-hewan liar di taman nasional baluran. Disana terdapat monyet berekor panjang dan kerbau Jawa yang akan menyambut setiap kedatangan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di banyuwangi ini. Selain itu, Anda bisa menemui binatang jerapah, rusa, ular, burung merak, dan beberepa jenis binatang semak di Taman Nasional Baluran. Tempat wisata taman nasional Baluran memiliki luas sekitar 25.000 hektar yang meliputi wilayah daratan dan perairan. Jadi, obyek wisata di Banyuwangi ini sebenarnya bukan hanya hutan dan tanah lapang yang luas diselingi sema-belukar. Taman Nasional Baluran juga memiliki wilayah pantai yang indah untuk dijelajahi. Wilayah taman nasional Baluran yang begitu luas dengan kondisi alam yang mirip dengan benua Afrika menjadikannya sebagai tempat wisata alam yang menarik bagi para penjelajah alam.

Di bagian tengah objek wisata taman nasional baluran memiliki pemandangan yang cukup menarik yaitu gunung Baluran. Gunung Baluran sekarang sudah tidak aktif lagi. Tinggi dinding kawah gunung baluran bervariasi antara 900 sampai dengan 1247 meter. Wisatawan dilarang mendaki ke Gunung Baluran dengan alasan keamanan. Disana merupakan habitat alami macan tutul yang dilindungi negara. Gunung Baluran masih menjadi tempat tertutup untuk umum. Hanya petugas konservasi yang boleh memasuki kawasan hutan lindung itu. Jadi jangan pernah Anda mencoba memasuki Gunung Baluran. Posisi paling dekat adalah dengan cara mendirikan perkemahan di camping area yang lokasinya terpisah dari Gunung Baluran.

Setelah berkeliling ke taman nasional Baluran, Anda bisa mencoba wisata kuliner banyuwangi yang beraneka ragam diantaranya adalah makanan rujak soto. Anda pasti penasaran bagaimana rasanya makan nasi soto dengan bumbu rujak cingur. Itulah keunikan wisata kuliner banyuwangi rujak soto. Sambil makan rujak soto anda bisa menikmati sajian pagelaran seni tari banyuwangi misalnya gandrung banyuwangi. Tari gandrung banyuwangi dibawakan oleh para gadis cantik banyuwangi untuk tujuan menghibur wisatawan yang hadir dan berkunjung di kota yang terletak di ujung paling timur pulau jawa ini. Jika Anda sedang beruntung, Anda bisa menikmati sajian kesenian menarik dalam event Festival Karnaval Banyuwangi. Siapkan waktu Anda untuk berkunjung ke berbagai obyek wisata di Banyuwangi!

Bagikan artikel ini melalui:

13 Replies to “Taman Nasional Baluran, Tempat Wisata Alam di Banyuwangi yang Mirip Safari Afrika”

  1. Lokasi taman Baluran lumayan jauh dari Jakarta serasa perjalanan dari ujung barat ke ujung timur. nanti dulu deh kesana kalau aku sudah punya waktu dan uang liburan yang cukup. Hahaha…

  2. Tempat wisata alam Taman Nasional Baluran memang bagus dan memiliki luas lahan yang sangat luas tapi sayangnya kita tidak diperbolehkan naik ke gunung Baluran Karena disana masih dihuni harimau liar.
    jadi buat kalian yang mau ketemu sama wisata Safari seperti di Afrika harap menahan kecewa sebentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *