Tempat Wisata Danau Laut Tawar di Takengon, Nanggroe Aceh Darussalam

Gambar Manusia Meditasi Yoga di Tepi Danau pada sore hari.
Gambar Manusia Meditasi Yoga di Tepi Danau pada sore hari.

Ichsan Syuhada dan kawan-kawan dalam buku Pesona Indonesia (2017) menyatakan bahwa Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau paling indah di dunia. Pulau Sumatera memiliki beragam tempat wisata alam yang indah dan mempesona. Salah satu obyek wisata di Pulau Sumatera adalah Danau Laut Tawar. Tempat wisata Danau Laut Tawar merupakan obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Tempat wisata Danau Laut Tawar menjadi kebanggaan masyarakat Aceh. Sumber air Danau Laut Tawar dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di wilayah Aceh Tengah dan masyarakat di Kabupaten lainnya sebagai pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa Danau Laut Tawar merupakan salah satu pendukung utama kehidupan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Aceh Tengah. Tak ayal lagi, tempat wisata Danau Laut Tawar terjaga kebersihannya.

Obyek wisata Danau Laut Tawar terletak di sebelah timur Kota Takengon, Kecamatan Laut Tawar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pengunjung objek wisata Danau Laut Tawar dapat melihat pemandangan sosial masyarakat yang bercocok tanam dan memancing. Pertanian dan memancing adalah kegiatan yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di sekitar obyek wisata Danau Laut Tawar di Takengon Aceh.

5 Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste
5 Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste

Tempat Wisata Murah di Sumatera

Oleh-oleh khas tempat wisata Danau Laut Tawar adalah kopi Gayo. Kopi Gayo merupakan komoditi unggulan yang ditanam di dataran tinggi Gayo. Kopi Gayo termasuk jenis kopi arabika yang sangat terkenal di Jepang. Selain kopi, oleh-oleh khas wisata Danau Laut Tawar adalah kentang, markisa, tomat, cabai, jagung dan sayur-sayuran. Hasil komoditi perkebunan yang cukup terkenal dari daerah Danau Laut Tawar adalah jeruk keprok Gayo dan alpukat

Danau Laut Tawar diapit oleh dua buah bukit yang indah. Dua bukit yang mengapit Danau Laut Tawar ini semakin memperlihatkan keindahan danau. Penyatuan wilayah perairan dan daratan memberi banyak sumber penghidupan bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang tinggal disekitar dataran tinggi Gayo.

Mengapa obyek wisata ini disebut Danau Laut Tawar? Sebutan laut diberikan kepada tempat ini karena luasnya kumpulan Air disini seperti laut. Sedangkan sebutan tawar diberikan kepada tempat wisata ini karena air danau ini tidak asin. Danau Laut Tawar memiliki air tawar. Obyek wisata Danau Laut Tawar menyimpan banyak flora dan fauna. Salah satu hewan yang paling terkenal di Danau Laut Tawar adalah ikan depik. Hewan ikan depik merupakan spesies ikan endemik yang hanya bisa dijumpai di Danau Laut Tawar.

Apakah anda tertarik berlibur ke tempat wisata Danau Laut Tawar di kota Takengon provinsi Nanggroe Aceh Darussalam? Silakan merencanakan liburan anda bersama keluarga dan orang-orang tercinta ke tempat wisata alam di pulau Sumatera. Semoga kegiatan travelling anda di sana menyenangkan!

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Tempat Wisata Danau Laut Tawar di Takengon, Nanggroe Aceh Darussalam”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *