Tempat Wisata Makam Panjang di Kabupaten Mojokerto

wpid-android_wallpaper_1440x1280_appsapk-463.jpgMakam panjang atau kubur panjang yang masih dikeramatkan penduduk ini secara administratif berada di wilayah Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Letaknya kurang lebih 300 m dari sudut timur laut Kolam Segaran pada tanah yang agak tinggi dari daerah sekitarnya. Kompleks makam panjang dengan bangunannya yang ada sekarang merupakan bangunan baru. Demikian pula jirat makam panjangnya.

Tinggalan kunonya hanya berupa prasasti yang dianggap nisan oleh penduduk, tertulis pada batu dengan bentuk akolade. Prasasti singkat tersebut menggunakan huruf dan tulisan Jawa Kuno. Isi prasasti berbunyi: pangadegning boddhi I saka 1203. Jika diterjemahkan artinya: berdirinya pohon boddhi pada tahun saka 1203.

Berdasar isi prasasti tersebut patut diragukan apakah dahulu di tempat tersebut pernah dimakamkan seseorang. Yang pasti bahwa pada tahun 1203 C (1281 M) telah ditanam pohon boddhi. Dalam sejarah agama Budha pohon boddhi dihubungkan dengan pencapaian pencerahan oleh Sang Buddha Gautama. Di Jawa pohon boddhi disamakan dengan pohon beringin (Kern, 1917:77-82).

Adapun maksud penanaman pohon boddhi atau beringin berdasar data sejarah tidak berubah dari dahulu hingga sekarang yaitu untuk memperingati suatu peristiwa tertentu, dengan tujuan agar tercapai segala keinginan yang menjadi maksud dalam peringatan tersebut. Angka tahun 1203 C (1281 M) juga menunjukkan bahwa Trowulan telah dihuni sebelum Majapahit berdiri. Mari kunjungi beragam tempat wisata sejarah dan budaya di Nusantara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *