Tempat Wisata Unik Keindahan Alam Bawah Tanah Masjid Perut Bumi di Kota Tuban Jawa Timur

Seni Kaligrafi pada Pintu Masuk Obyek wisata unik Masjid Perut Bumi di Kota Tuban
Seni Kaligrafi pada Pintu Masuk Obyek wisata unik Masjid Perut Bumi di Kota Tuban

Bagaimana kabar kawan blogger Jombang hari ini? Blog The Jombang Taste menyapa Anda kembali melalui artikel review tempat wisata alam yang tidak biasa di Kota Tuban. Biasanya saya selalu membahas tempat wisata di atas tanah. Nah, kali ini saya bahas obyek wisata yang lokasinya berada di bawah tanah. Bukan obyek wisata biasa lho, tapi berupa masjid. Masjid kok di dalam tanah? Beneran ada ini. Masjid di dalam tanah merupakan tempat wisata yang terbilang lumayan baru di Kota Tuban. Banyak wisatawan lokal yang berkunjung kesana dalam rangkaian liburan ziarah wali songo.

Nama obyek wisata ini adalah Masjid Perut Bumi atau disingkat Masjid Perbu. Lokasi Masjid Perut Bumi berada di Kota Tuban. Namanya saja Masjid Perut Bumi, tentu suasana agak gelap dan berada di bawah tanah. Pemandangan seru dari obyek wisata Masjid Perut Bumi di Tuban adalah langit-langitnya dipenuhi dengan stalagtit dan stalagmit yang saling berjejer layaknya kita sedang berada di dalam gua. Berkunjung ke Masjid Perut Bumi Tuban mengingatkan saya pada liburan beberapa tahun silam ke Guwo Lowo di Trenggalek. Bedanya, Masjid Perut Bumi tempatnya bersih dan ruangannya lebih sempit.

Bagaimana asal-usul terbangunannya Masjid Perut Bumi di Kota Tuban? Banyak kisah yang menceritakan bagaimana sejarah pembangunan masjid di dalam tanah di Kota Tuban ini. Versi pertama mengatakan Masjid Perut Bumi di Tuban adalah masjid tiban. Masjid tiban artinya masjid yang tiba-tiba ada dan terbentuk dalam waktu semalam. Namun versi lain menyatakan asal-usul Masjid Perut Bumi di Kabupaten Tuban adalah buatan manusia. Penduduk setempat menemukan lubang besar di dalam tanah yang menyerupai gua lalu Pemerintah Daerah setempat mengkreasikannya menjadi destinasi wisata yang unik di Kota Tuban.

Suasana ruangan bawah tanah tempat wisata religi yang unik di Masjid Perut Bumi Kota Tuban Jawa Timur
Suasana ruangan bawah tanah tempat wisata religi yang unik di Masjid Perut Bumi Kota Tuban Jawa Timur

Ketika wisatawan mengunjungi Masjid Perut Bumi di Kota Tuban, mereka tidak memiliki waktu yang lama untuk berada di dalamnya. Terdapat beberapa orang petugas masjid yang mengatur keluar masuknya wisatawan. Seolah-olah mereka sudah memiliki timer berapa lama satu rombongan wisatawan boleh berada di dalamnya. Memangnya, apa yang bisa wisatawan lakukan di dalam Masjid Perut Bumi. Namanya saja masjid, pasti kegiatan utamanya berdoa. Saya dan saudara-suadara satu rombongan ikut berdoa di dalam Masjid Perut Bumi Tuban. Tidak terlalu lama karena ruangan yang terbatas menyebabkan persediaan oksigen terbatas pula.

Di dalam Masjid Perut Bumi Kabupaten Tuban terdapat satu ruangan utama tempat berdoa. Pencahayaan di dalam obyek wisata religi ini diciptakan dengan sangat dramatis dan berwarna-warni lampu menyinari stalaktit dan stalagmit di sekitarnya. Menurut perkiraan saya, dinding Masjid Perut Bumi tersusun dari batuan cadas yang berkapur khas wilayah Pegunungan Kendeng Utara. Susunan bebatuannya mirip dengan wilayah pegunungan Lamongan. Sekembali dari berdoa di dalam tempat wisata Masjid Perut Bumi, wisatawan bisa menjelajahi sisi unik masjid bawah tanah ini. Terdapat banyak lorong panjang untuk jalan-jalan dan menikmati keindahan alam bawah tanah Kota Tuban.

Keunikan area wisata Masjid Perut Bumi adalah obyek wisata ini dikemas dengan sangat menarik oleh Pemerintah Daerah setempat. Tidak ada spot sedikitpun yang disia-siakan. Bahkan desain arsitektur di bagian luar pun dibuat sedemikian rupa sehingga tampak sangat Arabian banget. Desain eksterior Masjid Perut Bumi mengingatkan saya pada obyek wisata Masjid Seribu Pintu yang berada di Turen, Malang Selatan. Supaya Anda tidak penasaran dengan kondisi di dalam di sekitar obyek wisata Masjid Perut Bumi, silakan nikmati beberapa foto Masjid Perut Bumi di atas. Semoga artikel The Jombang Taste mengenai obyek wisata di Tuban ini bisa menambah wawasan Anda. Selamat merencanakan liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *