Syarat-syarat Rumah Sehat dan Lingkungan Bersih untuk Tempat Tinggal Manusia

Liburan Terapi Ikan dan Dayung Perahu di Kampung Coklat Kademangan Blitar
Liburan Terapi Ikan dan Dayung Perahu di Kampung Coklat Kademangan Blitar

Kesehatan tubuh dan pikiran manusia sangat dipengaruhi oleh kebersihan tempat tinggalnya. Endyah Murniati (2015) dalam buku Aku Tahu Tentang Cara Hidup Sehat 1 menjelaskan bahwa lingkungan tempat tinggal manusia harus memenuhi syarat kesehatan. Syarat-syarat rumah sehat adalah memiliki atap dan dinding yang kokoh. Rumah sehat memiliki ciri tersedia air bersih. Apa saja syarat-syarat rumah sehat berikutnya? Mari simak artikel kesehatan berikut ini.

Saluran Pembuangan Air

Rumah sehat memiliki tempat penampungan dan saluran air limbah yang memenuhi syarat. Rumah sehat letaknya jauh dari kandang ternak. Kandang ternak adalah sumber polusi udara dan polusi suara. Jarak antara kandang dengan rumah paling sedikit 10 meter. Jarak kandang yang terlalu dekat bisa mengganggu manusia yang tinggal di dekatnya.

Syarat rumah sehat berikutnya adalah memiliki saluran pembuangan air hujan sehingga air hujan tidak tergenang. Jika terdapat banyak genangan air maka kita perlu membuat lubang biopori. Lubang biopori dapat dibuat secara manual dengan alat khusus. Tujuan pembuatan biopori adalah menambah wilayah resapan air.

Pemilahan Jenis Sampah

Rumah sehat memiliki saluran pembuangan sampah dari dapur sehingga sampah tidak mengotori lingkungan rumah. Sampah rumah tangga harus dipilah antara sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik adalah sampah alami yang bisa diolah lagi, misalnya batang kangkung, daun ketela, kulit jagung, kulit pisang, dan lain-lain. Beberapa jenis daun dapat dipendam di dalam tanah sehingga menjadi pupuk kompos.

Sampah anorganik adalah sampah yang berasal bukan dari alam. Sampah anorganik biasanya terbuat dari bahan plastik, kaca, karet, aneka logam, kain, dan lain-lain. Sampah anorganik dapat dibentuk menjadi aneka kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi.

Wisata Banyu Mili di Carang Wulung Wonosalam Jadi Obyek Wisata Terbaru dan Kekinian di Jombang
Wisata Banyu Mili di Carang Wulung Wonosalam Jadi Obyek Wisata Terbaru dan Kekinian di Jombang

Kelancaran Saluran Udara

Rumah sehat memiliki kamar-kamar yang berjendela dan mempunyai lubang angin. Rumah sehat memiliki luas ruangan sesuai dengan jumlah penghuni rumah. Ciri rumah sehat adalah memiliki halaman bersih. Halaman rumah yang ditanami tumbuh-tumbuhan harus dirawat dengan baik supaya memperindah lingkungan rumah.

Tersedia WC Bersih

Rumah sehat mempunyai persediaan air bersih. Syarat rumah sehat adalah memiliki jamban atau WC sehat. WC yang bersih adalah syarat utama kesehatan rumah sebagai tempat tinggal bagi seluruh anggota keluarga. Rumah sehat juga memiliki tempat penampungan air limbah yang memenuhi syarat. Air limbah yang dialirkan ke got harus mengalir lancar. Saluran got yang macet bisa menimbulkan bau tidak sedap dan menyebabkan polusi udara.

Mengatur Kelembaban Udara

Kondisi rumah berhimpit-himpit termasuk lingkungan tidak sehat karena udara tidak dapat bertukar. Rumah yang sempit menyebabkan udara tidak dapat masuk dengan baik. Saluran keluar masuk angin berfungsi untuk pertukaran udara. Oleh karena itu setiap rumah harus memiliki lubang angin atau ventilasi udara yang baik.

Rumah yang lembab dapat mengakibatkan penyakit bagi penghuninya. Cahaya yang paling baik masuk ke dalam rumah adalah cahaya matahari pagi dari pukul 05.00 sampai pukul 09.00. Sinar matahari perlu masuk ke dalam rumah karena sinar matahari dapat membunuh kuman.

Saluran Pembuangan

Rumah sehat memiliki jarak pembuangan sampah dan pembuangan tinja dari sumber air sekurang-kurangnya 10 meter. Rumah sehat memiliki jarak pembuangan sampah yang cukup jauh dari rumah karena sampah dapat mencemari sumber air bersih. Sampah rumah tangga juga dapat mencemari tanah dan udara.

Rumah sehat memiliki lokasi yang jauh dari air limbah. Sumber air bersih harus selalu terjaga kebersihannya dari pengaruh air limbah sehingga sumber air bersih tidak tercemar. Syarat-syarat saluran air limbah yang sehat adalah diolah terlebih dulu sebelum dibuang sehingga air limbah tidak bisa merembes ke tanah atau ke sumber air bersih.

Penyakit yang mudah menular pada penghuni rumah yang terlalu padat adalah penyakit yang ditularkan melalui pernapasan atau udara, misalkan penyakit mata, TBC, batuk, pilek dan penyakit pernapasan lainnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam meningkatkan kebersihan lingkungan tempat tinggal yang menyehatkan.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Syarat-syarat Rumah Sehat dan Lingkungan Bersih untuk Tempat Tinggal Manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *