Usaha Menciptakan Lingkungan Sehat Melalui Program Sekolah Ramah Anak

Olahraga Jalan Sehat Siswa Baru dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan MOS di SDN Latsari
Jalin keakraban warga sekolah dengan cara olahraga Jalan Sehat Siswa Baru dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan MOS di SDN Latsari

Apa kabar kawan pembaca blog The Jombang Taste? Sadarkah Anda bahwa menciptakan kebersihan lingkungan sehat di sekolah merupakan tanggungjawab bersama antara kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Rasa memiliki lingkungan sehat tumbuh dari kesadaran setiap warga sekolah untuk hidup sehat, bebas penyakit, nyaman, dan bahagia. Tentu setiap warga sekolah ingin hidup sehat dan nyaman.

Meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah yang sehat selaras dengan pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak (SRA) di sejumlah lembaga pendidikan dasar di Kabupaten Jombang. Workshop Sekolah Ramah Anak telah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang pada 27-28 September 2019 lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMP Sawunggaling dan dihadiri oleh sekitar 300 orang guru sekolah dasar se-Kabupaten Jombang. Acara ini mendapat respons luar biasa dari para peserta.

Kerjasama Semua Pihak

Salah satu poin utama praktek Sekolah Ramah Anak adalah partisipasi siswa dalam pengambilan keputusan bersama. Guru perlu melibatkan siswa dalam kegiatan musyawarah membentuk jadwal piket kebersihan kelas. Setiap kelompok terdiri dari beberapa orang siswa. Kelompok ini dapat dikombinasikan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Mereka memiliki tugas yang berbeda di bidang kebersihan kelas. Tugas berbeda disesuaikan dengan jenis kelamin. Siswa perempuan menyapu lantai. Siswa laki-laki membersihkan papan tulis dan membuang sampah ke tempat penampungan sampah.

Seluruh siswa di dalam kelas dibagi menjadi enam kelompok piket kebersihan. Kelompok pertama melaksanakan piket pada hari Senin. Kelompok kedua hari Selasa. Demikian selanjutnya sampai pada kelompok keenam yang bertugas pada hari Sabtu. Melalui kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan sekolah ini diharapkan siswa akan melaksanakan perilaku hidup bersih di rumahnya setiap hari. Manfaat lain dari tugas piket menyapu adalah melatih kedisiplinan diri siswa untuk berangkat lebih awal.

Guru harus membiasakan kepada siswa untuk memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah. Prinsip Sekolah Ramah Anak (SRA) di bidang pelestarian lingkungan dapat diwujudkan dengan cara musyawarah dalam mengatur piket kebersihan untuk kebersihan kelas. Siswa perlu diajak bertanggungjawab menjaga kebersihan halaman, kamar mandi dan WC, dan membuka jendela kelas. Penggunaan fasilitas umum di sekolah harus diatur dengan prinsip kebersamaan.

Liburan Olahraga Air di Agrowisata Sumber Celeng di Bulurejo Diwek Jombang
Liburan Olahraga Air di Agrowisata Sumber Celeng di Bulurejo Diwek Jombang

Dukungan Komite Sekolah

Selanjutnya guru dapat bekerjasama dengan guru kelas, komite sekolah, tim medis pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), dan pemerintah desa setempat sebagai tim pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Tim pelaksana UKS mengupayakan sekolah memenuhi syarat kesehatan dalam mendidik para siswa. Tim UKS perlu membentuk kumpulan Dokter Cilik di sekolah supaya tertanam kebiasaan pola hidup sehat sejak dini. Hal ini dapat tercapai jika sekolah bersedia bekerjasama dengan Komite Sekolah dan Puskesmas terdekat.

Upaya membiasakan hidup bersih dan sehat bagi siswa juga perlu dilakukan ketika siswa telah pulang ke rumahnya masing-masing. Setiap siswa diminta membantu orang tua untuk memelihara kebersihan rumah. Anak diajarkan membuka jendela setiap pagi agar udara masuk ke dalam ruangan dan udara bisa bertukar. Bagi rumah yang kurang memiliki pencahayaan dan ventilasi udara, siswa diminta memberitahukan orangtuanya agar cahaya dan ventilasi dalam rumah memenuhi syarat kesehatan.

Semoga tulisan ini bisa menambah inspirasi anda dalam menciptakan lingkungan yang bersih di sekolah dan di rumah. Mari kita bersinergi mendidik anak-anak untuk berperilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Usaha Menciptakan Lingkungan Sehat Melalui Program Sekolah Ramah Anak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *