Pengertian dan Sejarah Permainan Olahraga Sepakbola di Indonesia

Perkembangan berita sepakbola Indonesia terkini
Perkembangan berita sepakbola Indonesia terkini

Apa kabar sobat blogger Indonesia? Apakah Anda memiliki hobi bermain sepakbola? Jika jawabannya ya, artikel olahraga kali ini sangat sesuai untuk Anda. Atau barangkali Anda sedang mengajar di sekolah dasar? Info ini akan sedikit berguna untuk Anda. Artikel ini akan menjelaskan pengertian dan sejarah perkembangan olahraga sepakbola, baik di dunia maupun di Indonesia.

Pengertian Permainan Sepakbola

Permainan sepakbola merupakan permainan olahraga yang paling populer dewasa ini di seluruh dunia. Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian kemari untuk diperebutkan diantara pemain-pemain yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola.

Di dalam permainan sepakbola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan dalam upaya menjaga agar gawangnya tidak kebobolan tim lawan.

Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak 2 X 45 menit dengan waktu istirahat 10 menit diantara dua babak tersebut. Pada fase knock-out kejuaran sepakbola, lama pertandingan sepakbola akan ditambah untuk mendapatkan tim yang berhak melaku ke babak berikutnya.

Mencetak gol ke gawang lawan merupakan sasaran dari setiap kesebelasan. Suatu kesebelasan dinyatakan sebagai pemenang apabila kesebelasan tersebut dapat memasukkan bola ke gawang lawan lebih banyak dan kemasukan bola lebih sedikit jika dibandingkan dengan tim lawan.

Sejarah Permainan Sepakbola

Olahraga sepakbola telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa pada masa pemerintahan Dinasti Han di China terdapat semacam permainan sepakbola yang disebut Tsu Chu untuk melatih fisik tentaranya. Bentuk latihan tersebut adalah menendang bola kulit dan memasukkannya ke dalam jaring kecil yang diikatkan di bambu panjang. Pemain hanya boleh menggunakan kaki, dada, punggung, serta bahu untuk menahan serangan lawan.

Di Jepang dikenal semacam permainan Tsu Chu sejak 500 tahun yang lalu. Di Yunani dikenal permainan Epyskiros, sedangkan di Romawi disebut Harpastrum, yaitu jenis permainan yang menggunakan bola kecil. Permainan-permainan tersebut pada umumnya berupa kegiatan menggiring bola ke suatu gawang.

Terdapat dugaan bahwa orang-orang Romawi membawa permainan sepakbola ke Inggris. Tidak jelas apakah harpastrum merupakan jenis permainan pendahulu permainan sepakbola yang diyakini berasal dari Inggris. Namun yang pasti, Inggris merupakan negara yang pertama kali memperkenalkan dan menyebarluaskan permainan olahraga sepakbola.

Sejarah Sepakbola Modern

Pada tanggal 26 Oktober 1863 berdiri organisasi English Football Association di Inggris. Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahir peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Kompetisi sepakbola Piala FA di Inggris merupakan kejuaraan sepakbola tertua di dunia.

Atas inisiatif Guerin dari Perancis, maka pada tanggal 21 Mei 1904 berdiri Federasi Sepakbola Internasional dengan nama Federation International de Football Association (FIFA). Pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan sepakbola pertama atas usulan Jules Rimet. Piala Dunia sepakbola yang pertama dilaksanakan di kota Montevideo, Uruguay.

Berkat jasa Jules Rimet, maka mulai tahun 1946 piala dunia sepakbola dinamakan Jules Rimet Cup. Kejuaraan sepakbola antar bangsa diadakan setiap empat tahun sekali dengan tuan rumah yang berbeda-beda. Mulai tahun 1970 piala Jules Rimet Cup menjadi milik Brasil karena negara tersebut telah memenangkan kejuaraan sebanyak tiga kali.

Sejarah sepakbola Indonesia telah dimulai sejak jaman kolonialisme Belanda. Pada tanggal 19 April 1930 terbentuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond yang ada di Indonesia. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo.

Untuk menghargai jasa-jasa Ir. Soeratin dalam upaya membina dan mempertahankan berdirinya PSSI, maka mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepakbola tingkat taruna remaja dengan nama Piala Soeratin (Soeratin Cup). Klub sepakbola yang ada di Indonesia antara lain: Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persipura Jayapura, dan lain-lain.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Ayo berolahraga!

Referensi: MGMP Penjaskes Kabupaten Jombang

6 Replies to “Pengertian dan Sejarah Permainan Olahraga Sepakbola di Indonesia”

  1. Iya memang sepengetahuan ku Sepakbola berasal dari Inggris. Makanya banyak Meme dan Komedi tentang Tim Nasional Inggris yang jarang menang Piala Dunia / Piala Eropa walaupun Negara tersebut yang memperkenalkan sepakbola XD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *