Gebyar Sholawat Banjari Pelajar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Gebyar Sholawat Banjari Pelajar SD Mojowarno Jombang
Gebyar Sholawat Banjari Pelajar SD Mojowarno Jombang – Foto: Ari Rahmat Hidayat

Khidmat bersholawat, para guru dan pelajar lupa berbuat maksiat. Hari ini Sabtu, 23 November 2019 merupakan hari yang paling ditunggu oleh ratusan pelajar sekolah dasar di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Tadi telah dilaksanakan kegiatan Gebyar Sholawat Banjari dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Acara Gebyar Sholawat Banjari dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB di lapangan Kecamatan Mojowarno. Acara Gebyar Sholawat Banjari ini dihadiri sekitar 1000 orang jamaah yang terdiri dari para pelajar sekolah dasar, pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar, kepala sekolah, tamu undangan dan tokoh masyarakat.

Persiapan pelaksanaan acara Gebyar Sholawat Banjari telah dilakukan sejak 2 November 2019 lalu. Para pengisi acara kegiatan ini adalah murid-murid sekolah dasar se-kecamatan Mojowarno, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Mereka terbagi menjadi dua kelompok penampil, yaitu kelompok vokalis sholawat dan kelompok pemukul alat musik banjari. Para pengisi acara berlatih secara intensif selama tiga pekan dibawah bimbingan para pelatih sholawat banjari.

“Akhirnya kita jadi tampil ya, Pak,” ujar Mohammad Alva, salah satu vokalis kelompok sholawat banjari kepada penulis. Murid kelas 5 SDN Latsari itu tampak gembira memakai hiasan kain hijau khas Seribu Rebana.

“Saya agak grogi. Tapi untungnya didampingi Pak Hakim,” demikian ucapan Alvino, vokalis bersuara melengking dari SDN Mojowangi 1. Dia pun tak kalah bersemangat mengisi acara hari ini.

Pemukul Alat Musik Banjari di Gebyar Sholawat Murid SD
Pemukul Alat Musik Banjari di Gebyar Sholawat Murid SD – Foto: Ari Rahmat Hidayat

Sejarah Tercipta

Sejarah baru dalam pendidikan keagamaan di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang telah tercipta. Untuk pertama kalinya Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Mojowarno berhasil melaksanakan Gebyar Sholawat Banjari. Kegiatan ini diharapkan mampu menampung kreativitas para pelajar, guru Pendidikan Agama Islam, pembimbing muatan lokal keagamaan Islam, pembimbing pendidikan diniyah, serta para guru di lembaga pendidikan masing-masing dalam mengembangkan seni Islami Al Banjari.

“Alhamdulillah acara sholawatan berjalan lancar. Anak-anak sudah menampilkan kemampuan terbaiknya,” demikian disampaikan Abdul Hakim, pembina vokal grup sholawat banjari dari gabungan siswa di 23 sekolah dasar se-Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang.

Para penampil acara Gebyar Sholawat Banjari ini pantas merasa senang sekaligus bangga karena acara berlangsung dengan lancar. Kegiatan Gebyar sholawat Banjari diawali dengan pembacaan sholawat Diba’ kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu qasidah dengan iringan alat musik Banjari. Sejumlah lagu qasidah Banjari yang telah populer di kalangan masyarakat pun diperdengarkan oleh para vokalis anak-anak. Mereka telah terlatih untuk tampil percaya diri di atas panggung. Pagi ini mereka telah menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam menyanyikan lagu-lagu sholawat diba’ dengan iringan alat musik Banjari.

Cuaca hari ini sangat terik di wilayah Mojowarno dan sekitarnya. Meskipun matahari bersinar sangat terang namun para pelajar dan guru-guru serta para hadirin acara Gebyar Sholawat Banjari tidak beranjak dari tempat duduknya. Mereka mengikuti acara hingga pukul 10.00 WIB. Para hadirin kegiatan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu jamaah Putra dan jamaah Putri. Mereka ikut melambaikan tangan di bawah panduan koreografer di dua sisi kelompok. Mereka pun ikut menyanyikan lagu-lagu sholawat bersama dengan para vokalis anak-anak.

Semarak Maulid Nabi

“Penampilan grup vokal dan pemukul banjari tadi sangat kompak. Acara seperti ini seharusnya bisa dilaksanakan secara rutin tiap tahun,” demikian harapan Vicky Arifatul Isnaini, salah satu pendidik di sekolah dasar Mojowarno.

Kegiatan Gebyar sholawat Banjari pagi hari ini merupakan salah satu rangkaian acara dari peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam di lingkungan Dinas Pendidikan Wilayah Kerja Kecamatan Mojowarno. Sebelum acara ini dilaksanakan, pekan lalu telah dilakukan lomba menggambar dan mewarnai hasil kerjasama dengan HiLo School. Acara Gebyar Sholawat Banjari ini juga merupakan salah satu mata acara dari Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) Gerakan Pramuka Penggalang Kwartir Ranting Mojowarno. Para anggota pramuka penggalang menyambut baik kegiatan Persami kali ini. Mereka tampak antusias mengikuti acara hari ini.

Usai mengikuti acara Gebyar Sholawat Banjari, para pelajar tidak langsung pulang. Mereka bergegas kembali ke area perkemahan masing-masing. Sehari sebelumnya para pembina Pramuka dan guru pendamping peserta kegiatan Persami Pramuka Penggalang telah mendirikan tenda-tenda di sekitar lokasi panggung utama Gebyar Sholawat Banjari. Para pelajar terlihat sangat gembira bisa mengikuti kegiatan yang direncanakan akan berakhir pada besok Minggu, 24 November 2019. Semoga kegiatan hari ini bisa memberikan pengalaman baru kepada para peserta didik, terutama dalam hal pendidikan keagamaan.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Gebyar Sholawat Banjari Pelajar Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang”

  1. Allohu akbar! Smoga para guru mulok mjwarno selalu sehat dan bnyk rejeki. Salut utk keteladanan pak agus sis dkk dlm mengembangkan KKG Mulok keagamaan.

  2. Subhanallah! acara bersholawat ini sangat bagus sekali untuk dilaksanakan untuk anak-anak. Seharusnya setiap kecamatan di Kabupaten Jombang mampu mengadakan kegiatan sholawat bersama seperti ini sehingga masyarakat makin peduli terhadap perkembangan pendidikan Islam di sekolah dasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *