Hindari Menggunakan Kalimat “Masak Sih? Ah, Yang Benar Saja!” Kepada Anak

Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017
Inspirasi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Sengon Jombang Tahun 2017

Bagaimana kabar komunitas blogger Jombang hari ini? Sebagai orang tua yang sedang menemani anak-anak anda belajar di rumah di masa pandemi, penulis doakan mudah-mudahan anda selalu diberikan kesabaran dalam mendidik anak-anak di rumah.

Proses Belajar Dari Rumah (BDR) yang diterapkan oleh pemerintah selama masa pandemi ini seharusnya menjadikan kesempatan bagus bagi setiap orang tua untuk mengenali kelebihan dan kekurangan anaknya. Setiap orangtua seharusnya bijak mendukung kemampuan anaknya dan tidak mengeksploitasi kekurangan yang dimiliki anaknya.

Jangan pernah anda lakukan untuk meragukan kemampuan anak-anak Anda di rumah. Jangan pernah mengucapkan kalimat: “Masa sih? Ah yang benar saja! Apakah itu benar-benar pekerjaanmu?” di hadapan anak. Beberapa contoh kalimat pendek di atas merupakan racun bagi pikiran anak-anak. Walaupun hanya beberapa potong kalimat singkat tapi dampaknya dapat berpengaruh sangat besar terhadap cara pikir anak.

Anak merupakan pembelajaran yang paling baik di dunia ini. Mereka akan meniru apapun ucapan dan perbuatan orang tua mereka. Saat Anda terbiasa mengatakan “Ah yang benar saja!” kepada anak-anak Anda, maka anak-anak anda pun akan melakukan ucapan yang sama kepada orang lain. Mereka akan selalu meragukan kemampuan orang lain ketika bekerja sama dalam sebuah tim. Hal itu terjadi secara perlahan namun pasti karena mereka setiap hari berinteraksi dengan anda menggunakan kalimat tersebut.

Anak-anak yang selalu diragukan kemampuannya oleh orangtua akan tumbuh menjadi anak yang minder, rendah diri dan memiliki kepercayaan diri yang rendah. Mereka tidak akan mampu untuk mengembangkan dirinya lebih baik karena adanya mental block dalam diri mereka.

Sebaliknya, anak-anak yang mendapatkan pujian dan pengakuan terhadap kemampuan mereka akan lebih percaya diri dalam menghadapi hidup. Anak-anak yang sering dipuji di masa kecilnya akan melakukan hal yang sama kepada orang lain di masa dewasanya. Mereka pun akan melakukan memberikan pujian kepada orang lain yang melakukan pekerjaan hebat dan bermanfaat.

Mulai sekarang anda sebaiknya selalu berhati-hati berkata apapum di hadapan anak-anak. Setiap ucapan Anda adalah teladan bagi anak-anak Anda sehingga Anda bertanggung jawab terhadap perkembangan mental anak-anak anda di masa depan. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi anda dalam mendidik anak-anak di masa pandemi ini.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Hindari Menggunakan Kalimat “Masak Sih? Ah, Yang Benar Saja!” Kepada Anak”

  1. Tulisan ini memberi ingatan kembali bagi saya untuk lebih banyak waktu mendampingi anak-anak belajar di rumah. Terima kasih sudah memberikan banyak wawasan kepada saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *