Kapan Waktu Mulai Belajar Memberi Kepercayaan Kepada Anak?

gambar burung dan bayangannya
gambar burung dan bayangannya

Saya tidak begitu risau dengan rendahnya tingkat kehadiran santri TPQ selama bulan puasa tahun ini. Saya tahu mereka akan menebusnya dengan amal ibadah lain yang lebih bermanfaat. Datang ke TPQ tidak menjadi sebuah kewajiban saat anak-anak bisa mengelola waktu belajar sendiri. Bagaimanapun juga, anak-anak harus terus diberi kepercayaan untuk bisa hidup mandiri. Anak-anak harus diajarkan berani mengambil keputusan dan bertanggungjawab atas keputusan yang telah diambilnya.

Orang tua yang sering mendikte perilaku anaknya akan memiliki putra putri yang terkekang, kurang mampu mengambil keputusan, dan terlambat berkembang pemikirannya. Anak akan selalu merasa dilindungi dan diawasi sehingga ia tidak dapat berkreasi dalam kehidupan yang sebenarnya. Sebaliknya, kepercayaan yang diberikan dalam batas kewajaran akan mendidik anak berani mengambil resiko serta mempertanggungjawabkan keputusan yang telah mereka ambil.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memberikan kepercayaan kepada anak? Anda bisa memulainya sejak dini. Hal-hal sederhana untuk memberikan kepercayaan kepada anak contohnya adalah memilih baju lebaran sendiri, membiarkan anak mendekorasi kamar tidurnya sendiri, memberi waktu anak bermain dengan kawan-kawan di sore hari, maupun memberinya tugas membersihkan rumah secara berkala. Walaupun mungkin pemberian tugas tersebut akan berakhir kegagalan jangan khawatir. Anda harus terus memberikan kepercayaan sampai anak merasa nyaman dan dihargai.

Anak-anak yang terbiasa hidup disiplin akan mudah beradaptasi dalam kehidupan masyarakat yang serba berbeda. Perubahan sosial dan teknologi di era global telah begitu cepat. Jika Anda tidak menyiapkan putra-putri Anda pembiasaan efektif, maka mereka akan mudah tergilas oleh kemajuan jaman. Anak-anak yang tidak mampu beradaptasi akan mudah stress dan menimbulkan beragam gejala perilaku penyimpangan sosial. Tentu Anda tidak berharap keturunan Anda akan menjadi penonton kesuksesan orang lain.

Tips mendidik anak ini terdengar mudah dilakukan namun tidak mudah untuk dijalankan. Jangan ragu untuk memberikan pelatihan keterampilan hidup kepada buah hati Anda. Semakin Anda mahir mempraktekkannya, semakin putra Anda terlatih bertanggungjawab dalam hidup. Namun Anda juga harus mengendalikan kepercayaan itu dan jangan sampai kebablasan. Semoga terinspirasi!

5 Replies to “Kapan Waktu Mulai Belajar Memberi Kepercayaan Kepada Anak?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *