Kemeriahan Jambore Anak Sholeh JAMQUR Kecamatan Mojowarno Tahun 2016

Senyum santri TPQ Mojowarno Jombang
Senyum santri TPQ Mojowarno Jombang

Hai kawan blogger Jombang! Jumpa lagi dengan artikel The Jombang Taste yang mengupas sisi unik dan menarik kehidupan masyarakat Kabupaten Jombang. Kali ini saya membagi pengalaman menarik mengikuti Jambore Anak Sholeh yang dilaksanakan oleh Jam’iyatul Qura’ Wal Hufadz (JAMQUR) tanggal 27-28 Desember 2016 di Dusun Cakul Lor, Desa Sukomulyo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Acara tersebut berlangsung meriah karena menghadirkan sebelas lomba untuk santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ).

Jenis lomba yang dipertandingkan di Jambore Anak Sholeh JAMQUR 2016 adalah Lomba Pilihan Dai Cilik (Pildacil), Lomba Adzan, Lomba Cerdas Cermat Agama (CCA), Musabaqoh Tilawatil Quran, Lomba Menggambar, Lomba Kaligrafi, Musabaqoh Tartilul Quran, Kreasi Seni Islami, Musik Banjari, Praktek Sholat Subuh, dan Pawai Ta’aruf. Acara Jambore Anak Sholeh 2016 berlangsung selama dua hari. Praktis, selama dua hari itu saya harus bolak-balik ke Desa Sukomulyo untuk mengantar anak-anak berlomba.

Kegiatan Jambore Anak Sholeh JAMQUR Kecamatan Mojowarno dilaksanakan tak lama setelah perhelatan Jambore Santri At-Tartil. Artinya, saya tidak memiliki waktu lebih banyak lagi untuk beristirahat. Saya segera menyiapkan segala keperluan lomba Jambore Anak Sholeh. Persiapan yang paling menguras konsentrasi tentu saja menyediakan materi yang akan dipelajari para santri untuk berlomba. Lomba Pildacil dan Lomba Cerdas Cermat Agama adalah dua lomba yang paling banyak menyita waktu.

Acara Jambore Anak Sholeh JAMQUR Kecamatan Mojowarno Tahun 2016 dibuka oleh Wakil Bupati Jombang, Ibu Nyai Hajjah Mundjidah Wahab sekaligus Ketua Muslimat Kabupaten Jombang. Namanya saja acara Wakil Bupati, otomatis pengamanan acara dilakukan oleh protokoler Pemerintah. Meski demikian, acara Jambore Anak Sholeh 2016 ditutup dengan keadaan yang sederhana tanpa dihadiri oleh pejabat desa maupun pejabat kecamatan.

Alhamdulillah, di akhir acara penutupan Jambore Anak Sholeh diumumkan bahwa TPQ Al-Mujahiddin mendapatkan satu piala sebagai Juara III Lomba Cerdas Cermat Agama. Meski anak-anak tampak kecewa karena gagal meneruskan trend bagus sebagai Juara Pildacil dan Juara Musabaqoh Tilawatil Quran, saya cukup terhibur dengan peraihan satu piala dalam Jambore Anak Sholeh tahun 2016 lalu. Semoga prestasi ini bisa ditingkatkan di perhelatan Jambore Anak Sholeh tahun 2017 akhir tahun mendatang!

6 Replies to “Kemeriahan Jambore Anak Sholeh JAMQUR Kecamatan Mojowarno Tahun 2016”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *