Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 di SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 datang lagi. Pagi ini (22/10/2019) setiap siswa di SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang telah bersiap untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada Selasa, 22 Oktober 2019. Mereka berangkat sekolah mengenakan pakaian khas santri. Murid laki-laki berangkat sekolah memakai sarung hitam dan baju koko berwarna putih. Tak ketinggalan, sebuah kopyah hitam melekat di atas kepala mereka. Sementara itu, murid-murid perempuan berangkat sekolah memakai baju putih dan kerudung putih serta rok panjang khas pakaian santri.

Upacara Hari Santri

Rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional di SDN Latsari diawali dengan upacara hari santri. Petugas upacara hari santri merupakan gabungan dari para siswa yang duduk di kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Mereka berpartisipasi untuk pertama kali dalam memeriahkan upacara hari santri tahun ini. Setiap petugas upacara terlihat canggung dan tidak biasa memakai sarung untuk upacara. Mereka menyadari bahwa upacara kali ini terbilang istimewa. Meskipun grogi, setiap petugas upacara hari santri melaksanakan tugasnya dengan baik.

Upacara peringatan hari santri dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 07.45 WIB. Kegiatan upacara Hari Santri diawali dengan pembacaan tilawah Alquran oleh siswa Ajeng Dwi Agustin. Kemudian Mohammad Alva Hidayatullah membaca sholawat dengan suara nyaring. Upacara Hari Santri dilanjutkan secara berturut-turut pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Ikrar Santri, dan doa. Tak lupa, para peserta menyanyikan lagu Mars Hari Santri Nasional dan lagu Yalal Wathon pada bagian akhir upacara.

Pawai Hari Santri

Setelah mengikuti upacara peringatan hari santri, semua siswa SDN Latsari berbaris sesuai dengan kelasnya masing-masing. Mereka bersiap mengikuti pawai hari santri. Barisan paling depan dari pawai hari santri diisi oleh grup drum band. Grup drum band SDN Latsari memainkan lagu Yalal Wathon dengan penuh semangat. Para pemain drum band telah berlatih alat musik sejak tiga bulan lalu. Mereka sangat merindukan saat tampil memegang alat musik yang biasa mereka mainkan. Pawai Hari Santri inilah kesempatan terbaik bagi mereka untuk unjuk diri.

Mereka sangat termotivasi untuk mengikuti kegiatan berkeliling kampung ini. Tentu ada kebanggaan tersendiri bagi setiap siswa anggota drum band yang mampu menampilkan permainan terbaik mereka. Kepercayaan diri mereka bertambah saat aksi mereka dilihat langsung oleh warga masyarakat Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Postur tubuh kecil tidak menyurutkan langkah mereka untuk aktif menabuh drum, bass, trio, balera, maupun organ. Mereka memainkan drum band selama 60 menit dengan cara berkeliling kampung.

Kebersamaan Ustadz dan para santri di TPQ Al-Mujahiddin Guwo Latsari Mojowarno Jombang

Bagi siswa yang tidak termasuk dalam anggota drum band, mereka berbaris rapi di belakang para penabuh drum band. Mereka berjalan sambil membawa poster bertuliskan nasehat Islami. Mereka menampilkan poster pesan-pesan seperti: ingat sholat, bayar zakat, ayo puasa, dan pesan lain. Tidak ketinggalan, setiap siswa meneriakkan yel-yel peringatan hari santri nasional tahun 2019 dengan semangat. Mereka mengaku senang bisa memperingati hari santri nasional tahun ini bersama teman-temannya. Semoga kegembiraan ini bisa menambah motivasi belajar mereka di sekolah.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 di SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *