Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Masa Pandemi

Pemukul Alat Musik Banjari di Gebyar Sholawat Murid SD
Pemukul Alat Musik Banjari di Gebyar Sholawat Murid SD

Hari ini datang lagi masa yang paling menyenangkan bagi setiap anak-anak yang bersekolah, yaitu perlombaan hari besar. Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai hari santri nasional. Banyak lembaga pendidikan yang mengadakan perlombaan dan acara-acara tertentu untuk meramaikan hari santri. Bentuk kegiatan peringatan hari santri tahun ini bersamaan dengan peringata Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegembiraan itu tampak pula pada wajah murid-murid SDN Latsari tempat penulis mengajar. Mereka sangat antusias mengikuti doa bersama, pembacaan sholawat diba’, lomba mewarnai kaligrafi, dan lomba membaca puisi. Mereka bergerak dengan antusias ketika berpartisipasi dalam menyemarakkan Hari Santri Nasional 2021. Bisa dimaklumi jika anak-anak berperilaku demikian mengingat mereka sudah hampir dua tahun tidak bertemu dalam perayaan karena kondisi pandemi.

Bagi kami para pendidik tentu saja menyambut kegiatan ini dengan suka-cita. Ibarat haus setahun telah sedikit berkurang karena adanya kegiatan keagamaan seperti ini. Namun kegiatan ini tidak serta-merta memberikan kesenangan. Penerapan protokol kesehatan secara ketat perlu mendapat perhatian khusus dari pimpinan lembaga. Setiap siswa tetap harus memakai masker dan menjaga jarak saat mereka mengikuti acara.

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tanggal 22 Oktober Tahun 2021 ini merupakan pengalaman baru bagi siswa kelas 1 SDN Latsari. Tahun lalu mereka masih bersekolah di TK atau RA. Tingkah laku mereka pun masih terbawa karakter kanak-kanak. Tidak apa. Keluguan para murid kelas satu membawa kelucuan dan menghadirkan tawa di antara para pengajar.

Bagikan tulisan ini:

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *