Semangat Belajar dari Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin Tahun 2017

Penampilan seni musik Islami Banjari oleh TPQ Al-Mujahiddin Guwo Mojowarno Jombang
Penampilan seni musik Islami Banjari oleh TPQ Al-Mujahiddin Guwo Mojowarno Jombang

Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Mujahiddin mencetak sejarah untuk pertama kalinya dalam sejarah pendidikan anak Islami di Dusun Guwo telah melaksanakan Munaqosyah Santri. Munaqosyah adalah istilah yang digunakan sebagai perwakilan dari ujian akhir sekolah. Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin tahun ini dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 26 Februari 2017. Waktu pelaksanaan Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin ini terbilang mundur sepekan dibanding rencana semula tanggal 19 Februari 2017. Hasil dari monaqosyah ini akan banyak berpengaruh terhadap kegiatan lomba-lomba PHBI yang dilaksanakan di sekolah maupun non-sekolah.

Saya sudah melakukan sosialisasi mengenai kegiatan Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin sejak jauh-jauh hari. Saya masih ingat saat awal Desember 2016 lalu saya menyampaikan informasi mengenai kegiatan Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin di hadapan para santri dan wali santri. Mereka semua telah mencapai kata sepakat untuk melaksanakan Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin sekaligus Wisuda Santri TPQ Al-Mujahiddin. Dalam musyawarah tersebut juga telah disepakati besarnya biaya yang akan ditanggung oleh setiap calon wisudawan.

Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin terbagi dalam dua kategori, yaitu Paket Dasar dan Paket Marhalah. Paket Dasar adalah sebutan kelompok santri yang menyelesaikan belajar membaca Al-Quran menggunakan buku At-Tartil Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, Jilid 4, Jilid 5, dan Jilid 6. Sedangkan Paket Marhalah adalah kelompok santri yang telah menyelesaikan belajar membaca Al-Quran Juz 1 sampai Juz 30. Pada Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin kali ini tercatat peserta sebanyak 35 santri Paket Dasar dan 14 santri Paket Marhalah. Mereka semua menunjukkan antusias yang tinggi dalam belajar membaca Al-Quran.

Sebelum dilaksanakan Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin pekan lalu, para santri diwajibkan menuntaskan materi hafalan yang telah tertera dalam Buku Panduan Munaqosah. Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin mengacu pada Buku Panduan Munaqosyah Santri yang diterbitkan oleh Yayasan Belajar Membaca Al-Quran (BMQ) At-Tartil. Buku panduan tersebut telah memuat secara lengkap berbagai ketentuan materi Munaqosyah Santri TPQ beserta syarat administrasinya.

Materi hafalan Munaqosyah Santri Paket Dasar TPQ Al-Mujahiddin sebagaimana mengacu pada Buku Panduan Munaqosyah Santri Yayasan BMQ At-Tartil adalah sebagai berikut:

A. Bacaan Sholat
1 Do’a akan wudlu
2 Do’a setelah wudlu
3 Niat sholat fardlu
4 Do’a Iftitah
5 Surat Al-Fatihah
6 Do’a ruku’
7 Do’a I’tidal
8 Do’a sujud
9 Do’a antara dua sujud
10 Do’a tasyahud
11 Do’a qunut
12 Dzikir setelah sholat
B.Doa Sehari-hari
1 Kebaikan dunia akhirat
2 Doa untuk bapak – ibu
3 Senandung Al-Qur’an
4 Akan tidur
5 Bangun tidur
6 Keluar rumah
7 Akan makan
8 Sesudah makan
9 Masuk WC
10 Keluar WC
11 Mendengarkan Adzan
12 Petunjuk kebenaran
13 Bepergian
14 Menjadi anak sholih
15 Masuk masjid
16 Keluar masjid
C. Surat-surat Pendek
1 An-Naas
2 Al-Falaq
3 Al-Ikhlas
4 Al-Lahab
5 An-Nasr
6 Al-Kafirun
7 Al-Kautsar
8 Al-Maa’un
9 Al-Quraisy
10 Al-Fiil
11 Al-Humazah
12 Al-Ashr
13 At-Takatsur

gambar-anak-anak-belajar-mengaji-di-tpq.jpg.jpeg
gambar-anak-anak-belajar-mengaji-di-tpq

Sedangkan, materi hafalan Munaqosyah Santri Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin sebagaimana mengacu pada Buku Panduan Munaqosyah Santri Yayasan BMQ At-Tartil adalah sebagai berikut:

A. Surat-surat Pendek
1 Al-Qori’ah
2 Al-‘Adiyat
3 Az-Zilzal
4 Al-Bayyinah
5 Al-Qodar
6 Al-‘Alaq
7 At-Tiin
8 Al-Insyirah
9 Ad-Dhuha
B. Niat, Doa dan Ayat Pilihan
1 Asmaul Husna
2 Niat Berpuasa Ramadhan
3 Doa Berbuka puasa
4 Niat I’tikaf
5 Niat Shalat Tarawih
6  Ayat Kursi
7 QS. Al-Baqarah 284-286
8 Dzikir Ba’da Tarawih
9 Niat Shalat Witir
10 Niat Shalat Idul Fitri
11 Niat Shalat Idul Adha
12 QS. Al-Mukminun 1-6
13 QS. Luqman 13-15
14 QS. Al-Jumu’ah 9-11
C. Ulumut Tajwid
1 Hukum nun mati & tanwin
2 Hukum mim mati
3 Ikhfa’ dengan makna baru
4 Hukum Lamnya AL
5 Bacaan Idhom
6 Qolqolah
7 Mad thobi’ii
8 Mad jaiz munfasil
9 Mad wajib muttashil
10 Mad ‘aridl lissukun
11 Mad badal
12 Mad Liin
13 Mad shilah
14 Mad ‘iwadl
15 Mad farqi
16 Mad lazim
D. Ghorib / Musykilat
1 Hubungan bacaan ta’awudz dengan basmalah
2 Hukum bacaan basmalah
3 Alamat waqaf, washal & ibtida’
4 Shifir mustadir & mustathil
5 Nun ‘iwadl
6 Wajah-wajah bacaan Al – Qur’an
7 Saktah
8 Imalah
9 Tashil
10 Isymam

Ahad pagi lalu para santri sudah hadir di gedung TPQ Al-Mujahiddin. Sebagian dari mereka menunjukkan wajah gembira. Sementara yang lain menunjukkan wajah tegang. Setelah semua peserta Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin hadir, saya pun memulai memimpin berdoa bersama dan membagikan maqro’ yang akan mereka baca. Barulah saat itu para santri terlihat lebih tenang. Rupanya ketakutan mereka bersumber dari rasa penasaran akibat menunggu memperoleh materi ujian membaca Al-Quran, praktek tertib sholat subuh, dan ujian hafalan doa.

Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin dimulai sekitar jam delapan pagi dan terbagi dalam tiga majelis. Syukur alhamdulillah acara Munaqosyah Santri Paket Dasar dan Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin berlangsung dengan lancar tanpa hambatan. Kalaupun terdapat santri yang berlarian kesana-kemari dan membuat keributan, hal itu memang wajar terjadi pada dunia pendidikan anak. Pukul setengah dua belas siang semua pesera Munaqosyah Santri Paket Dasar dan Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin telah menyelesaikan tugasnya dan diperbolehkan pulang.

Pada sore harinya saya merekap semua nilai yang telah disetorkan oleh munaqisy. Syukur alhamdulillah nilai para peserta Munaqosyah Santri Paket Dasar dan Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin baik. Hanya satu santri yang memperoleh nilai rata-rata 74, yang lainnya mendapatkan nilai rata-rata di atas 80. Keesokan harinya saya menempel hasil Munaqosyah Santri Paket Dasar dan Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin di papan pengumuman. Sebagian besar peserta munaqosyah berlonjak kegirangan saat tahu mereka semua lulus dalam ujian akhir ini.

Setelah Munaqosyah Santri Paket Dasar dan Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin berhasil terlaksana, tugas yang tidak ringan berikutnya adalah mengadakan Wisuda Santri TPQ Al-Mujahiddin. Namun satu hal penting yang tidak dapat dianggap enteng adalah bagaimana mempertahankan motivasi belajar para santri agar tetap hadir setiap hari di TPQ. Munaqosyah Santri Paket Dasar dan Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin hanya berlangsung selama satu hari. Namun ujian kehidupan yang sesungguhnya akan berlangsung selama mereka masih bernyawa.

Semoga semangat kehidupan Islami dari Munaqosyah Santri Paket Dasar dan Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin ini bisa menjadikan mereka anak-anak yang sholeh dan sholeha. Semoga terinspirasi.

3 Replies to “Semangat Belajar dari Munaqosyah Santri TPQ Al-Mujahiddin Tahun 2017”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *