Stik Hijaiyah Bikin Belajar Jadi Asyik

Belajar mengenalkan huruf hijaiyah kepada murid-murid kelas 1 jenjang Sekolah Dasar (SD) bisa jadi kegiatan yang tidak mudah dilakukan guru. Guru yang mengajarkan baca tulis Al-Quran harus memiliki banyak cara supaya murid-muridnya mampu membaca huruf-huruf hijaiyah itu dengan benar dan lancar. Aspek penting yang juga harus disertakan adalah prinsip menyenangkan dalam pembelajaran.

Salah satu cara yang bisa dilakukan guru pengajar Quran adalah menggunakan media pembelajaran. Terdapat banyak media pembelajaran yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah dalam tulisan Arab kepada peserta didik. Penulis telah menggunakan stik es krim sebagai media pembelajaran membaca huruf hijaiyah.

Bahan dan Alat

Dalam membuat media pembelajaran hendaknya kita selalu mengutamakan aspek kemudahan penggunaan dan kemudahan ketersediaan bahan yang akan kita gunakan. Penulis menggunakan beberapa bahan dan alat berikut untuk membuat media pembelajaran.

1. Stik es krim
2. Print out huruf hijaiyah
3. Lem kertas
4. Gunting
5. Pelepah pisang/ busa bekas

Cara Membuat

1. Siapkan stik es krim dan print out tulisan huruf-huruf hijaiyah di atas kertas HVS.

2. Setelah kedua bahan itu siap, siapkan gunting kertas.

3. Gunting kertas hasil print out huruf-huruf hijaiyah itu sesuai dengan kotak per huruf.

4. Lekatkan bagian belakang gambar pada sebuah stik es krim. Posisi melekatkan kertas dengan es krim adalah berdiri atau membujur.

5. Siapkan bahan yang akan kita gunakan dalam menancapkan stik. Anda bisa menggunakan pelepah pisang maupun busa bekas.

Jika anda kesulitan mencari busa bekas, Anda bisa pergi ke kebun di belakang rumah untuk mencari pelepah daun pisang. Anda bisa menggunakan pelepah daun pisang yang masih basah maupun yang sudah kering.

Jika Anda sulit menemukan pelepah pisang maka anda bisa menggunakan gedebog atau batang pohon pisang. Potongan gedebog dengan panjang kira-kira 60 cm. Perkiraan panjang itu dengan asumsi huruf hijaiyah terdiri dari 29 huruf dan setiap stik es krim berjarak 1 cm dengan stik es krim lainnya.

Cara Memainkan

Cara memainkan media pembelajaran stik es krim ini cukup mudah.

1. Mula-mula Anda membentuk dua kelompok, misalnya kelompok putra dan kelompok putri. Pembagian kelompok berdasarkan jenis kelamin ini akan menghasilkan persaingan yang seru.

2. Setelah itu anda bagi kedua kelompok itu dengan jumlah anak yang sama banyak. Jika jumlah kelompok putra dan kompor putri tidak sama maka buatlah menjadi sama. Jika masih tersisa satu anak yang tidak mendapatkan lawan maka gunakan dia sebagai wasit dalam pertandingan ini

3. Aturan permainan selanjutnya adalah Anda menunjuk satu orang anggota kelompok putra dan satu orang anggota kelompok putri yang masing-masing akan saling berlomba.

4. Tentukan batas waktu untuk melaksanakan kegiatan ini. Durasi bisa ditentukan oleh guru maupun bebas.

Jika anda menentukan durasinya, maka pertimbangkanto kemampuan siswa untuk bisa menata 29 huruf hijaiyah itu dengan tepat. Misalnya setiap sesi perlombaan berlangsung selama 10 menit.

Jika anda tidak menetapkan waktu perlombaan maka anda bisa menggunakan aturan siapa yang paling cepat selesai maka tim itulah yang akan menjadi pemenang.

Biarkan para peserta lomba menggunakan strategi masing-masing dalam menata huruf-huruf hijaiyah itu secara benar mulai dari huruf alif sampai dengan huruf ya’.

Kelompok yang paling sering mendapatkan poin dan mendahului kelompok lain adalah pemenang utama dalam kegiatan lomba ini. Anda bisa memberikan penghargaan (reward) kepada tim pemenang. Penghargaan tidak harus berupa barang, bisa juga hak istimewa. Misalnya tim pemenang diperbolehkan istirahat 10 menit lebih awal.

Belajar dengan menggunakan stik es krim bertuliskan huruf huruf hijaiyah menjadi sangat menyenangkan bagi anak-anak. Mereka bisa sangat terpacu untuk bisa menaklukkan tantangan ini. Belajar baca tulis Al-Quran pun bisa makin asyik karena mereka bisa bersaing melawan kelompok sebelahnya. Kompetisi siswa yang kita buat di kelas ini bertujuan agar setiap siswa termotivasi untuk menjadi yang terbaik di kelasnya.

Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi kepada Anda dalam mengajar murid.

Bagikan artikel ini melalui:

11 Replies to “Stik Hijaiyah Bikin Belajar Jadi Asyik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *