Ancaman Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Ibu

Oleh: Robby

Menurut Wikipedia, bahasa ibu (bahasa asli, bahasa pertama; secara harafiah mother tongue dalam bahasa Inggris) adalah bahasa pertama yang dipelajari oleh seseorang. Dan orangnya disebut penutur asli dari bahasa tersebut. Biasanya seorang anak belajar dasar-dasar bahasa pertama mereka dari keluarga mereka.

Kepandaian dalam bahasa asli sangat penting untuk proses belajar berikutnya, karena bahasa ibu dianggap sebagai dasar cara berpikir. Kepandaian yang kurang dari bahasa pertama seringkali membuat proses belajar bahasa lain menjadi sulit. Oleh karena itu, bahasa ibu memiliki peran pusat dalam pendidikan.

Disinilah sebuah tulisan mengambil peran dalam menjaga eksistensi bahasa ibu. Jika setiap hari masyarakat digempur dengan berbagai tulisan dengan bahasa plesetan, saya khawatir ke depannya langkah mereka akan terpeleset juga. Ini hanya sebuah ibarat.

Tanpa bermaksud mendiskreditkan person yang memiliki image ratu bahasa gaul, kehadiran bahasa gaul dalam penulisan memberikan andil bagi punahnya bahasa utama. Masyarakat lebih semakin sering membaca tulisan “gue banget” daripada “ciri khas”.

Bahkan anak kecil telah terbiasa mengirim SMS dengan singkatan-singkatan yang sulit dipahami orang-orang tua. Dan efeknya seringkali menimbulkan miskomunikasi antara orangtua dan anak. Maksud baik bisa jadi tak tersampaikan dengan benar gara-gara pemakaian bahasa yang menimbulkan kekaburan makna.

Inilah kemajuan jaman. Kita tidak bisa mencegah arus globalisasi yang kian deras mendera berbagai segi kehidupan. Termasuk dunia penulisan yang telah berkembang  sedemikian rupa melalui berbagai wujudnya. Blog pribadi salah satunya.

Update artikel telah menjadi ajang unjuk kemampuan diri menyusun bahasa asing yang sulit dipahami orang awam. Sebagian blogger malah merasa bangga bila berhasil membuat bingung pembacanya. Kalau sudah terjadi demikian maka apalah manfaat yang bisa dipetik dari sebuah posting artikel.

Apa yang bisa kita lakukan? Terlalu naif kalau saya menjawab pertanyaan ini dengan kalimat akademis yang berbusa-busa di mulut. Langkah paling mudah adalah memulainya dari diri sendiri. Mari kita biasakan menulis artikel blog dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kalau belum bisa seluruhnya ditulis dalam bahasa baku, delapan puluh persen saja sudah cukup.

Bagaimana dengan penggunaan bahasa asing? Apakah sebaiknya dihindari? Untuk beberapa istilah asing memang belum ada padanan kata dalam bahasa Indonesia. Dan saya pribadi tidak mempermasalahkan hal ini bila pemakaiannya justru memperjelas kalimat.

Dalam jangka panjang, tulisan artikel dan komentar yang ditinggalkan seorang blogger yang terbiasa memakai bahasa baku dan bahasa gaul akan memiliki personal branding yang berbeda. Anda tentu sudah familiar dengan blogger yang gemar berseloroh kasar dalam membalas sebuah thread comment. Dan saya pastikan Anda memiliki penilaiaan yang berbeda terhadap blogger yang terbiasa mengontrol kalimat secara disiplin.

Siapa lagi yang akan menyelamatkan bahasa Indoensia dari kepunahan kalau bukan kita. Tentu Anda tidak berharap bahasa Indoensia akan direbut negeri tetangga juga.

Inilah sedikit pemikiran yang dapat saya tulis di kontes menulis ini. Semoga diterima pembaca blog ini. Jika Anda punya pemikiran lain, silakan dibagi disini.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

22 thoughts on “Ancaman Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Ibu”

  1. You can certainly see your enthusiasm within the paintings you write. The world hopes for even more passionate writers such as you who aren’t afraid to mention how they believe. All the time follow your heart. I have fun with, lead to I discovered just what I was looking for. You’ve ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a nice day.

  2. An impressive share, Recently i given this on to the friend who was simply performing a little analysis during this. And then he or she actually bought me breakfast every day since I ran across it for him or her.. smile. Therefore allow me to edit that: Thnx for the treat! But yes Thnkx with regard to investing whenever to go over this particular, I’ve found personally strongly relating to this as well as really like reading through concerning this topic. If at all possible, as you develop expertise, would you thoughts updating your website that has a lot more details? It is very great for me. Large usb up because of this brief post!

  3. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *