Ada Apa Dengan (Cinta) Blogging

Oleh: Andrean Saputro

The Fundamental:

  1. Apa sih inti dan tujuan dari blog itu? (Berbagi.)
  2. Apa sih yang mendorong kita untuk nge-blog? (ya… rasa untuk berbagi.)
  3. Apa sih tulisan itu? (visualisasi pikiran lewat alfabet.)
  4. Gimana sih cara nulis yang baik dan benar? (baik dan benar itu relatif, tinggal dari mana sudut pandang orang melihat tulisan kita.

Untuk teknis penulisan, tulisan kita akan menjadi lebih baik jika kita mau belajar.)

 

The Effect:

  1. Apaan sih personal branding itu? (cara pandang dan penilaian orang lain tentang kita.)
  2. Bagaimana kita mendapatkan personal branding? (gampang-gampang susah, jadilah diri anda sendiri.Dan cerminkan diri anda sendiri lewat tulisan. Publikasikan biar semua orang tau dan bisa menilai.)
  3. Kalau sudah dapat, terus mau diapain? (jagalah kalo itu positif, rubahlah jika itu negatif.)
  4. Dari sekedar tulisan, apa bisa kita menjadi terkenal? (Saya mengenal sosok Agus Siswoyo, Mas Hengky, Fadly Muin, dan para blogger terkenal lainnya dari dunia nyata?? Ngga! Saya kenal lewat tulisan dari blog mereka.)
  5. Siapa sih yang paling kena dampak kalau kita menjadi blogger yang mempunyai personal branding positif? (ya yang punya lah, masak tetangganya?? Enak kan kalo menjadi orang terkenal??)

What Next??:

  1. Gimana supaya awet dalam nge-blog? (Konsistenlah dalam menulis)
  2. Apa kita harus mengikuti tren supaya eksis? (Bisa iya bisa tidak, biasanya sih yang hanya ngikut tren ngga akan bertahan lama. Karena setelah tren itu kadaluarsa, blog anda akan ditinggalkan. Jadilah trend setter! Memang menjadikan cara berblogging kita menjadi suatu tren tidak mudah, tapi tetaplah mencoba. Mau eksis, jangan lebay pliss!)
  3. Kalau saya mau jadi diri sendiri dengan tidak mengikuti tren, boleh ngga? (Siippp! Te Oo Pe Be Ge Te. Yang ini pasti nge-blognya dengan damai sejahtera. Menuliskan kegiatan yang kita senangi, enak bukan?? Recommended banget dah… )

Core Competency:

  • Nge-blog itu berbagi. Nge-blog itu aktualisai pikiran yang original dan unik. Dan Nge-blog itu ekspresi dari warna duniamu. Ngga ada yang mempermasalahkan baik dan jeleknya dan benar dan salahnya. Semua itu hanya sudut pandang antara si penulis dan pembaca. So,, abadikanlah warna warni duniamu dengan tulisan yang “dare to be different”!
  • Perlu di ingat!! Nge-Blog itu bukan hanya semata-mata mencari $$$. Dunia blogging ngga selebar daun kelor, my honey! Justru personal brandinglah yang sangat-sangat dicari. Terbukti, banyak sekali “blogger numpang lewat” yang bermunculan karena menjadikan $$$ sebagai motivasi awalnya.

Kembali kepada hal-hal yang mendasar tidak boleh dilupakan, kembali ke motivasi-motivasi awal mungkin bisa menjadi evaluasi atau menjaga tulisan kita tetap pada jalurnya.

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin tidak akan terbesit oleh kita pada waktu akan membuat blog. Padahal menurut saya pertanyaan dasar ini cukup membantu dalam langkah blogger selanjutnya. Mulai dari dasar sampai expert pasti diantara para blogger akan menjumpai kronik yang mungkin terdapat dari pertanyaan-pertanyaan di atas.

Kalau dikaji lebih dalam, ada 3 langkah-langkah kehidupan blog.

Yang pertama pada saat kita mau membuat blog. Kita harus tahu apa sebenarnya blog itu dan apa tujuannya. Ibarat kata, kalo kita mau menggunakan kompas, minimal kita harus tahu arah. Selatan, Barat, Timur dan yang ngga minimal adalah Utara, karena arah Utara adalah patokan untuk menentukan posisi dimana kita berada.

Yang kedua. Efek dari nge-blog itu sendiri. Bahasa kerennya, Advantages of Blogging. Kalau kita tidak tahu Advantages dari blog untuk kita, maka kita juga ngga dapat apa-apa dari blog kita. Yang ada malah salah mengartikan blog, “Ngapain nge-blog?? Ngga ada hasilnya tuh?? Cuma buang-buang waktu aja!” Kalau ada yang udah bilang begini, maka dapat dipastikan dia ngga tahu tujuan dan manfaat blogging sesungguhnya. Bisa di bilang sebagai umpatan karena dasar dan motivasi bloggingnya salah kaprah!

Yang ketiga adalah kelanjutannya. Setelah pertama dan kedua sudah benar maka kita harus mempertahankan dan mencoba mengeksplorasi lebih dalam blog kita. Evaluasi dan pengembangan sangat dibutuhkan.

Ini pengalaman saya dalam menulis, saya mencoba mengevaluasi kehidupan saya dalam berblogging yang sempat mati suri dalam perjalanannya. Semoga membantu.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>