Asyiknya Menulis Dengan Blogging…

leader-oriflame-menulis

Oleh: Fenny Ferawati

Sebagian besar newbie akan menjawab “Menulis Itu Susah…” ketika ditantang menulis. Padahal kemampuan menulis sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang internet marketer sukses. Mulai dari membuat produk (produk informasi), sales letter, email marketing, iklan dan lain – lain seperti yang dijabarkan mas Arief disini.

Awalnya memang sangat sulit untuk menulis, apalagi menulis artikel yang berat seperti artikel review bisnis atau artikel motivasi milik mas Fadly Muin bila belum terbiasa. Hoohoo…bisa – bisa rambut rontok karena stress menulis.

Solusinya???

Blogging adalah salah satu cara yang tepat dan hebat untuk mengatasi yang phobia menulis. Apakah blogging itu??? Blogging versi Fenny adalah tidak sekedar punya blog dan mengisi content (isi) tetapi juga bagaimana agar blog kita bisa memberikan manfaat bagi pengunjung, membuat betah pengunjung, tentunya juga sering didatangi pengunjung. Semakin ramai blog kita, semakin menggairahkan, hehehe…

Caranya???

Pertama, niat untuk menulis. Anda harus memiliki niat dan motivasi untuk menulis terlebih dahulu. Jika tidak ada niat dan motivasi, sedikit kritikan bisa menghancurkan semangat  Anda. Mulailah dengan menulis artikel ringan yang membahas seputar hobi atau catatan harian. Tidak harus mengikuti aturan penulisan ataupun EYD. Sesuaikan dengan gaya bahasa Anda. Jika Anda mampu mempertahankan gaya menulis Anda, ini bagus untuk menciptakan brand image sebagai penulis.

Kedua, wajib punya blog. Tidak masalah blog gratisan ataupun berbayar. Setelah memiliki artikel hasil karya Anda sendiri, blog merupakan media yang bagus untuk mempublikasikannya. Melalui blog, Anda  bisa mendapatkan komentar, saran dan kritik yang membangun untuk memperbaiki tulisan Anda. Selain itu, blog akan lebih mengikat Anda untuk berkomitmen menulis artikel bagus dan bermutu secara konsisten. Tidak ingin blog Anda sepi pengunjung karena tidak pernah update artikel bukan?

Ketiga, rajin blogwalking. Jadwalkan untuk blogwalking disela-sela mengurus blog Anda. Cermati setiap artikel di blog yang Anda kunjungi. Dengan cara ini Anda akan banyak belajar bagaimana artikel yang bagus. Tidak mustahil Anda akan mendapatkan ide untuk tulisan Anda berikutnya setelah blogwalking. Tetapi ingat, hindari copy paste tanpa mencantumkan rujukan sumber artikel. Ini akan menorehkan catatan yang buruk dan menurunkan kredibilitas Anda sebagai penulis dimata blogger yang lain.

Kuncinya adalah menulis…menulis dan menulis. Mudah bukan???

Sekedar informasi, itu semua berdasarkan pengalaman pribadi. Tidak berniat menggurui tetapi hanya berbagi. Fenny juga mulai menulis setelah memiliki blog pertama meski gratisan. Ada banyak tanggapan yang mengembirakan tetapi juga tidak sedikit kritikan yang Fenny terima. Sampai sekarang blog itu sengaja tidak Fenny delete meski kini sudah memiliki blog yang berbayar. Tujuannya tidak lain sebagai kenang – kenangan proses belajar menulis Fenny. Kini dengan blogging, menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Bagaimana dengan Anda???

2 Replies to “Asyiknya Menulis Dengan Blogging…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *