Modal Membangun Personal Branding Dari Blog Pribadi

PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter
PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter

Oleh: Arief Rizky Ramadhan

Beberapa blogger ingin membangun personal brand mereka namun mereka tak tahu bagaimana harus memulainya. Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu personal branding karena sepertinya sudah sering dibahas di artikel-artikel blog Mas Agus Siswoyo lainnya.

Membangun sebuah personal branding yang kuat, paten, dan awet muda memang membutuhkan persiapan yang matang, proses, dan terus berjuan tanpa menyerah. Ingat tidak ada yang bisa anda raih secara instant wong masak mie instant aja harus beli perlengkapan masak dan peledak (baca: LPG 3 KG).

Disini saya ingin menjelaskan poin-poin utama yang harus anda lakukan saat ingin membangun branding dengan blog anda :

Domain. Saya umpamakan anda adalah seorang newbie blogger dan baru ingin membuat blog namun sepertinya ini bukan artikel yang cocok untuk anda karena saya tidak ingin menjelaskan apa itu blog, bagaimana membuat blog dan sebagainya disini saya fokus ke topik branding. Carilah domain yang mudah diingat oleh netizen dan buat domain yang sesuai dengan apa yang ingin anda tulis di blog anda nantinya.

Misalkan anda membuat domain dengan nama anda sendiri, mungkin anda bisa dengan leluasa memilih topik mana yang cocok untuk anda dan itu menggambarkan kepribadian anda. Dengan begitu domain dengan nama pribadi sangat cocok untuk branding anda karena disini kita membahas tentang personal branding.

Kecuali jika anda ingin membangun branding dengan nickname anda seperti Bebegendut maka anda bisa membuat domain dengan bebegendut.com atau topik yang akan anda angkat di blog itu.

Web Hosting. Ini adalah poin yang paling penting menurut saya karena jika hosting anda sering bermasalah maka anda harus cepat-cepat pindah hosting. Kenapa ? Disitu akan menggambarkan bahwa anda adalah orang yang tidak ahli dalam memilih hosting.

Padahal sebagai blogger anda juga harus mengetahui tentang hosting, cpanel, dan domain manger. Karena Contact support tidak bisa online 24 jam dan melayani anda sendiri tapi banyak sekali client yang harus dilayaninya.

Belajarlah untuk mandiri menyelesaikan masalah hosting anda dan jika memang server hosting tersebut sering maintenis silakan pindah dengan segera karena pengunjung anda semakin hari semakin ramai dan saat sedang ramai-ramainya, server hosting down. Apa yang terjadi ? Kecewa berat !

Artikel. Ini faktor yang membuat anda terkenal tulisan anda adalah yang mencerminkan brand anda. Bukankah content is the king ? Hehehe. Dalam blogging for branding jelas content adalah faktor penting karena kalau tidak ada konten jelas blog anda tidak akan dikenal, malah langsung di close dan tak pernah dibuka lagi.

Sebagus apapun tampilan blog Anda jelas tidak membawa manfaat tanpa adanya artikel atau tulisan.  Buatlah pengunjung dengan senang hati memberikan komentar. Carilah topik yang tepat untuk artikel blog anda, cari topik yang banyak peminatnya, anda paham akan topik itu dan anda siap menerima kritik atas tulisan anda.

Tampilan Blog. Faktor yang cukup penting adalah tampilan blog. Ini adalah cara yang terbaik untuk membuat pengunjung mudah ingat dengan blog anda. Walaupun bukan syarat utama tapi ini termasuk syarat semi utama yang harus anda perhatikan.

Pilihlah tampilan blog yang fresh, nikmat dilihat dan bisa menggambarkan tentang apa yang dibahas di blog anda. Itu salah satu kunci tambahan untuk personal branding anda.

Kontak. Sangat penting jika ada seorang pengunjung yang ingin bertanya kepada anda tentang artikel yang anda tulis atau memang ingin berkenalan dengan anda. Anda harus segera merespon mereka dan jangan sampai respon anda terlalu lambat karena membuat pengunjung merasa sedikit kecewa.

Poin-poin di atas mungkin hanya penjelasan singkat dari saya, setidaknya anda sudah memiliki gambaran untuk melakukan blogging for branding ini dan semoga bermanfaat untuk para pembaca setia AS.com.

Salam Sukses Muda!

_____________________________________________________________

Sekilas tentang penulis.

Arief Rizky Ramadhan. Blogger yang juga pelajar kelas III SMP SSN Islamic Village, Tangerang. Saat ini menekuni bisnis offline maupun online, selengkapnya bisa dilihat di halaman Bisnis. Melalui blogging, Arief ingin berbagi tentang pengalaman dalam dunia bisnisku dan berharap bisa menjadi inspirasi untuk anda para pembaca.

13 Replies to “Modal Membangun Personal Branding Dari Blog Pribadi”

  1. This is known that money makes people autonomous. But how to act if one does not have money? The only one way is to get it.

  2. Hi, i think that i saw you visited my blog thus i came to “return the favor”.I’m attempting to find things to improve my web site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

  3. This is really interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your great post. Also, I have shared your web site in my social networks!

  4. Wow that was unusual. I just wrote an very long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyways, just wanted to say superb blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *