Warna-warni Kontes Menulis di Internet

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Dua bulan sudah Kontes Menulis berjalan. Sebanyak 27 blogger melibatkan diri dalam kontes yang berlangsung dari tanggal 1 Maret – 28 April 2010. Dalam catatan saya, kontes ini menghasilkan 27 artikel, 86 pendaftar, 1352 komentar dan 33 komentar spam. Khusus untuk jumlah komentar, hitungan ini bisa berubah sampai detik-detik pengumuman tanggal 2 Mei 2010.

Salah satu kegiatan menarik yang dilakukan tim juri, yang terdiri dari Mas Hengky, Mas Arief, Mas Fadly dan saya sendiri, adalah penilaian tulisan peserta. Membaca tulisan para peserta, sama halnya dengan menyelami cara berpikir mereka terhadap bidang  penulisan.

Ada yang baru menerka-nerka sehingga tulisan berkesan lari pontang -panting. Ada yang setengah sadar menulis dan menghasilkan ide mentah. Ada pula yang sudah ahli di bidangnya sehingga menggali ide tulisan semudah memutar kran air.

Selain itu, faktor usia juga mempengaruhi ide penulisan. Bagi mereka yang berusia matang dan telah banyak mengecap asam manis dunia blogging, saya merasakan adanya kesatuan jiwa (soul) mereka ke dalam tulisan. Tulisan yang dihasilkan bisa mengalirkan ide dan memiliki isi (value), bukan sekedar membuat masalah tanpa member solusi.

Tak jarang saya mendapati tulisan yang terkesan dipaksakan. Maunya terlihat dewasa, tapi hasilnya malah kebrangas (bahasa Jawa: matang sebelum waktunya). Ide yang dimiliki sudah maknyus, hanya saja cara penyampaian masih kurang tajam.

Jadi, bagaimana baiknya? Pada dasarnya ini kembali pada selera masing-masing penulis. Demikian juga dengan pembaca. Baik di mata saya belum tentu baik dalam penilaian Anda. Yang paling utama adalah menulis dengan bahasa yang mudah dipahami dengan tetap menjaga karakter sendiri.

Bagaimanapun bentuk penulisan mereka, tim juri patut berterima kasih atas kesediaan mereka ikut ambil bagian dalam kontes yang setahu saya baru ada pertama kali dalam dunia blogging Indonesia (ups! mungkin sudah ada yang bikin acara serupa…?).

Bagi yang sudah daftar tapi belum berkesempatan tampil disini, mungkin tulisan Anda akan kami tampilkan di kesempatan yang lain. Yang pasti, kami menghargai itikad baik Anda untuk meramaikan dunia blogging Indonesia.

Rasanya terlalu berlebihan kalau berharap terlalu banyak. Semoga langkah kecil ini bisa menyulut aksi-aksi lain yang lebih heboh, lebih semarak dan lebih bermanfaat. Dan yang tak kalah pentingnya, tunggu pengumuman siapa pemenang kontes tanggal 2 Mei mendatang. Selamat deg-deg an…

Mungkin anda punya jagoan untuk jadi juara? Silakan berkomentar disini.

3 Replies to “Warna-warni Kontes Menulis di Internet”

  1. Pingback: penulis lepas
  2. The things i would like to bring about is that computer memory has to be purchased if your computer still can’t cope with what you do along with it. One can install two random access memory boards of 1GB each, by way of example, but not certainly one of 1GB and one having 2GB. One should always check the car maker’s documentation for the [url=http://cheapnbajerseyspro.com/2893/shop-nba/]Best Nba Jerseys[/url] PC to ensure what type of ram is needed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *