Yuk, Ambil Hikmah dari Kisah Penemuan Alat Ini

contoh gambar lampu LED warna-warni…

Di dunia ini telah banyak bermunculan penemuan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Namun, sudahkah Anda renungkan dan mengambil hikmah dalam kisah proses penemuan tersebut? Berbagai kisah menarik dan hikmah terdapat dalam penemuan tersebut. Berikut ini beberapa kisah penemuan yang dapat diambil hikmahnya untuk kehidupan kita, yaitu :

Penemuan lampu LED

Lampu LED atau lamp LED ini ditemukan oleh Nick Holonyak Jr pada tahun 1962. Lampu kecil ini telah banyak digunakan di berbagai barang dan piranti elektronik serta lampu penerangan. Mengapa Lamp LED ini semakin diminati? Sebabnya adalah lampu ini membutuhkan konsumsi listrik yang tidak besar.

Namun, tahukah Anda bahwa Nick Holonyak tidak pernah mendapatkan uang hasil dari royalti penemuan Lamp LED-nya? Ternyata Ia lebih memprioritaskan penemuannya dapat bermanfaat terhadap kehidupan manusia daripada hanya memikirkan keuntungan berupa uang.

Penemuan ini memberikan suatu hikmah kepada kita bahwa keikhlasan dan bermanfaat itu lebih penting daripada hanya sekedar uang.

Mesin Kasir

Mesin kasir ini pertama kali dibuat oleh James Jacob Ritty pada 1879. Ia membuat ini untuk membantu dan memudahkan pekerjaannya dalam menghitung dan mencatat transaksi penjualan suatu produk. Melalui kemajuan jaman, maka mesin kasir ini pun bertranformasi mengikuti perkembangan jaman. Setelah adanya mesin kasir berbasis elektronik yang dapat disambungkan dengan perangkat lainnya diantaranya barcode scanner, pembaca kartu kredit, dan lainnya. Perkembangan selanjutnya, mesin kasir ini berbasiskan komputer yang sekarang sering disebut dengan Point of Sale (POS).

Kisah penemuan mesin kasir ini sampai perkembangannya saat ini memberikan kita hikmah bahwa perubahan itu pasti terjadi dan berubah menjadi lebih baik adalah suatu hal yang harus dilakukan agar dapat lebih bermanfaat bagi orang lain.

Transformator atau Trafo

Proses penemuan transformator atau trafo ini tidak hanya dilakukan oleh satu orang melainkan ada beberapa orang yang ikut terlibat dalam penyempurnaan transformator ini. Pertama kali yang mengenalkan prinsip dan teori mengenai transformator adalah Michael Faraday pada tahun 1831. Setelah itu Joseph Henry pada tahun 1832 mulai mengaplikasikan teori Faraday dan menemukan bahwa tegangan koil yang tinggi dapat dihasilkan oleh perubahan flux yang cepat. Henry hanya menggunakan satu koil. Pada tahun 1836, Nicholas Callan menggunakan dua koil.

Melalui hasil tersebut, akhirnya antara tahun 1850-1884 fungsi dan penerapan listrik AC dan generator AC ditemukan. Pada tahun 1885, Georges Westinghouse dan William Stanley berdasarkan generator AC, akhirnya dikembangkanlah transformator/transformer/trafo. Nah tahun 1889, dikembangkanlah transformer 3 fasa pertama oleh Mikhail Dolivo-Dobrovolski.

Proses penemuan transformator atau trafo ini memberikan kita hikmah bahwa untuk menghasilkan sesuatu yang baik dan sempurna, tidak bisa hanya dilakukan oleh seorang diri melainkan harus melibatkan orang lain untuk ikut berkontribusi.

Itulah beberapa kisah penemuan yang dapat diambil hikmahnya oleh kita untuk meraih kehidupan yang lebih baik lagi. Jadi, hikmah atau inspirasi itu dapat datang darimana saja asalkan kita mencermati setiap hal yang telah kita baca, dengar dan ketahui. Yuk, mulai mengambil hikmah dari setiap kejadian untuk hidup yang lebih baik.

Penulis oleh Fadli Firmansyah
Twitter : @fadfir

  • trafoINDONESIA Marine Energy Potential Beneficial Approximately 49,000 MW
  • Remains committed to develope renewable energy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *