Asyiknya Permainan Tradisional Lomba Lari Berputar dari Jawa Tengah

Permainan Tradisional Jawa Tengah - Dolanan Anak Lomba Lari Berputar
Permainan Tradisional Jawa Tengah – Dolanan Anak Lomba Lari Berputar

Apa kabar kawan-kawan blogger Indonesia? Blog The Jombang Taste kembali hadir di tengah-tengah Anda dengan ulasan aneka dolanan anak asli Indonesia. Sebagaimana kita pahami bersama bahwa saat ini teknologi modern semakin berkembang di Indonesia. Hal ini ditandai dengan maraknya penggunaan gadget di kalangan anak-anak. Akibatnya, anak-anak semakin hari semakin asing terhadap kebudayaan mereka sendiri. Anak-anak jaman sekarang hampir tidak mengenal nama-nama permainan tradisional asli Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan upaya pengenalan terhadap nama-nama dolanan anak Nusantara terhadap mereka.

The Jombang Taste kali ini menyajikan dolanan anak yang bernama lomba lari berputar. Permainan lari berputar berasal dari Jawa Tengah. Dolanan anak ini mengambil tempat di halaman sekolah yang cukup luas dan sebaiknya dipimpin oleh seorang Guru. Jumlah anak yang bermain dalam permainan lari berputar sebanyak 26 orang. Jumlah sebanyak itu dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diberi nomor di dada, dengan angka 1 sampai 13. Kelompok kedua juga diberi nomor sama, 1 sampai dengan 13.

Jadi, sebelum memulai pertandingan dolanan anak lari berputar, guru harus menyiapkan dua paket angka-angka mulai dari 1 sampai 13 untuk dua kelompok yang akan bertanding. Angka tersebut bisa berupa kartu nama maupun lingkaran kertas yang ditempel di dada peserta. Peserta permainan anak harus memasang nomornya sebelum mengikuti permainan tradisional ini. Setelah itu semua anak berdiri membentuk lingkaran atau temu gelang (lihat gambar di atas).

Cara Bermain Lari Berputar

Guru yang memimpin permainan tradisional lari berputar membawa peluit. Cara bermainnya terbilang sederhana. Apabila semua peserta permainan sudah siap, maka Guru atau pimpinan pertandingan meniup peluitnya. Anak yang bernomor angka 1 dari kedua kelompok tersebut lalu berlari memutari lingkaran (kalangan). Saat tiba di tempat semula, mereka lalu menepuk anak yang bertanda nomor 2. Kedua anak bertanda nomor 2 ini pun lalu berlari memutar pula mengedari lingkaran.

Begitu tiba di tempat semula, pemain bertanda nomor 2 ini lalu menepuk anak yang bertanda nomor 3. Begitu seterusnya. Dengan demikian, setiap kali itu pula, selalu ada dua anak yang berlari mengedari lingkaran. Kelompok yang menang adalah kelompok, di mana anak yang bertanda nomor 13 paling cepat sampai di tempat semula. Begitu mudah bukan? Permainan ini akan berlangsung semakin menarik bila jumlah pesertanya semakin banyak.

Apabila babak pertama dolanan anak lari berputar sudah selesai, maka permainan babak kedua segera dapat dimulai. Caranya sama dengan permainan semula tadi, yakni pertama-tama Guru meniup peluit sebagai tanda dimulainya permainan. Hanya saja sekarang, arah larinya bisa dirubah. Kalau babak pertama tadi berlari ke arah kanan, maka sekarang berlari ke arah kiri. Perlu diperhatikan disini bahwa jumlah anak yang bermain tidaklah mengikat. Boleh saja lebih dari 26 orang, asal jumlahnya genap sehingga bisa dibagi menjadi dua kelompok.

Setiap orang tua hendaknya memperkenalkan anak-anak mereka dengan aneka permainan tradisional dari daerah setempat. Hal itu penting dilakukan agar dalam diri anak terbangun identitas diri sebagai bangsa Indonesia. Anak yang terbiasa bermain dengan kawan-kawan sebaya akan memiliki kepercayaan diri yang baik untuk menghadapi lingkungan baru. Selain itu, dolanan anak juga bisa menjadi aktifitas pengganti olahraga fisik yang mampu menggerakkan tubuh dengan leluasa.

Demikian ulasan The Jombang Taste dalam memperkenalkan permainan tradisional anak dari Jawa Tengah yang bernama lomba lari berputar. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda mengenai keragaman budaya Nusantara. Mari lestarikan aneka dolanan anak dengan mengajarkannya kepada anak-anak!

Daftar Pustaka:

Hardjana, HP. 1984. Permainan Tradisional Anak-anak dari Jawa Tengah. Pustaka Dian: Jakarta

4 Replies to “Asyiknya Permainan Tradisional Lomba Lari Berputar dari Jawa Tengah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *