Dasa Darma #2: Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Fun Games Gerakan Pramuka Siaga – Lomba Rally Karet Gelang

Salam Pramuka!

Cinta dan kasih sayang dapat dirasakan manusia apabila manusia itu dapat ikut merasakan suka dan derita orang-orang di sekitarnya. Kelompok bangsa Indonesia merupakan manusia Indonesia yang menjadi satu diantara sekian banyak bangsa-bangsa dari negara yang terdapat di dunia ini. Bila kita ingin paham dan mau mengerti terhadap bangsa lain maka rasa kasih sayang yang dapat mendekatkan kita dengan siapapun. Era globalisasi saat ini tidak mungkin kita bisa hidup sendiri tanpa bantuan bangsa lain. Kerjasama antar negara adalah kebutuhan nyata setiap bangsa. Perlu adanya cinta kasih diantara setiap bangsa di dunia agar kerjasama berlangsung jujur dan dapat saling percaya.

Dengan adanya rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama manusia maka akan tercipta perdamaian dan persahabatan antara manusia maupun bangsa. Sebagai seorang pramuka kita harus memperlakukan pramuka lain secara baik di indonesia maupun dari bangsa lain sebagai saudaranya karena masing-masing anggota pramuka mempunyai satya dan dharma sebagai ketentuan moral. Perbanyak kawan baru di ajang pertemuan pramuka agar kita dapat melatih rasa cinta kasih diantara sesama manusia. Misalnya mengajak peserta didik untuk ambil bagian dalam berbagai lomba kepramukaan yang dilaksanakan di kegiatan Pesta Siaga.

Menurut Novan Ardy Wiyani (2017) kegiatan organisasi pramuka Indonesia bertujuan menjadi manusia yang berkepribadian dan berkata luhur. Sudah sepantasnya kita berusaha meninggalkan watak yang dapat menjauhkan dia dengan ciptaan Tuhan. Caranya adalah dengan memiliki sifat-sifat yang penuh rasa cinta dan kasih sayang. Darma ini adalah tuntunan untuk mengamalkan sila kedua dari Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

Kegiatan kepramukaan dapat berjalan dengan menyenangkan bila seorang pembina pramuka menjalankan dharma kedua, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Bawalah peserta didik ke alam bebas, misalkan kebun raya dan kebun binatang agar mereka mengetahui dan mengenal berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan binatang. Ajarkan kepada mereka untuk memelihara tanaman di sekitar rumahnya masing-masing dan menjaga kelestarian hewan-hewan yang mereka temui di sekitar rumah. Hal ini dapat dijadikan persyaratan untuk mencapai tanda kecakapan khusus.

Tebar Motivasi Islami pada Perayaan Hari Raya Idul Qurban di SDN Kedungpari 1 Tahun 2017

Contoh Perbuatan Cinta Kasih

Setiap pembina pramuka perlu memperkenalkan peserta didik dengan sifat masing-masing jenis binatang untuk mengetahui manfaatnya. Klasifikasikan daftar binatang yang bersifat jinak dan buas agar peserta didik dapat terampil mengambil tindakan saat mereka menjumpainya di suatu hari nanti. Anjurkan mereka untuk memelihara dengan baik binatang yang mereka miliki di rumah. Kucing, kelinci, anjing dan ayam adalah beberapa hewan yang mungkin dipelihara oleh peserta didik. Kasih sayang sesama manusia dan terhadap lingkungannya tidak terlepas dari perwujudan kerendahan diri manusia sebagai makhluk atas keagungan penciptanya.

Ketakwaan seorang anggota pramuka kepada Tuhan Yang Maha Esa wajib dihayati sepanjang hidup. Selain itu setiap pramuka perlu membangun watak utama dalam dirinya untuk tidak mementingkan diri pribadi dan menghargai orang lain meskipun tidak sebangsa dan satu agama. Itulah sifat persaudaraan dari pramuka sedunia yang mampu menghargai berbagai perbedaan dalam hidup. Semua jenis perbedaan itu bukanlah penghalang bagi kita untuk hidup rukun dan berdampingan. Justru dengan adanya perbedaan itu dapat memperluas wawasan kita terkait keragaman hasil ciptaan Tuhan YME.

Siapapun yang kita kenal secara dekat maka lama-lama akan timbul rasa cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Rasa inilah yang dapat menggugah rasa dekat dengan Tuhan karena tidak terhalang oleh rasa benci, marah dan sifat-sifat yang tidak terpuji. Dengan demikian kita menyadari keagungan Tuhan Yang Maha Esa dalam menciptakan alam beserta isinya. Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi kepada setiap pembina Pramuka dalam mendidik peserta didiknya. Silakan berbagi pengalaman membina pramuka melalui kolom komentar.

Salam Pramuka!

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Dasa Darma #2: Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”

  1. Pramuka adalah pembawa perdamaian bagi dunia. Para orang tua harus mendukung kegiatan anak-anak mereka di bidang kepramukaan agar tumbuh kesadaran dalam dirinya sebagai pembawa pesan perdamaian bagi lingkungan disekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *