Dasa Darma #4: Patuh dan Suka Bermusyawarah

Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018

Salam Pramuka!

Pelaksanaan dasar darma yang keempat, yaitu patuh dan suka bermusyawarah dalam kehidupan sehari-hari perlu dilakukan oleh setiap anggota pramuka. Patuh berarti setia dan kesedihan melakukan sesuatu yang sudah disepakati dan ditentukan. Kepatuhan pada aturan hidup adalah hal yang makin sulit ditemui jaman kini mengingat makin rendahnya tingkat kesadaran hukum generasi muda.

Musyawarah adalah perilaku utama seorang demokrat yang menghormati pendapat orang lain. Orang yang suka bermusyawarah terhindar dari sikap yang otoriter dan mau menang sendiri. Dalam setiap gerak dan tindakan yang menyangkut orang lain, baik yang terikat dalam pekerjaan ataupun organisasi perlu adanya musyawarah dan kepatuhan terhadap peraturan. Darma keempat ini merupakan tuntunan untuk mengamalkan pancasila sila keempat.

Liburan seru ke tempat wisata agrowisata Bale Tani di Serning Banjaragung Bareng Jombang
Liburan seru ke tempat wisata agrowisata Bale Tani di Serning Banjaragung Bareng Jombang

Contoh Perbuatan

Pelaksanaan darma keempat dari dasa dharma pramuka dalam kehidupan sehari-hari dapat berupa membiasakan diri untuk menempati janji, mematuhi peraturan yang ditetapkan di gugus depan, mematuhi peraturan di lingkungan kampung, dan taat pada aturan sekolah serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Contohnya kepatuhan itu misalnya setia mengikuti latihan kepramukaan di sekolah, rajin membayar iuran lingkungan, mentaati peraturan lalu lintas, dan lain-lain.

Contoh pelaksanaan darma keempat pramuka dalam perilaku sehari-hari adalah belajar mendengar pendapat orang lain walaupun berbeda pendapat dengan kita. Seorang pramuka perlu menghargai gagasan orang lain meskipun kita tidak menyetujuinya. Selain itu contoh pelaksanaan dharma keempat ini adalah dengan membiasakan diri untuk merumuskan kesepakatan dengan memperhatikan kepentingan orang banyak. Pada jaman sekarang pramuka perlu membiasakan diri untuk bermusyawarah sebelum melaksanakan suatu kegiatan, misalnya akan berkemah, melakukan kegiatan wisata dan lain-lain.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi Anda saat membina Pramuka.

Salam Pramuka!

Bagikan artikel ini melalui:

6 Replies to “Dasa Darma #4: Patuh dan Suka Bermusyawarah”

  1. Budaya musyawarah sekarang makin jarang dilakukan oleh generasi muda. mereka lebih suka memutuskan secara sepihak dan tidak mau berunding dengan orang lain.

  2. Musyawarah adalah budaya orang yang mampu melaksanakan praktek demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Enggak semua orang bisa berperilaku seperti itu karena umumnya orang-orang ingin mau menang sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *