Dasa Darma #6: Rajin, Terampil dan Gembira

Fun Games Gerakan Pramuka Siaga – Lomba Rally Karet Gelang

Manusia dibedakan oleh Tuhan dengan makhluk hidup yang lainnya karena ia mempunyai akal budi. Dengan demikian, setiap manusia harus mengembangkan diri dengan membaca, menulis dan belajar. Dengan perkataan lain, manusia menjalani proses kodrati dalam mendidik diri. Lebih-lebih lagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melejit demikian cepat. Maka sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mendorong anak didik agar selalu rajin belajar, selalu berusaha dengan tekun, menjaga kesehatan diri, mengembangkan kompetensi diri, dan selalu tertib menjalankan tugas. Dorongan itu bukan sekedar berupa kata-kata tapi juga berupa tindakan.

Setiap manusia harus berupaya untuk dapat berdiri di atas kaki sendiri. Itulah salah satu bentuk keterampilan hidup anggota pramuka. Untuk hal itu yang menjadi syarat utama adalah kemandirian dan keterampilan serta dapat mengerjakan suatu tugas dengan cepat dan tepat dengan hasil yang baik. Setiap pramuka tidak boleh bermalas-malasan dalam hidupnya. Ia selalu terampil memanfaatkan setiap momen hidup yang dijalani. Pramuka juga tidak pernah kehabisan akal saat mengalami masalah. Ia giat berusaha mencari solusi atas hambatan hidupnya. Seandainya ia tidak tahu solusi sebuah permasalahan maka ia akan bertanya pada orang-orang yang lebih berpengalaman dan mahir di bidang tersebut.

Menurut Novan Ardy Riyani (2017) manusia hidup dan menghidupi dengan mencari jalan bagaimana hidup yang baik. Oleh karena itu manusia harus selalu bergembira hatinya agar bisa bersemangat dalam hidup. Agar dapat mengatasi banyak kesulitan dan rintangan maka manusia harus selalu bersemangat. Tantangan akan diatasi dengan motivasi yang kuat. Supaya bisa mendapatkan motivasi manusia harus dapat berpikir secara tenang dan seimbang. Hal ini dapat dicapai bila manusia selalu mencapai pikiran yang positif dan optimis. Rasa positif dan optimis dapat diperoleh dengan lagu yang riang sehingga menimbulkan suasana gembira. Kegembiraan adalah perasaan senang dan bangga yang menimbulkan semangat menjalani kegiatan dan bahkan rasa keberanian hidup.

Contoh Perbuatan Rajin, Terampil dan Gembira

Contoh perilaku rajin dalam kehidupan pramuka sehari-hari adalah membiasakan diri membaca buku motivasi hidup, membiasakan diri untuk membuat karya tulis, mengikuti diskusi untuk belajar dan mengelola pikiran, membuat jadwal harian yang tetap untuk belajar mengatur kegiatan dengan menyesuaikan kegiatan di sekolah, dan membiasakan menyusun jadwal kegiatan sehari-hari. Pramuka ideal tidak terlarut dalam hiruk-pikuk informasi di internet. Ia tidak menelan mentah-mentah setiap berita yang dibaca dan didengar. Ia terampil menyaring setiap informasi yang diterima melalui media sosial. Pramuka cerdas tidak ikut-ikutan menyebarkan berita hoax yang belum teruji kebenarannya.

Contoh perilaku terampil dalam kehidupan sehari-hari untuk anggota pramuka adalah memilih jenis kemahiran dan keahlian yang sesuai dengan bakat, berlatih secara terus-menerus, tidak cepat merasa puas setelah selesai mengerjakan sesuatu, meminta tuntunan dari orang yang lebih berpengalaman, dan tidak menolak tugas pekerjaan apapun yang diberikan. Maka tidak mengherankan jika banyak aktivis organisasi Gerakan Pramuka mampu mencapai posisi penting di lembaga tempat ia mengabdi. Semangatnya untuk terus belajar mendukung terciptanya pribadi yang unggul dan bisa berdaya saing. Pramuka hebat sadar bahwa pesaingnya bukan orang lain, tapi dirinya sendiri. Ia tidak mudah patah semangat saat dicaci dan tidak gampang terbuai saat dipuji.

Demikian ulasan blog The Jombang Taste mengenai dasa darma pramuka, yaitu darma keenam rajin, terampil dan gembira. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam membina pramuka. Semua yang tertulis disini hanya akan menjadi cerita fiksi bila tidak dipraktekkan oleh pembina pramuka. Bagaimanapun, sebaik-baik bentuk pendidikan adalah keteladanan hidup dari tokoh panutan. Anda adalah role model terbaik bagi setiap peserta didik. Selamat membina generasi muda Indonesia!

Salam Pramuka!

Bagikan tulisan ini:

9 Replies to “Dasa Darma #6: Rajin, Terampil dan Gembira”

  1. Pramuka adalah anak-anak yang selalu gembira karena mereka menyanyikan lagu Di Sini Senang Di Sana Senang di mana-mana hatiku senang lalalala lalalala lalalala….

  2. Menjadi pribadi yang terampil membutuhkan pelatihan yang berulang dan disinilah letak ujian yang sesungguhnya karena pelatihan itu membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *