Dasa Darma #7: Hemat, Cermat dan Bersahaja

Gambar globe dengan tumpukan uang emas - gambar diambil dari Pinterest dot com
Gambar globe dengan tumpukan uang emas – gambar diambil dari Pinterest dot com

Salam pramuka!

Mari kita lanjutkan pembahasan pendidikan karakter dalam pembinaan gerakan pramuka. Prinsip hemat dalam kepramukaan bukan berarti kikir atau pelit. Hemat disini lebih terarah kepada kemampuan seorang pramuka melakukan dan menggunakan sesuatu secara tepat menurut kegunaannya. Dalam kajian agama, hemat dapat berarti suatu usaha memerangi hawa nafsu manusia dari keinginan berlebihan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Perilaku hemat berwujud perbuatan menggunakan segenap potensi diri untuk menggenggam kesuksesan.

Menghemat bukan berarti tidak berperilaku sosial tapi untuk lebih memberi kemungkinan usaha sosial dari pihak yang lain yang lebih menguntungkan secara materi. Sedangkan pengertian hemat dalam ranah sosial keagamaan artinya memanfaatkan suatu materi sesuai dengan keperluan sehingga dapat berguna bagi dia sendiri dan orang lain. Kita semua harus sadar bahwa manusia adalah makhluk sosial. Setiap tindakan yang dilakukannya terkait orang lain.

Menurut Novan Ardy Wiyani (2017) sikap seorang pramuka harus jelas, selalu teliti, baik terhadap dirinya sendiri, maupun dari luar dirinya sendiri sehingga ia selalu waspada. Hal ini dapat dilakukan melalui proses berpikir, menghitung dan mempertimbangkan segala sesuatu. Seorang pramuka harus cerdas dan terampil agar ia senantiasa terhindar dari kekeliruan dan kesalahan. Seorang pramuka harus berusaha untuk berbuat sesuatu dengan terencana dan bermanfaat. Perencanaan hidup yang baik dapat menghindarkan diri dari pemborosan waktu dan kehilangan tenaga yang tidak perlu.

Bersahaja artinya hidup sederhana dan dalam batas kewajaran serta tidak berlebih-lebihan. Hidup bersahaja dapat memberi kemungkinan pembawa penggambaran jiwa atau penampilan diri yang wajar. Hidup bersahaja berupa kemampuan untuk hidup dengan apa yang didapat secara halal tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain. Seorang pramuka yang berperilaku bersahaja dapat menciptakan keserasian antara keinginan dan kemampuan. Bersahaja juga dapat berarti keberanian untuk menyatakan sesuatu yang sebenarnya. Berani berkata jujur merupakan nilai utama seorang pramuka di jaman modern. Kejujuran dan dapat dipercaya adalah syarat utama sukses di era milenial saat ini. Tanpa kejujuran, hidup manusia akan terus dihantui perasaan bersalah.

gambar anak berbakti kepada orang tua
gambar anak pramuka berbakti kepada orang tua

Contoh Perbuatan Hemat, Cermat dan Bersahaja

Contoh perilaku hemat, cermat dan bersahaja dalam kehidupan anggota pramuka sehari-hari adalah menggunakan waktu dengan tepat untuk kegiatan di sekolah, kegiatan bermain, tidur, makan, latihan, belajar dan lain-lain. Selain itu contoh perilaku yang hemat, cermat dan bersahaja adalah berpakaian yang sederhana tanpa perhiasan yang berlebih-lebihan. Berpakaian sederhana juga bisa berarti tidak mengikuti trend mode yang sedang berkembang. Pramuka harus bisa menjadi dirinya sendiri, berkepribadian tangguh dan tidak mudah terombang-ambing jaman.

Bagi seorang anggota pramuka hendaknya menggunakan uang jajannya dengan hemat sebagai bentuk hidup sederhana. Anak-anak juga perlu dibiasakan belanja ke warung dan pasar secara teratur untuk menghemat uang. Contoh pilihan cermat berbelanja adalah membeli barang di toko kelontong sebelah rumah daripada berbelanja ke minimarket. Meskipun barang tersebut dijual lebih mahal Rp500 tidak jadi soal untuk memberi penghasilan kepada tetangga di sebelah rumah. Ingatlah bahwa tetangga kita butuh nafkah untuk menghidupi anak istrinya. Mereka tidak boleh menghabiskan uangnya untuk tujuan berfoya-foya.

Setiap anggota pramuka perlu membiasakan diri untuk menabungkan uang mereka dan belanja berdasarkan manfaat dan rencana. Kebiasaan menabung ini mulai luntur di kalangan kids jaman now. Mereka terdorong oleh budaya konsumerisme yang marak mewabah akibat arus informasi dan kecanggihan teknologi internet. Anggota pramuka yang selalu menjalankan perilaku bersahaja akan mampu hidup bertanggung jawab serta melakukan penghematan terhadap berbagai sumber daya yang dimilikinya.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda saat mendidik anak-anak.

Salam pramuka!

5 Replies to “Dasa Darma #7: Hemat, Cermat dan Bersahaja”

  1. Kita msh bth pramuka. Pramuka adlh titik sentral pembinaan remaja. Bnyk kecakapan hidup yang bisa diperoleh dari pramuka. Maju terus pembina pramuka!

  2. Terima kasih sudah memberi inspirasi kepada setiap anak muda agar mereka lebih hemat cermat dan bersahaja Dalam hidup. tulisan seperti ini harus sering dibaca oleh Kids zaman now supaya mereka sadar betapa pentingnya kesederhanaan dalam hidup.

  3. Salut untuk semua pembina Pramuka di Indonesia. Mereka adalah orang-orang yang ikhlas mengajar tanpa mengharapkan imbalan.

  4. Menjalankan pola hidup hemat di jaman sekarang ini sangat susah karena banyak sekali godaan promo dan diskon barang-barang impian kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *