Hari Ketiga Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar (KMD) di Kwaran Bareng Kwarcab Jombang Tahun 2018

Kak Achmad Sofi'i utk Materi KMD Penggalang 2018
Kak Achmad Sofi’i menyampaikan Materi untuk peserta KMD Penggalang di Kwarcab Bareng Tahun 2018

Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar (KMD) Penggalang telah dilaksanakan hari ini Senin, 17 Desember 2018. Kegiatan KMD Penggalang hari ini merupakan pelaksanaan hari ketiga dari kursus pembina Pramuka yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Acara pelatihan pembina Pramuka Penggalang diikuti oleh 148 orang peserta dan dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan upacara pembukaan latihan pramuka. Para peserta mengikuti upacara pembukaan dengan antusias. Tidak satupun tampak peserta yang datang terlambat hari ini. Semua peserta terlihat bersemangat mengikuti rangkaian acara pelatihan pembina Pramuka di hari yang ketiga ini.

Pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar hari ini membahas Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) pramuka Penggalang. Syarat kecakapan umum (SKU) merupakan kurikulum yang menjadi pedoman bagi pelaksanaan pelatihan peserta didik gerakan Pramuka. Tingkat Pramuka Penggalang dibagi menjadi 3, yaitu Penggalang Ramu, penggalang rakit, dan penggalang terap. Pengisian syarat kecakapan umum bisa dilakukan sejak peserta didik menjadi Penggalang Ramu namun pemasangan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) baru boleh dilakukan ketika peserta didik telah mencapai tingkat penggalang rakit. Dengan demikian setiap peserta didik kegiatan pelatihan kepramukaan akan selalu termotivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan dirinya.

Kunci sukses dari pengisian buku syarat kecakapan umum adalah kehadiran peserta didik. Peserta didik diwajibkan hadir sedikitnya 8 kali latihan kepramukaan secara berturut-turut. Hal ini mengandung maksud bahwa dengan hadir secara rutin dalam kegiatan kepramukaan maka peserta didik dapat memiliki kesadaran untuk menjadi anggota pramuka yang lebih baik dari waktu ke waktu. Cara mengisi buku SKU adalah dengan menuliskan tanggal pelaksanaan uji SKU dan Pembina memberikan paraf sesuai dengan Jenis SKU yang diujikan. Inisiatif uji SKU harus berasal dari peserta didik. Pembina Pramuka Penggalang dilarang untuk memaksa peserta didik melakukan uji SKU jika anak belum siap. Hal ini dimaksudkan agar setiap peserta didik dapat mengukur kemampuan dirinya sendiri sebelum melangkah ke tahap uji SKU.

Kegiatan kursus pembina Pramuka tingkat mahir dasar di Kwartir Ranting Bareng hari ini berlanjut pada sesi yang kedua, yaitu membahas ragam pertemuan Penggalang. Ada banyak ragam pertemuan penggalang yang bisa dilakukan oleh anggota Pramuka Penggalang yang berusia 11 tahun sampai dengan 15 tahun. Jenis pertemuan penggalang yang paling sering dilakukan oleh murid-murid di gugus depan masing-masing adalah perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami). Persami umumnya dilakukan di sekolah masing-masing pada malam pergantian tahun. Selain itu Pramuka tingkat penggalang juga mengenal adanya kegiatan Jambore dan Lomba Tingkat (LT). Jambore Pramuka Penggalang dilaksanakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting hingga Kwartir Nasional. Sementara itu Lomba Tingkat (LT) berlangsung mulai dari LT 1 di Gugus Depan, LT 2 di Kwartir Ranting, LT 3 di Kwartir Cabang, LT 4 di Kwartir Daerah, dan LT 5 di Kwartir Nasional.

Sesi ketiga atau sesi terakhir dari pelaksanaan KMD Penggalang di Kwaran Bareng tahun 2018 ini adalah praktek melakukan upacara pembukaan latihan Pramuka dan upacara penutupan latihan Pramuka Penggalang. Penulis berkesempatan menjadi salah satu dari anggota pengibar bendera pada upacara pembukaan latihan Penggalang. Pengalaman ini sungguh terasa sangat istimewa karena berlangsung di hadapan 148 orang peserta kursus mahir tingkat dasar. Pengalaman hari ini tidak akan terlupakan karena semua peserta diwajibkan untuk mempraktekkan ilmunya segera setelah mereka kembali ke Gugus Depan masing-masing. Penulis tak sabar untuk segera mengikuti KMD hari keempat esok hari yang dijadwalkan akan berlangsung pengembaraan ke pegunungan Anjasmoro. Petualangan alam seperti itu sungguh menyenangkan karena akan memberikan banyak pengalaman dan mendapatkan kenalan teman baru. Sampai jumpa besok!

Bagikan artikel ini melalui:

6 Replies to “Hari Ketiga Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar (KMD) di Kwaran Bareng Kwarcab Jombang Tahun 2018”

  1. Saya sangat sepakat adanya kegiatan seperti ini dilaksanakan di berbagai ke kwartir ranting gerakan Pramuka. Peran pembina Pramuka sekarang semakin penting sebagai orang tua yang dapat memberi penjelasan, nasehat, pengarahan, dan bimbingan kepada peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *