Hari Terakhir Pelatihan Pembina Pramuka KMD dan KML di Kwartir Ranting Bareng Kwartir Cabang Jombang Tahun 2018

Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018

Pelatihan pembina Pramuka merupakan kegiatan rutin di dunia kepramukaan untuk menghasilkan pembina Pramuka handal. Kemarin Rabu, 19 Desember 2018 merupakan hari kelima atau hari terakhir dari penyelenggaraan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Lanjutan (KML). Acara pelatihan hari terakhir berlangsung di bumi perkemahan objek wisata Air Terjun Grenjeng. Air Terjun Grenjeng terletak di Desa Jenisgelaran Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Acara pagi hari dibuka dengan kegiatan ibadah bersama. Setelah itu sejumlah peserta melakukan olahraga pagi dengan jalan-jalan ke tempat wisata Air Terjun Grenjeng yang berada sekitar 100 meter dari lokasi perkemahan peserta.

Kuliner Jenisgelaran

Usai jalan-jalan pagi menelusuri beberapa sudut tempat wisata Air Terjun Grenjeng, para peserta kembali ke homestay mereka dan merapikan tenda mereka. Setelah itu sekitar 200 orang peserta antre mandi di tujuh homestay untuk membersihkan dan menyegarkan badan. Lalu mereka menikmati sarapan pagi di homestay. Menu makanan pagi hari ini masih seputar kuliner warga desa. Hidangan urap-urap, sayur lodeh, sambal goreng cecek, lele goreng, dan telur dadar adalah menu yang umum dijumpai di pedesaan. Meski demikian, makan pagi di bumi perkemahan terasa lebih nikmat dan tidak biasa dibandingkan dengan di rumah. Suasana segar dan alami terasa di sepanjang jalan desa yang kami lalu.

Makan pagi terasa belum lengkap bila tidak ada hidangan pencuci mulut. Sejumlah peserta izin kepada warga untuk mencicipi buah kakao. Selama ini mereka tidak mengenal buah kakao. Mereka hanya tahu bubuk coklat yang terbuat dari biji Kakao. Ternyata buah kakao rasanya manis dan bisa diemut. Walaupun demikian biji tersebut harus dimuntahkan kembali layaknya biji kopi yang enak dimakan di luarnya tapi bagian dalamnya harus dikeluarkan dari mulut untuk diolah lagi. Bagi peserta KMD dan KML yang tinggal di daerah dataran rendah, tentu saja pengalaman ini menjadi yang pertama kali dan baru mereka alami dalam hidup mereka.

Open Forum

Makan pagi telah selesai. Peserta masih memiliki agenda open forum atau forum terbuka. Open forum tepat dimulai pukul 07.30 WIB. Semua peserta berkumpul di area yang digunakan untuk api unggun tadi malam. Peserta mengikuti Open Forum. Open forum adalah tempat berkumpulnya peserta dan pelatih kursus pembina pramuka. Mereka berdiskusi dengan bantuan pengeras suara dari megaphone. Semua peserta kursus pembina Pramuka, baik di tingkat mahir dasar maupun mahir lanjutan, ikut menyumbangkan ide dan pemikiran. Mereka bermusyawarah dan saling bertukar pengalaman melatih gugus depannya masing-masing. Berbagai pertanyaan muncul dan dijawab oleh pelatih kegiatan KML dan KML di Bareng tahun 2018.

Setelah melakukan Open Forum maka semua peserta dan pelatih mengikuti upacara penutupan kegiatan. Pelatihan pembina pramuka kursus mahir dasar dan kursus pembina pramuka tingkat Mahir lanjut telah resmi ditutup. Semua peserta KMD yang berjumlah 144 orang dinyatakan lulus oleh panitia. Hanya ada 1 orang dari 34 orang peserta KML yang tidak lulus karena mengundurkan diri di hari kedua. Mereka yang telah lulus diberikan ijazah pembina pramuka sebagai tanda telah memenuhi kriteria menjadi pembina Pramuka tingkat mahir dasar dan tingkat mahir lanjutan. Setelah ini mereka akan bertemu lagi dalam kegiatan Narakarya 1 yang dijadwalkan akan berlangsung selama 6 bulan.

Keseruan di Atas Truk

Para peserta KMD dan KML kemudian bergegas naik ke atas truk pada pukul 11.00 WIB untuk kembali ke SMP Negeri 1 Bareng. Mereka tak henti-hentinya membuat kehebohan di sepanjang perjalanan di atas truk dari wisata air terjun Grenjeng hingga ke Mojounggul. Aktifitas naik truk ini jarang dilakoni oleh para peserta KMD mengingat aktifitas sehari-hari mereka sebagai guru sekolah sangat menyita waktu. Tak ayal lagi, pelatihan pembina pramuka selama lima hari ini juga berfungsi sebagai kesempatan berlibur akhir tahun.

Pelatihan pembina pramuka selama lima hari di Kwaran Bareng sangat bermanfaat bagi pengembangan setiap gugus depan (gudep). Selama lima hari ini semua peserta mendapatkan beragam materi siaga dan penggalang. Mulai dari postur pembina, dinamika kelompok, sistem informasi satuan, organisasi gudep, ragam pertemuan penggalang, ragam pertemuan siaga, ragam keterampilan pramuka, praktek membina, hingga penjelajahan alam. Selamat kembali ke gudepnya masing-masing. Selamat mengamalkan ilmu yang diterima selama mengikuti kursus pembina Pramuka. Ikhlas bakti bina bangsa. Semoga kita semua diberikan keikhlasan dalam berbakti kepada bangsa.

Bagikan artikel ini melalui:

15 Replies to “Hari Terakhir Pelatihan Pembina Pramuka KMD dan KML di Kwartir Ranting Bareng Kwartir Cabang Jombang Tahun 2018”

  1. Membina Pramuka jaman sekarang lebih sulit dibanding zaman dulu karena pengaruh internet sudah sangat membahayakan mental remaja dan anak-anak.

  2. Mungkin hanya ada sedikit orang yang saat ini masih ikhlas membina bangsa dalam organisasi Gerakan Pramuka. Selebihnya kebanyakan guru sekolah sekarang lebih sibuk meninggikan pangkat maupun golongan mereka yang berimbas pada kenaikan gaji. Kalau soal membina Pramuka itu urusan belakang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *