Menuju Kebangkitan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mojowarno

Pengukuhan Pembina Pramuka Hasil KMD dan KML Kwaran Bareng 2018
Pengukuhan Pembina Pramuka Hasil KMD dan KML Kwaran Bareng 2018

Organisasi Pramuka selayaknya menjadi wadah pendidikan karakter yang utama bagi setiap siswa maupun masyarakat Indonesia dari berbagai usia. Selanjutnya, Pramuka telah menjadi ekstrakurikuler wajib bagi setiap sekolah di Indonesia. Hal ini menandakan tumbuhnya kesadaran peran penting Pramuka dalam sistem pendidikan di Indonesia. Pramuka dianggap mampu menjadi ekstrakurikuler utama yang mendukung sistem pendidikan karakter di Indonesia.

Namun sayangnya tidak semua jenis kegiatan kepramukaan dapat berjalan secara aktif dan memberi kontribusi bagi sistem pendidikan di suatu daerah, seperti halnya di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Selama beberapa kali periode kepengurusan kuat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mojowarno tidak tampak kegiatan kepramukaan sebagaimana dilakukan oleh Kwaran Gerakan Pramuka dari kecamatan lainnya di Kabupaten Jombang.

Usaha untuk memecah kevakuman kegiatan kepramukaan di Kecamatan Mojowarno telah dilakukan pada 29 Januari 2020 lalu melalui kegiatan Musyawarah Ranting (Musran) Gerakan Pramuka Mojowarno. Hasil musyawarah ranting tersebut adalah memilih 51 orang pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mojowarno periode 2020 hingga 2023. Inilah momen kebangkitan organisasi kepramukaan di Kecamatan Mojowarno setelah sekian puluh tahun terlelap dalam tidur panjang.

Usai melaksanakan musyawarah ranting Kwaran Gerakan Pramuka Mojowarno lantas bersiap-siap untuk mengadakan kegiatan pelantikan pengurus dan rapat kerja program kepramukaan periode 2020-2023. Dan pada hari ini Sabtu, 29 Februari 2020 telah dilaksanakan pra rapat kerja (raker) penyusunan program kerja pembinaan anggota muda (Bina muda) Pramuka di Kecamatan Mojowarno.

Kegiatan penyusunan awal program kerja bina muda diikuti oleh 30 orang pembina dari jenjang sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, sekolah menengah pertama, madrasah tsanawiyah, sekolah menengah atas, madrasah aliyah, dan sekolah menengah kejuruaan yang berada di Kecamatan Mojowarno. Acara berlangsung di Aula SDN Mojowarno 1 dari pukul 13.00 hingga menjelang pukul 17.00 WIB.

Poin utama dalam kegiatan pra raker hari ini adalah menyusun garis-garis besar program kerja yang akan dilaksanakan selama empat tahun kedepan dalam pembinaan anggota muda. Program kerja ini ditujukan untuk anggota pramuka golongan siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Masing-masing komisi pembinaan telah berunding untuk menentukan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 4 tahun kedepan di lingkungan Kwaran Gerakan Pramuka Mojowarno.

Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018

Tentu tidak mudah untuk memulai program kerja setelah sekian tahun mengalami kevakuman. Oleh karena itu titik utama dalam kebangkitan organisasi kepramukaan di Kwaran Mojowarno adalah menggandeng semua pihak untuk bersedia terlibat dalam kerja sama yang intensif dalam membangkitkan lagi kegiatan kepramukaan di Kecamatan Mojowarno. Target jangka pendek untuk tahun pertama pelaksanaan program kerja ini adalah menciptakan semangat dan motivasi bagi peserta didik untuk mengikuti pelatihan Pramuka secara intens.

Banyak cara yang dapat kita tempuh untuk menarik minat para pelajar agar menekuni ekstrakurikuler kepramukaan sebagai ekstrakuler wajib di sekolah. Salah satu bentuk kegiatan luar ruangan yang sangat disukai anak-anak adalah perkemahan. Perkemahan Pramuka selama ini identik dengan hal-hal yang bersifat disiplin seperti baris-berbaris, upacara dan kegiatan-kegiatan seremonial yang menguras tenaga. Untuk target kegiatan kepramukaan di tahun pertama ini lebih banyak ditujukan untuk memberikan kesenangan kepada anak selama mengikuti acarq kepramukaan. Berawal dari rasa senang maka anak-anak akan tertarik untuk mencintai kegiatan-kegiatan di ekstrakurikuler Pramuka.

Kemudian untuk target jangka panjang program kerja pramuka di wilayah Kwaran Mojowarno adalah mengadakan lomba-lomba kepramukaan yang bersifat praktis, mudah dilaksanakan, bersifat mendidik, dan tetap memberikan kegembiraan bagi setiap peserta yang mengikutinya. Pelaksanaan lomba-lomba kepramukaan di direncanakan akan berlangsung mulai tahun 2021 tahun mendatang. Tujuan dari kegiatan ini selain untuk menarik minat peserta didik terhadap kegiatan kepramukaan juga berguna dalam persiapan peserta lomba kepramukaan untuk jenjang yang lebih tinggi, yaitu kabupaten atau kota.

Mungkin terlalu cepat jika kita berharap organisasi kepramukaan di Kwaran Mojowarno akan segera berada pada jalur yang sesuai harapan Kwarcab Jombang. Namun berbekal semangat dan kebersamaan yang diciptakan oleh para pengurus Kwaran gerakan pramuka Mojowarno maka penulis optimis bahwa selama beberapa tahun ke depan kegiatan kepramukaan di wilayah Kecamatan Mojowarno akan berlangsung lebih semarak daripada tahun-tahun kemarin.

Selama tahun 2019 kemarin telah dilaksanakan perkemahan sabtu dan minggu serta Gebyar Sholawat Banjari di lapangan Kecamatan Mojowarno bagi peserta didik dari jenjang sekolah dasar (SD). Sementara itu peserta didik dari madrasah ibtidaiyah belum terangkul dalam kegiatan perkemahan tersebut. Bergabungnya Madrasah Ibtidaiyah dalam organisasi Pramuka Mojowarno diharapkan bisa mengurai benang kusut hubungan yang tidak harmonis antara lembaga pendidikan dibawah Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan.

Saat ini telah bergabung anggota-anggota pengurus kwartir ranting gerakan pramuka Mojowarno yang melibatkan berbagai jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, sekolah menengah pertama, madrasah tsanawiyah, sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, dan madrasah aliyah. Formasi ini menggambarkan setiap lembaga pendidikan terwakili dalam kepengurusan kwartir ranting gerakan pramuka Mojowarno periode 2020 hingga 2023. Selain itu, dengan bergabungnya lembaga pendidikan dari jajaran dinas pendidikan dan kebudayaan serta kementerian agama maka bisa bersatu kembali dalam suatu kegiatan tanpa membedakan latar belakang pendidikannya.

Tindak lanjut dari kegiatan pra raker Kwarran Mojowarno ini adalah akan dilaksanakan pelantikan pengurus dan rapat kerja pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mojowarno. Pelantikan dan rapat kerja Kwarran Mojowarno akan dilaksanakan pekan depan di SMP Negeri 1 Mojowarno. Acara tersebut diharapkan dapat menjadi awal kebangkitan kegiatan kepanduan di Mojowarno setelah lama vakum. Semoga setiap pembina pramuka di Mojowarno dapat berkreasi dan bekerjasama dengan segenap pihak dalam memajukan organisasi Gerakan Pramuka.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Menuju Kebangkitan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mojowarno”

  1. Tidak ada yang mudah untuk mencapai kesuksesan, terutama setelah vakum lama sekali. tetap semangat untuk para pembina di mojowarno. semoga sukses membina hati Adik2 Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *