Narakarya Bulan Keempat Kursus Pembina Pramuka KMD dan KML di SDN Bareng 3

Wajah-wajah ceria para pembina Pramuka memenuhi halaman sekolah dasar di Bareng hari ini. Sabtu, 27 April 2019 merupakan tanggal yang telah disepakati untuk melaksanakan narakarya bulan keempat dari kursus pembina Pramuka tingkat mahir dasar (KMD) dan tingkat mahir lanjutan (KML). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Bareng di SDN Bareng 3. Sekolah dasar negeri yang lokasinya berdekatan dengan Pasar Bareng itu tampak semarak sejak pukul tujuh pagi. Anak-anak dan pembina Pramuka mulai berdatangan memenuhi halaman sekolah dasar.

Narakarya bulan keempat kursus pembina Pramuka tingkat mahir dasar dan mahir lanjutan dibuka dengan penampilan Tari Remo. Tari Remo itu dibawakan oleh anggota pramuka penggalang dari pangkalan SDN Bareng 3. Jenis tari Remo yang dibawakan adalah Tari Remo boletan khas Jombang. Sebanyak lima orang penari cilik bergerak dengan lincah dan gesit mengikuti irama lagu tari yang diputar melalui pengeras suara. Lenggak-lenggok para penari itu sungguh sangat menarik. Mereka mampu memukau sekitar 600 juta pasang mata yang hadir memenuhi halaman sekolah dasar itu.

Kreasi Seni Siswa

Usai menyuguhkan Tari Remo Boletan khas Jombang, para peserta didik anggota pramuka dari SDN Bareng 3 menampilkan yel-yel Pramuka secara berkelompok. Sebanyak 6 orang anggota pramuka penggalang menampilkan yel-yel dengan penuh semangat dan cekatan. Mereka mampu bersuara dengan lantang meskipun tanpa menggunakan pengeras suara. Yel-yel mereka telah dibuat sejak jauh hari saat para peserta mengikuti lomba Pramuka penggalang di Kabupaten Jombang. Mereka pun tampak siap melakukan yel-yel itu meskipun tanpa latihan yang cukup.

Pada pukul 09.30 pagi semua peserta narakarya pembina Pramuka dihadapkan dengan para peserta didik. Para calon Pembina Pramuka itu harus memberikan materi kepada peserta didik sesuai dengan tugas yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana. Saya pun kebagian tugas mengajarkan dasa darma darma kepada 7 orang anggota gerakan pramuka dari SDN Bareng 3. Anak-anak itu tampak malu-malu berkenalan dengan saya. Saya pun mengajak relaksasi kepada mereka dengan mengajak senam otak. Senam otak itu berguna untuk melatih kreativitas sekaligus memberikan penyegaran terhadap suasana pembelajaran yang membosankan. Setelah mengikuti senam otak maka tujuh orang anak itu saya ajak untuk mempelajari dasa darma beserta contoh-contoh perbuatannya.

Persiapan Pengukuhan KMD-KML

Setelah membina, para peserta narakarya masuk ke aula pertemuan. Musyawarah pun dilakukan untuk membahas pengukuhan KMD dan KML. Pengukuhan peserta KMD dan KML akan dilaksanakan di Hotel Bukit Surya. Hotel itu berada di kawasan wisata Pacet, Kabupaten Mojokerto. Pengukuhan akan dilaksanakan pada Juni 2019. Setiap peserta membayar Rp145.000 selambat-lambatnya tanggal 5 Mei 2019 ke Bu Lurah. Mendengar rencana kegiatan pengukuhan tersebut membuat saya cukup senang. Lokasi tempat wisata Pacet terbilang cukup indah dengan tingkat kenyamanan yang sangat baik. Hotel yang akan digunakan tempat pengukuhan berada tak jauh dari obyek wisata Padusan Pacet sehingga para peserta kemungkinan besar bisa berlibur kesana setelah acara usai.

Kak Achmad Sofi'i utk Materi KMD Penggalang 2018
Kak Achmad Sofi’i utk Materi KMD Penggalang 2018

Setiap peserta pengukuhan membawa perlengkapan dua setel seragam pramuka, baju hangat, dan obat-obatan pribadi. Para peserta narakarya kursus pembina Pramuka tingkat Mahir dasar dan tingkat Mahir lanjutan di Kwaran Bareng tahun ini berasal dari berbagai rentang usia. Mereka berasal lulusan baru (fresh graduate) yang berumur 19 tahun hingga 60 tahun. Rentang usia yang cukup jauh ini menyebabkan panitia harus pinter-pinter mengakali berbagai situasi kegiatan supaya acara tetap berlangsung menarik dan aman. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan KMD tahun ini maka Kwaran Bareng akan mengadakan KML pada bulan Oktober 2019 mendatang. Sampai berjumpa di kegiatan pembina pramuka berikutnya.

Bagikan artikel ini melalui:

11 Replies to “Narakarya Bulan Keempat Kursus Pembina Pramuka KMD dan KML di SDN Bareng 3”

  1. Hebat nih anak-anak sudah pada pintar Menari tari Remo.
    mudah-mudahan kedepannya mereka semakin mencintai budaya Nusantara.
    semangat terus untuk kakak-kakak pembina Pramuka.
    Semoga bisa lanjut ke kursus pembina Pramuka tingkat Mahir lanjutan.

  2. Selamat melanjutkan ke kursus pembina Pramuka tingkat Mahir lanjutan.
    Semoga Kakak pembina di Kwartir Pramuka bareng bisa mengikuti kegiatan secara sungguh-sungguh dan membawa manfaat.

  3. Indonesia membutuhkan banyak pembina Pramuka untuk membenahi tingkat disiplin anak-anak dan remaja generasi yang akan datang.
    Terima kasih untuk para pembina Pramuka yang telah membina anak muda Indonesia dengan ikhlas Teguh dan tanpa pamrih.

  4. Terima kasih atas berbagi artikel ini.
    semoga kita semua bisa melanjutkan kursus pembina Pramuka ke tingkat Mahir lanjutan.

  5. Masa-masa paling menyenangkan adalah mengabdi kepada masyarakat dalam bentuk pembinaan remaja. para pembina Pramuka adalah orang-orang hebat yang berjasa membentuk karakter disiplin dan kebangsaan Nusantara.

  6. Pramuka adalah bidang yang sangat menarik dan mengasyikkan untuk ditekuni.
    sayangnya tidak semua guru di sekolah mau menjadi pembina Pramuka.
    alasannya cukup masuk akal yaitu menyita banyak waktu dan hanya sedikit sekali bayaran yang bisa diterima.
    berbeda dengan guru honorer yang memiliki sedikit gaji biasanya tertarik menjadi pembina Pramuka.
    lumayanlah untuk dapat penghasilan tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *