Narakarya Pramuka Bulan Ketiga KMD dan KML Kwaran Bareng di SDN Banjaragung 2 Jombang

Kemarin Sabtu, 30 Maret 2019 telah dilaksanakan kegiatan narakarya kursus pembina pramuka tingkat mahir dasar (KMD) dan kursus pembina pramuka tingkat mahir lanjutan (KM). Kegiatan narakarya ini dilaksanakan oleh kwartir ranting gerakan pramuka Bareng di SDN Banjaragung 2 Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Kegiatan narakarya diikuti oleh 120 orang peserta alumni KMD dan KML Bareng tahun 2018.

Sebanyak 120 orang peserta narakarya KMD dan KML Kwaran Bareng telah memenuhi halaman sekolah dasar di Desa Banjaragung sejak pukul 08.00 WIB. Mereka tampak antusias mengikuti pertemuan ketiga narakarya. Pemandangan unik tersaji di depan mata. Anak-anak kecil tampak berlarian kesana kemari. Mereka memakai celana berumbai yang terbuat dari tali rafia. Sementara wajah mereka tampak loreng oleh coretan body lotion yang dicampur air. Sebuah tongkat berumbai tampak tergenggam di tangan mereka.

Penampilan Kesenian Daerah

Acara narakarya pembina pramuka diawali dengan pertunjukan kesenian oleh peserta didik pramuka siaga dan pramuka penggalang SDN Banjaragung 2. Mereka menampilkan kesenian tradisional Jombang, yaitu dari barongan. Kesenian sejenis kuda lumping ini dibawakan dengan semangat. Penampilan para seniman cilik itu memberikan hiburan tersendiri bagi semua hadirin yang memenuhi halaman sekolah dasar di Kecamatan Bareng itu.

Selanjutnya, sebagian peserta didik pramuka penggalang menunjukkan tarian daerah dari papua dengan lagu yamko rambe yamko dan juga lagu sajojo. Aksi mereka mendapat respons bagus dari para penonton. Setelah itu semua peserta narakarya berkumpul di aula.

Kak Ismu menyampaikan bahwa akan dilaksanakan KML di Kwaran Bareng sebagai tindak lanjut dari keinginan peserta KMD tahun 2018 lalu. Kwaran Bareng menyatakan kesiapannya untuk menggelar KML bagi sedikitnya 50 orang alumni KMD.

Sementara itu Kak Ahmad berujar bahwa pada Juli 2019 nanti akan diadakan kegiatan KML Penegak di kwarcab Jombang dengan biaya setengah. Lalu pada Oktober 2019 akan ada kegiatan KML Penggalang di Kwarcab Jombang secara gratis.

Kak Zainal turut menambahkan bahwa kegiatan keagamaan boleh dimasukkan ke dalam laporan narakarya. Komunikasi dan konsultasi peserta narakarya disarankan lewat grup WhatsApp, bukan japri.

Praktek Membina Pramuka

Pada akhir pertemuan, setiap peserta narakarya bergabung dengan kelompoknya untuk praktek membina siswa. Penulis tergabung dalam regu singa bertugas menyampaikan materi kode kehormatan pramuka. Kegiatan ini sangat seru karena peserta yang dihadapi berasal dari beberapa jenjang kelas.

Peserta didik SDN Banjaragung 2 memiliki beragam kemampuan belajar. Kegiatan latihan pramuka harus tetap mengandung unsur kegembiraan dan bersifat mendidik. Tak terasa, waktu 60 menit berlalu begitu saja. Kegiatan narakarya bulan ini pun berakhir menjelang pukul 12.00 WIB. Setiap peserta membubarkan diri dengan rapi.

Bagikan artikel ini melalui:

5 Replies to “Narakarya Pramuka Bulan Ketiga KMD dan KML Kwaran Bareng di SDN Banjaragung 2 Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *