Pengukuhan Pembina Pramuka Hasil KMD dan KML Kwaran Bareng 2018

Pengukuhan Pembina Pramuka Hasil KMD dan KML Kwaran Bareng 2018
Pengukuhan Pembina Pramuka Hasil KMD dan KML Kwaran Bareng 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bukit Surya Pacet Mojokerto pada 25-26 Juni 2019.

Kegiatan pengukuhan pembina Pramuka Kwaran Bareng dilaksanakan selama dua hari, yaitu Selasa, 25 Juni 2019 dan Rabu, 26 Juni 2019. Hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan pengukuhan pembina Pramuka. Para pembina Pramuka ini merupakan hasil dari kegiatan Kursus pembina Pramuka tingkat Mahir Dasar (KMD) dan Kursus pembina Pramuka tingkat Mahir Lanjutan (KML) Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Bareng tahun 2018 lalu.

KMD dan KML Kwaran Bareng telah dilaksanakan selama sepekan di SMP Negeri Bareng pada akhir Desember 2018 lalu. Setiap peserta KMD dan KML wajib mengikuti kegiatan narakarya selama enam bulan. Kegiatan narakarya dimulai dari bulan Desember 2018 hingga bulan Juni 2019. Pada bulan Juni ini merupakan narakarya terakhir bagi peserta KMD dan KML Kwaran Bareng tahun 2018.

Narakarya terakhir dilaksanakan bersamaan dengan pengukuhan pembina Pramuka dan pembantu pembina Pramuka. Kegiatan pengukuhan dilaksanakan di Hotel Bukit Surya Pacet, Kabupaten Mojokerto. Lokasi Hotel Bukit Surya tidak jauh dari obyek wisata pemandian air panas Pacet. Oleh karena itu setiap peserta terlihat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Mereka memiliki tujuan ganda. Selain mengikuti pengukuhan, mereka juga berencana untuk traveling bersama teman-teman sesama pembina Pramuka.

Kegiatan Hari Pertama

Hari pertama kegiatan pengukuhan pembina Pramuka dilaksanakan pada Selasa, 25 Juni 2019 kemarin. Setiap peserta datang dari berbagai kota di Jawa Timur sejak pukul 10.00 WIB. Sebanyak 194 orang peserta pengukuhan pembina Pramuka datang di lobby Hotel Bukit Surya sejak pagi. Mereka berasal dari Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, dan beberapa kota lain di Jawa Timur. Setiap peserta tampak melepas kangen dengan peserta lain setelah sebulan lamanya mereka tidak saling bertatap muka.

Acara pengukuhan pembina Pramuka dibuka dengan upacara pembukaan pengukuhan. Setiap peserta berkumpul di aula Hotel Bukit Surya dan mengikuti acara hingga usai. Pembukaan pengukuhan pembina Pramuka dilakukan oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jombang. Beliau menyempatkan diri untuk hadir di Pacet dan bergabung dengan para peserta pengukuhan. Para alumni KMD dan KML Kwaran Bareng 2018 menyambut dengan hormat.

Setelah melaksanakan acara pembukaan pengukuhan pembina Pramuka, maka setiap pembina Pramuka diberikan kesempatan untuk berkonsultasi dengan pelatih konsultan mereka masing-masing. Inilah kesempatan bagi setiap peserta narakarya untuk bertukar pikiran mengenai berbagai permasalahan yang mereka temui selama membina Pramuka di gugus depan masing-masing.

Kegiatan konsultasi pembina pramuka dengan pelatih konsultan berakhir pada pukul 22.00 WIB. Setelah itu setiap peserta diberikan ijazah KMD atau KML dan Sertifikat Hak Bina (SHB). Para peserta pengukuhan kemudian meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Tak lama kemudian panitia mengumpulkan kembali para peserta pengukuhan pembina. Mereka bersiap untuk melakukan penjelajahan alam di malam hari.

Kegiatan Hari Kedua

Prosesi pengukuhan pembina Pramuka dimulai dengan berjalan kaki dari halaman Hotel Bukit Surya menuju ke makam Mbah Pangkat. Makam Mbah Pangkat berada di salah satu puncak Gunung Arjuno. Lokasi pengukuhan ditempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit. Dinginnya udara malam hari di puncak Gunung Arjuno tidak menyurutkan langkah setiap peserta untuk melanjutkan perjalanan hingga ke tempat tujuan. Para peserta bercanda dan berkelakar dengan sesama peserta untuk menghilangkan rasa lelah sepanjang perjalanan mendaki ke puncak Gunung Arjuno.

Makam Mbah pangkat adalah salah satu satu lokasi wisata religi yang disakralkan oleh masyarakat setempat. Panitia pelaksana pengukuhan pembina Pramuka sengaja memilih tempat tersebut karena memiliki lapangan yang luas dan mampu menampung seluruh peserta kegiatan. Lampu listrik dan semua jenis penerangan dimatikan menjelang dilaksanakannya upacara pengukuhan pembina Pramuka. Setiap peserta mengikuti kegiatan dengan khidmat dan tenang.

Angin malam bertiup dengan kencang sepanjang acara pengukuhan berlangsung. Setiap peserta dilarang memakai jaket dan alat pelindung tubuh lainnya. Mereka hanya diperbolehkan memakai seragam Pramuka lengkap. Inilah salah satu momen paling sakral dan akan selalu diingat oleh para peserta pengukuhan pembina Pramuka. Acara pengukuhan pembina pramuka dan pembantu pembina pramuka berlangsung mulai pukul 00.30 WIB sampai dengan pukul 01.30 WIB. Ketua Pusdiklatcab Jombang dan para pelatih pramuka yang hadir memberi selamat kepada semua peserta pengukuhan.

Liburan di Wisata Pacet

Setelah mengikuti upacara pengukuhan pembina Pramuka, semua peserta berhamburan meninggalkan lokasi kegiatan. Mereka tak sabar untuk kembali ke kamar hotel masing-masing. Perjalanan menuruni jalan beraspal menuju hotel berlangsung lebih cepat daripada kegiatan mendaki di awal. Para peserta pengukuhan pembina Pramuka segera beristirahat pada pukul 02.00 WIB dini hari di kamar masing-masing kamar masing-masing di kamar masing-masing kamar masing-masing.

Pelaksanaan kegiatan pagi pada hari kedua diawali dengan olahraga senam bersama. Telah hadir seorang instruktur senam di lokasi kegiatan. Kegiatan hari kedua berlangsung pada Rabu, 26 Juni 2019. Kegiatan senam dilakukan di halaman Hotel Bukit Surya. Para peserta mengikuti instruksi senam dengan riang gembira. Mereka seolah ingin melepaskan segala rasa lelah setelah tadi malam mengikuti penjelajahan alam dengan berbalut udara dingin. Kegiatan senam berakhir pada pukul tujuh pagi.

Setiap peserta melanjutkan dengan kegiatan santai. Sebagian peserta meluangkan waktu mereka dengan liburan mengunjungi obyek wisata di sekitar Pacet. Beberapa tempat wisata di Pacet yang mereka kunjungi antara lain Pemandian Banyu Panas Pacet, Air terjun Cuban Canggu, Air Terjun Grenjengan, Taman Kelinci Watudakon, dan Taman Ubalan. Jalan-jalan menyusuri sejumlah tempat wisata di Pacet sangat menyenangkan. Para peserta berangsur-angsur meninggalkan lokasi kegiatan dan kembali ke rumah masing-masing pada pukul 11.00 WIB. Selamat membina!

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “Pengukuhan Pembina Pramuka Hasil KMD dan KML Kwaran Bareng 2018”

  1. Salam pramuka! selamat membina untuk kakak-kakak pembina di bareng. semoga adek adek bisa tumbuh menjadi generasi masa depan yang tangguh dan mandiri serta berkepribadian mulia.

  2. Selamat membina generasi muda Indonesia. semoga para pembina Pramuka selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *