Perkemahan Menjelang Puasa Gerakan Pramuka Penggalang SDN Latsari Mojowarno Jombang

Fun Games Gerakan Pramuka Siaga – Lomba Rally Karet Gelang

Selasa, 30 April 2019 merupakan hari yang menyenangkan bagi 48 orang siswa-siswi anggota gerakan pramuka SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Hari ini telah dilaksanakan perkemahan menjelang puasa. Perkemahan ini dilakukan dengan tujuan untuk membekali setiap anggota pramuka penggalang dengan berbagai materi menyambut datangnya bulan suci Romadhon. Persiapan perkemahan telah dilakukan sejak siang hari. Murid-murid mendirikan tenda sesuai dengan regunya masing-masing. Terdapat empat regu yang mengikuti kegiatan ini. Masing-masing terdiri dari dua regu putra dan dua regu putri.

Tepat pukul empat sore, para peserta telah berkumpul di halaman sekolah dan bersiap mengikuti upacara pembukaan latihan pramuka. Penulis tampil sebagai pembina kegiatan ini. Acara perkemahan menyambut puasa memberikan kebahagiaan bagi anak-anak peserta kegiatan. Sebagian besar di antara mereka baru pertama kali mengikuti perkemahan. Mereka tampak antusias mendirikan tenda dan menyiapkan berbagai peralatan pribadi untuk menginap di sekolah. Sebagian besar di antara mereka baru pertama kali mengikuti perkemahan sehingga mereka tampak penasaran dengan berbagai rutinitas di lapangan perkemahan.

Usai mengikuti upacara pembukaan latihan pramuka, para peserta kegiatan perkemahan mengikuti materi tali temali cara membuat Kaki Tiga dengan menggunakan 3 buah tongkat. Para peserta belajar membuat Kaki Tiga dari tongkat dan tali dengan berbagai tujuan. Diantara tujuan pembuatan kaki tiga adalah untuk merebus air dan untuk mendirikan Tiang Bendera. Keterampilan tali-temali merupakan pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap anggota pramuka penggalang. Keterampilan ini bisa dipelajari secara mandiri oleh para siswa.

Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018

Antusias Pramuka Penggalang

Usai mengikuti tali-temali, para siswa bersiap melaksanakan salat Maghrib secara berjamaah di mushola yang berada di sekitar lokasi sekolah. Tepat ketika salam salat Maghrib Maghrib, hujan turun dengan deras sehingga para peserta berlarian menuju tenda masing-masing. Mereka mengemasi pakaian dan alat-alat perlengkapan pribadi lainnya yang mereka bawa dari rumah. Mereka pun segera menyiapkan alas tikar mereka di ruang kelas. Mereka bersiap makan malam dengan teman-teman satu regu. Inilah momen yang menyenangkan untuk anak-anak.

Acara perkemahan dilanjutkan di dalam kelas dengan materi pengetahuan ibadah di bulan Romadhon. Para siswa telah memahami sebagian besar isi materi karena telah diajarkan di dalam kurikulum mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mata pelajaran muatan lokal keagamaan Islam. Materi persiapan ibadah puasa di bulan Ramadan meliputi pengetahuan syarat-syarat puasa dan hal-hal yang membatalkan puasa. Para peserta juga diberikan materi amalan wajib dan amalan sunnah yang dapat dilakukan oleh setiap muslim di bulan Romadhon.

Usai mengikuti materi, para siswa menampilkan penampilan seni setiap regu pramuka penggalang. Masing-masing regu menampilkan kreatifitas mereka dalam membuat penampilan seni secara spontan. Mereka tampak sangat antusias mengikuti acara. Pentas seni diakhiri pukul sembilan malam saat hujan turun dengan deras. Para peserta pun segera bersiap untuk beristirahat karena mereka harus bangun pagi-pagi untuk mengikuti sholat malam dan sholat jamaah subuh. Semoga kegiatan esok hari dapat berlangsung dengan lancar dan tertib.

Bagikan artikel ini melalui:

10 Replies to “Perkemahan Menjelang Puasa Gerakan Pramuka Penggalang SDN Latsari Mojowarno Jombang”

  1. Acara yang sangat bagus sekali kak. kegiatan seperti ini seharusnya bisa dicontoh oleh Pramuka di pangkalan sekolah-sekolah yang lain.

  2. Masa kanak-kanak memang masa petualangan yang sangat menyenangkan.
    mereka membutuhkan lebih banyak kegiatan belajar di luar ruangan agar berinteraksi dengan alam dan lingkungan sekitarnya.

  3. Aku juga suka berkemah karena bisa membuat hidupku lebih berwarna, banyak pengalaman dan banyak teman baru. Salam kenal kak Agus.

  4. Camping di sekolah tidak jadi masalah dan tidak lebih buruk daripada kemping di bumi perkemahan di daerah pegunungan yang sebenarnya. Pembina Pramuka harus kreatif membuat acara acara yang menarik untuk peserta dan berguna untuk hidup mereka. Tetap semangat selalu untuk pembina Pramuka Penggalang.

  5. Setuju sekali kak. Pramuka itu bisa masuk dalam berbagai aspek kehidupan. Pramuka juga dilengkapi dengan keterampilan-keterampilan yang bisa diterapkan dalam banyak bidang pekerjaan.
    Semoga dengan membekali mereka berbagai kemampuan itu kelak para anggota pramuka penggalang bisa menjadi manusia yang unggul dan bertakwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *