4 Persiapan Sebelum Berpidato dan Berbicara di Depan Umum

Sholawat Seribu Rebana dan Musik Patrol di Hari Lahir UNHASY Tebuireng ke-49
Sholawat Seribu Rebana dan Musik Patrol di Hari Lahir UNHASY Tebuireng ke-49

Apakah saat ini Anda sedang bersiap untuk berpidato di depan umum? Jika jawaban Anda YA maka Anda perlu bersiap diri. Berbicara di depan umum, baik sebagai pembawa acara, pemateri seminar, penceramah, mengajar murid, maupun aktifitas public speaking lainnya pasti akan dialami oleh setiap manusia. Sayangnya, banyak diantara kerabat dan kawan Anda, bahkan mungkin Anda sendiri, yang mengaku tidak percaya diri berbicara di depan umum. Misalnya, merasa grogi, takut salah, khawatir lupa teks, dan lain-lain.

Daripada Anda sibuk memikirkan kekurangan diri sendiri, lebih baik Anda mempersiapkan diri sejak sekarang. Ada banyak faktor yang turut mempengaruhi kesesuksesan Anda saat tampil berbicara di depan umum. Namun setidaknya Anda harus mempersiapkan empat hal berikut sebelum tampil berpidato di depan umum. Apa saja tips public speaking yang perlu dikuasai? Ini dia…

1. Lakukan latihan berbicara

Latihan berbicara di depan cermin adalah cara sederhana dan klasik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Anda. Tidak perlu ditertawakan. Cara ini memang masih ampuh diterapkan bagi Anda yang baru pertama kali berpidato di depan publik. Saat Anda mampu berlatih berpidato di depan cermin, Anda akan memahami bahasa tubuh yang tepat untuk digunakan dalam berbicara. Bukan hanya itu, busana yang akan Anda pakai pun akan dapat Anda coba untuk dipakai dalam sesi latihan ini.

2. Pelajari sarana yang tersedia

Tidak semua panitia acara memahami peralatan berbicara yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda mungkin akan membutuhkan mikrofon khusus yang disetel sesuai dengan jenis suara Anda. Kebutuhan pengeras suara adalah hal vital yang perlu siapkan sejak awal. Sarana lain yang perlu Anda periksa adalah ketersediaan infocus dan papan proyektor yang mampu memvisualisasikan pemikiran Anda ke dalam sebuah gambar. Anda pun mungkin perlu sedikit alat peraga jika itu diperlukan dalam kesuksesan presentasi Anda.

3. Teliti gangguan yang mungkin timbul

Selalu antisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi selama Anda berbicara, berpidato maupun presentasi di depan umum. Listrik padam, hujan deras, tangisan anak kecil, dan interupsi audiens adalah beberapa hal yang dapat terjadi dan mengganggu aktifitas public speaking Anda. Selalu siapkan rencana A dan B untuk setiap kali Anda tampil di depan publik. Mungkin Anda gagal di rencana A, tapi pastikan rencana B dapat mengurangi resiko kegagalan Anda berbicara di depan umum.

4. Pelajari tata letak tempat duduk

Posisi duduk audiens mempengaruhi tingkat pencapaian informasi yang Anda sampaikan selama Anda berbicara dan berpidato di depan umum. Pada umumnya, audiens yang duduk di barisan paling dekat dengan posisi Anda mampu menangkap maksud ucapan Anda lebih baik daripada audiens yang berada lebih jauh. Artinya, Anda harus memperhatikan dinamisasi gerak saat melakukan presentasi. Jika dimungkinkan, Anda dapat berjalan mendekati audiens yang berada di posisi belakang barisan kursi.

Semoga tips public speaking dalam rangka mempersiapkan diri berbicara dan berpidato di depan publik ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mempraktekkan.

One Reply to “4 Persiapan Sebelum Berpidato dan Berbicara di Depan Umum”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *