Contoh Teks Narasi MC Acara Jalan Sehat dan Pawai Ta’aruf Wisuda Santri TPQ

Sholawat Seribu Rebana dan Musik Patrol di Hari Lahir UNHASY Tebuireng ke-49
Sholawat Seribu Rebana dan Musik Patrol di Hari Lahir UNHASY Tebuireng ke-49

Apa kabar kawan blogger Jombang? The Jombang Taste hadir membagikan tips public speaking untuk acara jalan sehat dan pawai ta’aruf wisuda santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ). Artikel contoh teks narasi menjadi pembawa acara jalan sehat dan pawai ta’aruf wisuda santri ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Konsep acaranya dibuat seperti jalan santai. Peserta jalan santai terdiri dari beragam usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Ceritanya nih, saya ingin mengkader remaja di desa tempat tinggal saya untuk berlatih menjadi MC yang handal dan berpengalaman. Sepertinya masyarakat desa sini sudah bosan lihat saya di atas panggung. Agus lagi, Agus lagi. Makanya saya agak memaksa remaja masjid Baitussalam untuk berani tampil di atas panggung. Kapan lagi mereka mau maju kalau tidak sekarang. Maka tugas saya adalah mengawasi kerja mereka di belakang panggung. Kalau ada yang tidak jelas, mereka segera bertanya kepada saya.

Nah, syaratnya agar mereka bisa menjadi mc jalan santai kali ini adalah mereka minta dibuatkan teks MC pawai ta’aruf. Biasanya sih saya ngemsi jalan sehat tidak pakai teks. Asal bicara saja apapun kata-kata yang mengalir di pikiran saya. Namun kali ini kasusnya beda. Sebagai MC pemula, mereka butuh mentor. Jadi deh saya nulis narasi teks jalan sehat ini. Butuh waktu lima belas menit bagi saya untuk merancang teks ngemsi ini. Teks mc jalan santai ini saya buat sesederhana mungkin mengingat level mereka baru pemula.

Contoh teks pembawa acara jalan sehat dan pawai ta’aruf ini saya bagi menjadi tiga segmen, yaitu pra acara, acara inti, dan acara pengundian kupon jalan sehat. Masing-masing segmen butuh tips berbicara yang berbeda. Khusus untuk acara inti, pembicaraan agak resmi karena menyangkut pejabat daerah. Selebihnya, saya memilih gaya bahasa santai yang mengalir. Saya mengajarkan kepada mereka agar mengatur kecepatan berbicara dan mempertegas artikulasi kata-kata yang diucapakan. Sisanya, mereka sudah pandai berimprovisasi di atas panggung.

Ini dia contoh teks pembawa acara jalan santai dan pawai ta’aruf dalam rangka wisuda santri TPQ. Selamat mempraktekkan! Semoga bermanfaat.

*****

PRA ACARA

Assalamu alaikum wr. wb.

Selamat datang Bapak/Ibu warga Dusun Guwo…

Selamat datang para santri TPQ Al-Mujahiddin, TPQ Baitur Rohim dan TPQ Baitur Rohman…

Selamat datang di acara Pawai Ta’aruf Wisuda Santri TPQ Tahun 2017!

Hari ini menjadi waktu yang berbahagia sekaligus bersejarah…

Karena untuk pertama kalinya akan terlaksana wisuda santri Taman Pendidikan Al-Quran Dusun Guwo.

Pada siang hari ini kita semua telah berkumpul di halaman Masjid Baitussalam dalam acara Pawai Ta’aruf Wisuda Santri TPQ tahun 2017.

Pawai ta’aruf ini dimeriahkan oleh Grup Drum Band dari SDN Latsari. Kita saksikan bersama barisan para pemain musik dan pembawa bendera dari siswa-siswi SDN Latsari. Dengan pakaian berwarna-warni nan cerah melambangkan kegembiraan dan semangat dalam belajar.

Selain itu, pawai ta’aruf ini juga dimeriahkan oleh seniman-seniman daerah Jombang yang tergabung dalam kelompok patrol modern Jombangan. Telah hadir bersama kita Grup Patrol PSPG dari Guwo, Grup Patrol Dewa Krisna dari Guwo, dan juga Grup Patrol Wali Songo dari Kempreng.

Indahnya ragam budaya Jombang yang tercermin dalam seni dan budaya Jombangan merupakan anugerah Allah yang wajib kita syukuri dan kita lestarikan.

Sekali lagi… kami sampaikan selamat datang kepada para pengisi acara dan masyarakat Dusun Guwo yang hari ini terlihat berbahagia dalam Pawai Ta’aruf Wisuda Santri TPQ tahun 2017.

Wisuda tahun ini merupakan angkatan pertama. Para calon wisudawan telah mengikuti proses pendidikan dan serangkaian ujian agar mampu mencapai level wisuda. Wisuda TPQ tahun 2017 terdiri dari wisuda Paket Dasar dan Wisuda Paket Marhalah. Sebanyak 53 santri telah mengikuti serangkaian proses ujian agar bisa mendapat gelar wisudawan.

Malam hari nanti akan dilaksanakan khotmil Quran, tahlil, prosesi wisuda, dan pengajian umum bersama Jamiyah Sholawat Diba’ Kubro Kecamatan Mojowarno. Selamat datang di acara Pawai Ta’aruf Wisuda Santri TPQ Dusun Guwo Tahun 2017. Selamat menikmati kebersamaan masyarakat Dusun Guwo dalam mendukung pendidikan anak-anak Islami.

ACARA PEMBERANGKATAN BARISAN

Bapak/Ibu hadirin yang berbahagia…

Hari ini merupakan kesempatan yang berbahagia bagi kita semua karena Dusun Guwo akan mencetak sejarah. Untuk pertama kalinya anak-anak Dusun Guwo mengikuti Wisuda Santri.

Telah hadir bersama kita Kepala Desa Latsari, Bapak Muslikan…

Sesaat lagi kita akan ikuti seremonial pemberangkatan peserta Pawai Ta’aruf Wisuda Santri TPQ Dusun Guwo Tahun 2017. Mohon Bapak Kepala Desa Latsari berkenan membuka secara resmi acara Pawai Ta’aruf tahun 2017 ini.

(jeda)

Dengan dikibarkannya bendera, maka acara Pawai Ta’aruf secara resmi telah dimulai. Selamat jalan Grup Drum Band SDN Latsari dan selamat berkreasi.

Berikutnya, secara berturut-turut barisan Pawai Ta’aruf akan diisi oleh Pawai Wisudawan dan wisudawati TPA Dusun Guwo tahun 2017.

Di belakang barisan tersebut akan dilanjutkan oleh sejumlah grup patrol yang akan mengiringi acara Pawai Ta’aruf siang hari ini. Selamat jalan dan selamat berkreasi.

ACARA PEMBAGIAN DOORPRIZE

Selamat datang kembali di halaman masjid Baitussalam dalam acara Pawai Ta’aruf Wisuda Santri TPQ Dusun Guwo tahun 2017.

Selamat datang kembali grup drum band SDN Latsari…

Selamat datang kembali grup patrol modern PSPG, Dewa Krisna dan Wali Songo….

Selamat datang kembali seluruh masyarakat Guwo yang hari ini telah mengikuti pawai ta’aruf dalam rangka Wisuda Santri TPQ Dusun Guwo tahun 2017.

Bagaimana rasanya sudah mengikuti acara Pawai?

Teman-teman senang bisa ikut pawai hari ini?

Bapak-bapak dan ibu-ibu juga senang bisa ikut jalan kaki bersama anak-anak?

Untuk menambah kegembiraan para hadirin semua, panitia telah menyiapkan kupon berhadiah yang telah dibagikan selama Anda semua mengikuti jalan sehat tadi.

Silakan mengumpulkan kupon kepada panitia yang berada di atas panggung agar kita bisa segera melaksanakan undian. Sekali lagi, bagi Bapak/Ibu yang masing belum menyobek kupon atau belum mengumpulkan kupon, silakan mengumpulkan kupon pawai ta’aruf ke panitia di atas panggung.

Sambil menunggu pengumpulan kupon, kami umumkan juga bahwa setelah acara pengundian kupon ini akan dilaksanakan khotmil Quran, tahlil kubro, prosesi wisuda, dan pengajian umum bersama jamaah sholawat diba’ Kecamatan Mojowarno.

Jangan lewatkan kesempatan mulia untuk berdoa bersama dalam acara tahlil dan istighotsah setelah sholat jamaahn maghrib. Kemudian dilanjutkan prosesi wisuda setelah sholat isya’.

Baik… karena kupon telah terkumpul, kita mulai pengundian kupon pawai ta’aruf. Kita ambil 10 kupon pertama dengan minta bantuan adik-adik di sebelah kiri panggung. Dimohon dengan hormat kepada Kepala Desa Latsari, Bapak Muslikan untuk berkenan naik ke atas panggung dan memberikan hadiah kepada 10 peserta pawai ta’aruf yang beruntung.

Bagi Bapak/Ibu yang memiliki kupon dengan nomor berikut silakan naik ke atas panggung. Inilah 10 nomor yang beruntung. ….

    ( jeda )

Selanjutnya, kita akan mengundi lagi 10 nomor kedua yang hari ini beruntung. Kita ambil 10 kupon kedua dengan bantuan dari adik-adik di sebelah kanan panggung. Dimohon dengan hormat Sekretaris Desa Latsari, Bapak Muhammad Sodiq untuk berkenan naik ke atas panggung dan memberikan hadiah kepada 10 peserta pawai ta’aruf yang beruntung.

Bagi Bapak/Ibu yang memiliki kupon dengan nomor berikut silakan naik ke atas panggung. Inilah 10 nomor kelompok kedua yang beruntung. ….

  ( jeda )

Berikutnya, kita akan mengundi lagi 10 nomor ketiga yang hari ini beruntung. Kita ambil 10 kupon ketiga dengan bantuan dari adik-adik di depan panggung. Dimohon dengan hormat Kepala Dusun Guwo, Bapak Erista Budi untuk berkenan naik ke atas panggung dan memberikan hadiah kepada 10 peserta pawai ta’aruf yang beruntung.

Bagi Bapak/Ibu yang memiliki kupon dengan nomor berikut silakan naik ke atas panggung. Inilah 10 nomor kelompok ketiga yang beruntung. ….

Selamat kepada para peserta yang beruntung. Kami sampaikan terima kasih atas kehadiran dan dukungan Bapak/Ibu masyarakat Dusun Guwo. Jangan lewatkan acara tahlil kubro, prosesi wisuda dan pengajian umum setelah acara pawai ta’aruf ini selesai.

Kami mewakili panitia mohon maaf bila ada kekurangan.

Wassalamu alaikum wr. wb.

9 Replies to “Contoh Teks Narasi MC Acara Jalan Sehat dan Pawai Ta’aruf Wisuda Santri TPQ”

  1. Artikel yang bagus untuk para pembawa acara. Berbicara face to face memang mudah. Tapi kalau sudah ngomong di atas panggung menjadi tantangan yang tidak mudah.

    1. Hal yang tidak mudah karena tidak terbiasa melalui latihan. Semakin tinggi jam terbang, makin mampu menguasai panggung.

  2. Kalau sekedar ngobrol di atas panggung sih gampang. Yang tidak mudah adalah mengendalikan peserta jalan sehat yang seabrek jumlahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *