Asap Rokok Tahlilan Bisa Mengundang Kehadiran Malaikat?

Vape Liquid Rokok Elektrik - Gambar diambil dari www.pinterest.com
Vape Liquid Rokok Elektrik adalah salah satu bentuk rokok kekinian yang disukai anak-anak, remaja hingga dewasa. – Gambar diambil dari www.pinterest.com

Sepertinya sudah menjadi tradisi masyarakat Jawa untuk menempatkan rokok sebagai salah satu menu wajib  dalam sebuah hajatan. Acara-acara hajatan penting seperti melekan kelahiran bayi, sunatan, pernikahan, hingga kematian tak pernah lepas dari sajian rokok di meja tamu. Acara yasin dan tahlil rutin pun telah mensyaratkan adanya rokok. Aturan ini tidak tertulis, tapi dianggap sebagai kesepakatan bersama.

Entah siapa yang memulai, kebiasaan menghidangkan rokok kepada tamu pria telah berlangsung secara turun-temurun. Bahkan jika tidak ada sajian rokok dalam sebuah hajatan, maka dianggap tidak sopan. Kiranya masyarakat Jawa memuliakan tamunya dengan cara memberi suguhan rokok. Rokok adalah bentuk kehormatan yang memiliki tingkatan. Semakin mahal harga rokok yang dihidangkan, semakin bagus prestise keluarga tersebut di mata para tamu undangan dan masyarakat sekitar.

Saya coba mencari literatur adanya praktek merokok dalam sejarah kebudayaan Islam. Ternyata Nabi Muhammad tidak dijumpai pernah merokok. Begitu juga dengan para ulama yang tergabung dalam Wali Songo tidak ada catatan mereka merokok. Akhirnya saya menuntaskan rasa ingin tahu dengan bertanya pada salah satu tokoh tua di desa tempat tinggal, sebut saja namanya Mbah Yan. Beliau menceritakan bahwa merokok adalah peninggalan adat penjajah Belanda. Bersama dengan minuman keras, candu dan musik barat, rokok dibawa oleh orang Barat ke bumi Nusantara.

Saya lantas bertanya kepada salah satu anggota yasinan apakah dengan asap rokok yang mengebul di udara bisa mengundang kehadiran malaikatur rohman? Beliau cuma tersenyum simpul tanda ia tidak mampu menjawab. Saya pun tidak mendesak beliau untuk terus memberi jawaban. Sudah jelas kalau mereka kalah omong.

Bahaya rokok sudah sangat kritis. Bukan hanya perokok aktif yang berpeluang terkena penyakit jantung dan paru-paru. Bahkan perokok pasif pun bisa terkena. Fakta yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah bentuk rokok makin menarik, inovatif dan sulit dikenali. Rokok elektrik merupakan salah satu mainan baru kids jaman now supaya ia bisa disebut kekinian. Semoga artikel ini bisa menyelamatkan anak-anak kita dari bahaya merokok.

Bagikan artikel ini melalui:

7 Replies to “Asap Rokok Tahlilan Bisa Mengundang Kehadiran Malaikat?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *