Menyalahkan Orang Lain Tidak Akan Memotivasi Anda

Choose your chair
Choose your chair! Tidak mungkin engkau menduduki dua kursi sekaligus.

Apa yang Anda terima hari ini adalah hasil usaha Anda di belakang hari. Setuju atau tidak setuju itu adalah sebuah fakta. Anda tidak perlu menyalahkan orang lain dengan berdalih Anda sudah berusaha maksimal namun hasilnya biasa-biasa saja. Anda juga tidak perlu mencari-cari alasan orang lain lebih hebat, lebih kuat dan mendapatkan kesempatan lebih banyak daripada Anda.

Stop menyalahkan orang lain! Masa depan Anda sepenuhnya ditentukan oleh kerja keras Anda dan besarnya pengorbanan yang dapat Anda berikan untuk ditukar dengan segenggam kesuksesan setiap hari. Sedikit pengorbanan yang telah Anda keluarkan memiliki makna yang lebih baik daripada ribuan sanjungan dan makian yang Anda hantarkan kepada orang lain. Tidak ada gunanya membuat pencitraan baik sementara Anda berperilaku sebaliknya.

Dalih yang dibuat-buat dengan mengesankan orang lain telah menghalangi kesuksesan Anda hanyalah bualan yang akan menjadi kenyataan. Ingat, ucapan Anda adalah doa yang Anda panjatkan kepada-Nya. Dengan mengakui bahwa orang lain menghadirkan permasalahan baru dalam hidup Anda, serta-merta Anda telah menulis sebuah label kegagalan untuk masa depan Anda. Mengapa? Karena untuk seterusnya langkah Anda akan didikte orang perasaan tersebut.

Berdamailah dengan hati Anda, apapun kondisi Anda saat ini. Selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian. Memaafkan dan meminta maaf tidak akan menghasilkan kehinaan. Kesediaan melakukan introspeksi diri mampu menghasilkan motivasi diri yang lebih baik karena Anda dapat memahami segala kelebihan dan kekurangan diri. Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi bagi Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Menyalahkan Orang Lain Tidak Akan Memotivasi Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *