Andi Sakab: Konsep Blogging di Tahun Baru

Tahun 2010 segera berlalu dan berganti 2011. Beberapa kawan blogger bersiap menyambut tahun baru dengan sejumlah perencanaan. Ada yang mau pindah ngeblog dari domain gratisan ke domain berbayar. Ada juga yang ingin mengubah topik blog. Asal jangan berniat pensiun ngeblog saja ya. Karena makin hari ketergantungan orang pada teknologi informasi makin tinggi. Peluang berkibar di jagad internet makin terbuka lebar.

Nah, salah satu kawan blogger yang mencuri perhatian saya adalah Andi Sakab. Keberadaannya mewakili satu di antara sekian banyak blogger pemula yang berusaha aktif ngeblog di tengah dominasi situs jejaring sosial. Lebih khusus lagi, blogger yang sedang meraba-raba arah jalan blogging ke depan.Β Masalahnya sebenarnya sangat normal dan umum. Yaitu pindah ngeblog ke self hosting dan memilih topik blog.

Domain dot com dan Keseriusan Ngeblog

Banyak blogger berpikiran idealis keberadaannya ‘tertimbun’ serbuan blogger pemula karena masih ngeblog di domain gratisan. Misalnya, blogspot dan wordpress.com Memang sih, gaya ngeblog tidak akan berpengaruh hanya karena punya domain namaanda.com Namun secara umum orang akan memiliki nilai branding yang lebih baik kalau berani berkorban beli domain dan sewa hosting.

Mengapa harus dot com? Karena ekstention itu mudah diingat orang. Mengapa harus pakai hosting berbayar? Ya biar ngeblognya serius. Kalau gratisan orang cenderung mengentengkan dan berpikiran ‘ah, kan masih ada gratisan yang lain’. Beda halnya kalau ngeblog harus keluar duit. Anda akan berpikir dua kali kalau mau menelantarkan blog pribadi. Kecuali kalau sudah tajir sejak lahir, mungkin lain lagi ceritanya.

Topik Pilihan dan Kelancaran Menulis

Ini juga seringkali dihadapi banyak blogger pemula, bukan hanya Andi Sakab saja. Yaitu memilih topik ngeblog. Sepertinya sudah sering saya bahas dalam artikel blog ini. Para newbie sering kebingungan mau nulis artikel jenis apa. Mau jadi master di satu bidang kok kedengaran muluk-muluk. Mau nulis artikel curhat juga risih dan berpeluang dibantai massal. Serba salah jadinya. Solusinya gimana?

Waktu pertama kali ngeblog saya memilih topik umum. Apapun yang terlintas dalam pikiran saya, itu yang saya tulis. Nggak peduli topik berat seperti peta perpolitikan dunia, ataupun artikel ecek-ecek seputar artis yang tersangkut masalah perselingkuhan. Sejalan dengan perkembangan berpikir, nanti akan ketemu dengan sendirinya hal-hal yang menarik minat dan dirasa mampu untuk berbagi.

Bagi saya blogging adalah bagian proses menentukan masa depan. Ia mengajari bagaimana merencanakan target dan bertanggungjawab terhadap pilihan. Asal tidak gampang menyerah dan aktif menggali ide, saya yakin blogging bisa menjadika Anda seseorang yang memiliki value di mata orang lain.

Bagaimana dengan planning ngeblog Anda di tahun baru nanti? Sudah pindah ke domain berbayar atau malah mau nambah domain lagi?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

47 thoughts on “Andi Sakab: Konsep Blogging di Tahun Baru”

  1. inginnya begitu mas agus. pengen beli domain dan hosting sendiri. Tapi saya belum punya uang utk membelinya. Mau minta ke orang tua, nggak enak mas. huhu >,<

    1. Saya rasa terlalu berlebihan jika kita mengatakan tidak punya uang untuk beli domain dan hosting mengingat harganya yang kian hari kian murah. Saya saja beli domain dan hosting untuk setahun 1500000… Berarti untuk sebulan ngga sampe dua puluh ribu kan? Apa bro ngga punya uang 20 rb untuk sewa hosting bulanan?
      Tinggal bagaimana kita pintar-pintar mengatur keuangan kita

  2. Kalau aku domain ga masalah tapi isinya, danang probo sayekti hanya menulis di blogspot, tapi dia adalah develover dan di akui oleh komunitas drupal di dunia.
    Salut sama anak bangsa seperti beliau oia kang rohman juga

    1. setuju dengan mas hendro,

      tidak sedikit para blogger gratisan bisa muncul ke permukaan sebagai top blogger.

      manajemen hidup itu penting, manajemen duwit juga πŸ˜€
      tentu kita tidak mau kan para blogger junior, terhambat karena pemikiran domain TLD is very important.

      saya kemrin pun bepikiran demikian, namun telah terpecahkan pemikiran saya oleh seorang pakar IM yang hidupnya penuh dengan gratisan namun penghasilannya terus mengalir.

  3. Saya cukup punya dua blog aja sementara ini mas. Itu aja udah bikin satu blog jadi terlantar (karena satunya lebih diprioritaskan untuk diupdate).

  4. duh, jadi malu 😳

    Ternyata beneran direview juga dikira’in becanda πŸ˜€

    masalah planning sebenarnya memang benar karena saya sedang meraba-raba arah topic blogging ke depan untuk lebih terfokus aja. terima kasih loh buat masukannya πŸ™‚

    masalah domain kayaknya mo nambah lagi deh πŸ˜€

    1. saya nggak pernah becanda loh. apapun yang saya omongkan kebanyakan saya wujudkan dalam tindakan nyata. waspadalah. hehehe. πŸ˜€

  5. menurut saya sih mas agus, bagi yg blm ada uang mungkin pakai gratisan jg bisa. asalkan fokus saja.
    Tidak ada akibat kalau tidak ada sebab πŸ˜€

  6. Wohohoow, keren bener! πŸ˜€ Kang Andi dan artikel Mas Agus ini betul2 telah mengompori saya dengan sukses! Yoa, welcome the new era of blogging stuffs! πŸ˜€

  7. hmm, hebat mas nih mas Andi.. Sukses terusss… πŸ˜€

    Sy malah berpindah domain, dari web.id ke dotcom, dari sendiri, sekarang nulis bareng-bareng dengan teman-teman…hehe..

  8. Pingback: #225: Flashback awal ngeblog « Personal Daily
  9. Ngeblog dengan hosting dan domain berbayar memang menuntut adminnya untuk lebih bertanggung jawab πŸ™‚
    Namun, kalo lagi repot dengan tanggung jawab lain, jadinya terbengkalai pula. Kalu jadi total blogger, baru kali bisa bener-bener terurus ya πŸ˜€ *ngeles aza*

      1. Ilmu dalam hal ini masih sangat kurang Mas, jadi saya milih di bidang yang saya rasa punya bekal lebih dalam hal ini. Jika nanti bekal ilmunya udah dirasa cukup, bisa aza hijrah hehe….

  10. Saya mau ngacung termasuk blogger yang tajir sejak lahir itu, Mas Agus sehingga tak butuh duit dari blogging. Ha…..Ha…..Ha…… πŸ˜€

    Saya ngeblog target saya masih buat klangenan aja, Mas. Daripada klangenannya yang lain seperti main wanita misalnya, ya mending dilarikan ke blogging aja. Betul, ndak? Dulu waktu awal-awal blogging 3 tahun yang lalu sempat berpikiran ingin cari duit dari ngeblog. Meski saya sudah sempat kursus online IM selama beberapa bulan tapi prakteknya ternyata tak mudah. Jadinya banting sentir ngeblog aja.

    Untuk sementara blog saya masih cukup puas dulu dengan domain berbayar tapi hostingnya masih milih yang gratisan dulu numpang ke blogspot.

    1. sip deh Pak Joko. jadi blogger non-profit juga bagus kok. justru kita bisa berinvestasi untuk dunia akherat dengan cara menebar kebaikan dan saling menasehati.

  11. hehmmm… sebenarnya gratisan ataupun berbayar, tidak jauh berbeda (kecuali kalau ingin di-monetize) :D.

    Toh sama-sama ngeblog juga. cuma mungkin berbeda di spiritnya saja. Soalnya, seperti yang kita ketahui bersama, kalau membuat blog itu sungguh teramat gampang. tapi yang susah adalah menjaga spirit kita agar konsisten menulis di blog.

    naaah, bila sudah self-hosting, entah kenapa, spirit untuk terus menulis itu jadi berlipat-lipat. πŸ™‚ he..

  12. Kalo saya pribadi sekarang malah bingung mau dibawa kemana neh blog saya..Malah jadi mentok kreativitas..he..he..gimana caranya ya biar semangat dalam membuat tulisan dll…

  13. Untuk tahun depan ada rencana bikin blog baru bro dengan topik yang lebih terfokus pada dunia pemerintahan dan politik … Taglinenya “birokrat ngeblog” atau “catatan seorang birokrat”.
    Semoga tidak ada pekerjaan tambahan akhir tahun ini, sehingga blognya bisa launching pada bulan januari….

  14. Andi Sakab: sudah tidak asing lagi kawan yang satu ini? sebatas pengetahuan saya dia pernah gonta-ganti blog mungkin tidak ada ruginya kalau masih blog gratisan, dan terakhir sepertinya sudah memiliki domain nama pribadi, andisakab.com, selamat kawan!
    Dan tak lupa salam kenal buat Agus Siswono nama depannya sama-sama Agus dan happy blogging.

  15. salam kenal sob!menurut aku sih kalau kita serius ngeblog maka yg gratisan jga its okey deh!now aku jga lgi nyoba domain and hosting gratis,lumayan buat nambah2 ilmu!salam sukses buat anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *