Andry Sianipar.Com: Referensi Belajar Ilmu Marketing dan Bisnis

Kalau saya sebut nama Andry Sianipar sebenarnya saya bingung nih. Dari namanya kayaknya ada keturunan Batak, tapi kok tinggal dan hapal budaya Bali. Bahasa Jawa juga ngerti. Hehehe. Mungkin inilah salah satu wajah Bhinneka Tunggal Ika, kita nggak bisa ambil kesimpulan dari nama saja. Kalau soal blog pribadi, pemilik nama lengkap Andri Poernawan Sianipar ini sejak awal konsisten nulis artikel marketing. Tiap kali saya berkunjung kesana saya cuma bisa manggut-manggut. Nggak ngerti babar blass sama istilah-istilah asing yang dipakai.

Pernah saya goda buat nulis artikel di luar masalah pemasaran (misalnya seputar blogging), ternyata yang punya rumah keukeuh sama pilihannya. Yah, kalau sudah merasa nyaman dengan topik yang disukai pasti akan dibela-belain ditekuni, meskipun kadang topik tersebut terlalu spesifik dan sedikit pencarinya. Pecinta musik Jazz yang lagi dekat dengan seseorang di Melbourne ini (ehem, ada Dewa Amor bawa pancingan tuh) terbukti bisa tetap menulis di sela-sela kesibukan kerja kantoran. Saya yakin ini nggak mudah.

Ada banyak hal menarik seputar dunia marketing yang bisa kita pelajari dari blog yang mengudara pertama kali pada 12 Agustus 2009 ini. Diantaranya:

Andry Sianipar.Com   Referensi Belajar Ilmu Marketing dan Bisnis

Marketing Innovation

Pebisnis dan Marketer jangan takut melakukan inovasi. Sangat disarankan untuk melakukan Inovasi secara keseluruhan, termasuk proses dan strategi, serta engineering. Karena bila sebuah perusahaan sukses berinovasi diproses dan teknologi, maka akan ada inovasi produk yang baru dan berkualitas pula.

Inovasi produk bukanlah sebuah elemen yang berdiri sendiri, ada komponen-komponen Bisnis dan Pemasaran lainnya yang sangat berperan dan sangat mempengaruhi hasil akhirnya. Inovasi bisa memberikan “nilai lebih” jika sang innovator mampu menyediakan sesuatu yang berbeda pada momentum yang tepat kepada segment pasar yang tepat pula.

Appearance Marketing

Appearance dalam bahasa Inggris berarti penampilan. Hal-hal yang terkait dengan appearance marketing adalah Business Mindset, Deliver better Customer Attraction dan Do things differently. Mindset atau mental berpikir adalah sebuah asset yang perawatannya perlu dilakukan secara kontinyu dan hati-hati menjaganya. Adalah penting bagi kita untuk meyakini sesuatu secara positif sehingga apa yang kita pancarkan juga bersifat positif.

Selanjutnya, perlu kita lakukan hal-hal yang berbeda dibanding metode yang dilakukan kompetitor. Sebab tidak mungkin kita menyelesaikan masalah dengan tingkat kesulitan yang semakin kompleks namun dengan cara yang sudah terpakai sebelumnya. Maka diperlukanlah inovasi bisnis yang dinamis sehingga Anda semakin yakin bahwa Anda memiliki peluang yang sama besarnya untuk meraih kesuksesan atas Bisnis yang Anda jalankan.

Linear Vs. Virtual Queuing Management

Linear Queuing dideskripsikan sebagai sebuah situasi disaat pelanggan secara fisik berdiri dan berbaris untuk “mendapatkan” produk kita dan ini membentuk konsep praktikal yang juga bisa dinilai sangat efisien. Biasanya pelanggan yang datang lebih dulu, akan mendapatkan pelayanan lebih dulu. Secara tradisional Linear Queuing ini masih sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu yang kedua adalah Virtual Queuing. Ini adalah sebuah situasi ketika pelanggan dan unit bisnis melakukan komunikasi secara virtual lewat berbagai sarana komunikasi modern untuk produk-produk yang memang dijual dalam jumlah besar ataupun sangat unik dan bernilai jual tinggi. Atau juga sebaliknya, sebuah produk yang secara massal dibutuhkan oleh banyak pelanggan dalam kurun waktu yang sangat berdekatan sehingga menuntut unit bisnis menerapkan fungsi komunikasi pemasarannya secara optimal agar pelanggan benar-benar paham tentang sejauh mana progress dari order mereka.

56 thoughts on “Andry Sianipar.Com: Referensi Belajar Ilmu Marketing dan Bisnis”

  1. Salut buat mas Andry Sianipar, memang dalam sebuah bisnis perlu analisa yang mencakup keseluruhan.. Ibarat dokter dalam mendiagnosa sebuah penyakit harus bisa mendiagnosa secara keseluruhan agar tidak terjadi kesalahan dalam memberikan obat… Akhir kata, blog mas Andry ini bisa jadi rujukan para pebisnis dalam mengelola bisnisnya…

  2. Memang katanya kalau mau sukses dunia online (mungkin juga offline) ya harus bisa konsisten yah. Mungkin dalam soal pemilihan tema tadi misalnya. Asyik deh nih…saya dapat tempat belajar baru lagi. Thanks infonya :D

  3. Meski saya juga awam dengan ulasan2 Mas Andry, tapi saya juga baca2 dan ikut belajar juga.
    Termasuk dengan tulisan Mas Agus juga tentunya.
    Siapa tau bermanfaat dilain waktu.
    Salam!

  4. Yeah,, saya suka dengan kekonsistenannya dia dalam menulis. Tapi jujur saya paling sulit menangkap pembahasan isi blognya. Memahami soal marketing gak semudah membaca koran. Orang awam seperti saya pasti panas dingin membaca tulisannya. Hemm..
    Well, blognya sangat bagus sebagai referensi bagi yang mau bergelut di dunia marketing!

    sukses!!

  5. salam kenal mas andry…gimana tuh cara bagi waktunya antara kantor dan ngeblog?
    kalo master agus kan sudah pasti beliau fulltime blogger jadi pasti bisa membagi waktu
    soal aktivitas ngeblog

  6. Salut untuk konsistensi mas Andry dalam menulis topik yang disukainya. Cuma ada sedikit saran saja dari saya. Kalau bisa sih, perbanyak posting studi kasus (yang nyata atau benar-benar terjadi). Misalnya trik pemasaran pada produk/jasa tertentu dair brand tertentu. Kita bisa ulas menurut sudut pandang kita. Dari situ, pembaca mungkin bisa lebih mudah memahami karena tulisan kita jadi terasa lebih hidup dan membumi.

  7. Without doubt! That’s a truly nice post. I’m sure I’ll advocate that for you to my co-workers.People who put up increased writes you need to e-mail those to everybody.

  8. I thought this was an excellent browse through and that i certainly figure out when you’re provided by within the last sentence. Remarkable article, I’ll surely have a look at some other articles or reviews.

  9. Thnx so much to the! When i haven’t been this kind of enthusiastic from a post a long time! You are displaying the software, just about any virtually around writing a blog. Nicely, You’re positively some people that have a problem to suggest that many of us needs to notice. Carry on with the actual terrific duty. Carry on with impressing ghanaians!

  10. Great taking the time to talk about this approach, I’m sure enthusiastically to fix it and even absolutely adore trying to learn read more about this valuable subject matter. If at all, whilst you put on know-how, do you mind producing your website with additional tips? Extremely useful for i am.

  11. My spouse and i without a doubt settle for what we already have thought. Frankly, My husband and i read in the course of your current some articles or blog posts we complete suppose you will be altogether properly. Champion in this internet web site.

  12. Terima kasih infonya, saya juga punya tulisan yang bagus mengenai cara belajar membaca alquran, kunjungi blog saya ya di rheza.com, thanks :)

  13. Many thanks bothering to debate this approach, Personally i think highly to sort it out as well as appreciate trying to learn more on this kind of subject. Preferably, because you secure proficiency, will you your head adding your blog site to comprehend data? It’s a good choice for i am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>