IdBlogNetwork Pilar Blogger Menuju Profesionalitas Blogging

Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free
Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free – From Pinterest

Profil Jaringan Blogger

IdblogNetwork adalah startup lokal yang berdiri pada tanggal 1 Agustus 2010 yang dibuat berdasarkan kebutuhan pasar. Pendiri IdblogNetwork bukanlah pemain baru dalam bisnis internet. Mereka adalah Kukuh TW (Technical Director), Mubarika Darmayanti (Business Director) dan Moch. Farid (Managing Director). Ketiga orang ini telah lama berkecimpung dalam dunia IT dan periklanan berbasis internet. Kelompok ini melihat adanya kebutuhan pemasang iklan untuk melakukan pendekatan komunikasi pemasaran secara personal yaitu melalui para blogger. IdBlogNetwork berusaha menyambungkan keinginan para korporat untuk bisa bekerja sama secara personal dengan para blogger yang memiliki aktifitas update artikel secara rutin.

Kalau kita bicara IdblogNetwork, maka tidak akan lepas dari sosok Kukuh TW. Kukuh TW adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang juga pendiri KumpulBlogger.com , PPC yang populer sejak pertama kali saya ngeblog dan memiliki jaringan iklan yang luas dengan lebih dari 120.000 penerbit yang menampilkan iklan dalam blog mereka. Mungkin Anda akan bingung membaca artikel ini, bagaimana mungkin satu orang memiliki dua nama usaha yang berbeda untuk satu jenis niche yang sama?

Dalam salah satu artikel DailySocial.Net Kukuh TW menjelaskan bahwa kedua usaha ini, KumpulBlogger dan IdBlogNetwork, masih berada di bawah manajemen yang dikelolanya. Kedua jenis layanan iklan ini memiliki target yang berbeda dalam konsep penerbit dan pengiklan. Kukuh mengklaim bahwa saat ini KumpulBlogger menargetkan pengiklan pribadi dengan blogger pribadi sebagai penerbit, sedangkan IdBlogNetwork bergerak dalam usaha mendapatkan pengiklan besar dengan blog advertiser pilihan untuk menjamin kualitas iklan tersebut.

Masih menurut Kukuh TW, salah satu kelemahan terbesar KumpulBlogger adalah adanya anggapan bagi penayang iklan untuk menjadi cepat kaya layaknya skema MLM. Tidak main-main, paham ini mendominasi hampir 95% mayoritas penayang iklan. Yang terjadi adalah berbagai bentuk kecurangan penerbit iklan, misalnya membuat script yang memaksa pengunjung nge-klik iklan, mengeklik iklan sendiri, arisan klik iklan dan lain-lain. Kukuh berjanji untuk memperbaiki masalah ini dan tidak akan terjadi di IdblogNetwork. Penayang iklan telah dipilih secara hati-hati untuk meminimalkan terjadinya click fraud.

Simbiosis Mutualisme Blogger Profesional dan IdblogNetwork

Blogger adalah pengguna internet yang aktif melakukan update artikel secara berkala dalam blog pribadi. Aktifitas menulis artikel ini melibatkan kreatifitas menggali ide, menuangkan pokok pikiran sebagai artikel lengkap, media perjuangan komunitas tertentu, menghasilkan traffic blog, interaksi dengan blogger lain melalui kolom komentar dan sejumlah manfaat lain yang didapat dari blogging. Bagi seorang fulltime blogger, ini adalah moment yang tepat untuk meng-konversi traffic menjadi penghasilan online.

IdblogNetwork melihat peluang ini untuk bekerja sama dengan para blogger penyedia konten unik, orisinil dan tidak mengandung unsur SARA. Bentuknya adalah dengan memberikan job kepada member IdblogNetwork berupa CPC (Cost Per Click), CPA (Cost per Action), dan CPP (Cost Per Post). Tarif yang berlaku untuk komisi adalah premium. Selama ini tarif review berkisar di angka 50.000-100.000. IdblogNetwork menghargai karya blogger di kisaran 800.000-5.000.000. Inilah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh jaringan IdblogNetwork.

Sesuai moto yang diusung IdblogNetwork Pilar Blogger, dengan bergabung dalam jaringan IdBlogNetwork, seorang blogger akan dituntut untuk lebih banyak belajar memperbaiki konten yang lebih akrab di mata pengunjung manusia maupun mesin pencari. Persyaratan bergabung pun selektif sekali. Blog yang disetujui untuk bergabung dalam jaringan ini adalah yang memiliki kualitas tinggi, tidak mengandung konten dewasa, tidak menyebarkan isu fitnah dan SARA, memiliki traffic tinggi, menampilkan konten orisinal, dan memiliki semangat untuk berbagi lewat aktifitas blogging.

Sebagai sebuah pilar blogging, IdblogNetwork secara tidak langsung telah menyemarakkan blogosphere Indonesia untuk secara aktif membangun konten berbobot dan mengembangkan kebebasan berekspresi melalui tulisan. Meski masih ada berbagai situs jejaring sosial yang akhir-akhir ini banyak menyita waktu online para blogger, kegiatan blogging masih memiliki sejuta potensi untuk mendapatkan kesuksesan karir, popularitas, membangun brand maupun meraih kebebasan finansial melalui sejumlah monetisasi hasil kerjasama klien, blogger dan pihak IdblogNetwork.

Roadblog 2011 Blogilicious

Melalui kegiatan bernama Roadblog 2011 Blogilicious, IdblogNetwork melaksanakan roadshow keliling beberapa kota besar di Indonesia untuk mengkampanyekan pentingnya menekuni kegiatan blogging sebagai salah satu profesi yang menjanjikan di masa depan. Kegiatan ini layak diikuti oleh para blogger sejati, blogger yang ngeblog secara iseng-iseng, pengguna internet yang ingin memiliki blog, pelajar dan masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam seluk beluk, ataupun fulltime blogger yang mengandalkan penghasilannya dari kegiatan blogging

Kota pertama yang menjadi tujuan adalah kota pahlawan, Surabaya. Event Blogilicious Surabaya diadakan pada tanggal 14 dan 15 Mei 2011 di kampus UPN Veteran Surabaya. Banyak hal penting yang dibagi dalam perhelatan yang dilaksanakan selama dua hari dengan biaya pendaftaran cukup murah, hanya Rp25.000. Sejumlah pembicara ambil bagian dalam pertemuan para blogger keren dan gaul ini. Diantaranya adalah Amril Taufik Gobel yang berbagi tips blogging. Lalu ada Setyo Budianto yang berbagi tips seputar mobile blogging.

Topik menarik lain yang dibahas adalah Etika Blogging (Raden Ajeng N Purwaningsih), Social Media (Alderina Gracia), Blogpreneur (Novianto Puji Raharjo), Blog Monetizing (Kukuh T Wicaksono), Themes Design (Zulkarnaen), Search Engine Optimization atau SEO (Gempur Abdul Gofur), dan Internet and Blogging Security (Frenavit Putra). Topik-topik yang saya sebut di atas adalah pengetahuan mendasar dan harus dikuasai oleh setiap blogger yang mempunyai impian menjadikan blogger sebagai profesi yang mampu menghasilkan uang dan bisa menjadi sandaran hidup.

Event Roadshow IDBlogilicious berikutnya akan diselenggarakan di kota Jogja, Bandung dan Jakarta. Bagi kawan-kawan yang tinggal di dua kota tersebut dan sekitarnya, pastikan ikut serta dalam event pertemuan blogger yang paling ditunggu-tunggu ini. Untuk Jogja, roadshow akan dilaksanakan pada 11 dan 12 Juni 2011. Kota Bandung akan didatangi tim IdBlognetwork pada 18 dan 19 Juni 2011. Dan sebagai penutupan roadshow akan dilaksanakan di ibu kota Jakarta pada tanggal 25 dan 26 Juni 2011. Untuk registrasi dan kontak panitia, Anda bisa mengunjungi situs IdBlogilicious.Com

Kebangkitan Bisnis Online di Indonesia

Melihat manfaat besar yang ditawarkan oleh Roadshow IDBlogNetwork, maka saya berharap kegiatan seperti ini bisa secara rutin dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. Bukan hanya kota-kota besar yang telah ditunjuk seperti halnya tahun ini, namun juga bisa menjangkau wilayah lain yang memungkinkan para blogger bisa memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan penghasilan online. Saya yakin populasi orang pintar tidak terkonsentrasi di pulau Jawa saja. Masih banyak potensi blogger daerah yang belum terakomodasi dalam sebuah jaringan blogger yang tertata dalam manajemen yang rapi dan berpengalaman.

Selain itu, menanggapi rendahnya apresiasi masyarakat terhadap profesi fulltime blogger atau blogger profesional, roadshow seperti ini bisa menjadi media yang tepat untuk memberikan gambaran sesungguhnya potensi blogging yang luar biasa jika dikelola dengan serius. Blogger Indonesia tetap bisa menyuarakan pendapat, membangun network dengan blogger lain, aktif membentuk citra negara yang lebih baik di mata pengguna internet dunia (Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pembajak konten dan penghasil click fraud tertinggi di dunia) dan tentu saja sebagai sumber pendapatan utama maupun sampingan.

Jika memungkinkan, IdblogNetwork bisa diadakan sekali setahun dalam level nasional seperti halnya event Pesta Blogger. Peserta tidak dibatasi berasal dari kota penyelenggara, namun juga blogger nasional bebas mengikuti. Saya yakin kegiatan semacam ini akan mendatangkan manfaat besar dalam berbagi tips blogging, membangun motivasi blogger, menciptakan jaringan blogger yang lebih kokoh dan tentu saja terbuka kemungkinan mengadakan joint venture antar bloger. Last but not least, IdBlogNetwork Pilar Blogger adalah satu langkah maju untuk mendukung kemandirian blogger menghasilkan pendapatan online secara fair.

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Bagikan artikel ini melalui:

136 Replies to “IdBlogNetwork Pilar Blogger Menuju Profesionalitas Blogging”

  1. Baru tahu kalau ada IdBlogNetwork yang bagus banget konsepnya, hanya saja ternyata harus ada rekomendasi dari anggota ya…?? Bisa bantu rekomendasikan mas?
    Sekalian tolong di cek blog saya mas… cukup atau bagus?

    1. Blognya sudah cukup bagus. Topik spesifik dan navigasi ‘tidak menyesatkan’. Hanya saja frekuensi publikasi yang perlu diperbaiki. Dua hari sekali adalah waktu yang ideal untuk publish artikel baru.

      1. dua hari sekali…??? wah bisa jadi buku ajar kalo gitu sih…
        masih sulit…
        tapi walau begitu karena jarang pesaing relatif masih bisa masuk hal 1 si Om G untuk hampir semua post tapi pengunjung sangat spesifik

        1. Memang, ada sisi kurangnya kalau kita membahas topik yang terlalu spesifik. Pengunjung menjadi berkurang karena pencarian yang tidak umum dan fokus ke komunitas tertentu. Namun jangan berkecil hati Pak. Justru semakin spesifik topik yang kita bahas, semakin memberi ciri khas bagi blog kita. Para pengiklan saat ini juga cenderung mencari website yang memiliki topik unik dan spesifik.

          Tetap semangat ya. 🙂

  2. masalahnya, alexa sulit turun di bawah 500ribu mas agus, hehe, jadi di IDnetwork saya belum di folow up terus, hehe, menunggu dulu lebih lama sedikit.

  3. idblognetwork memang akan menjadi perantara blogger untuk menjadi profesional. tapi saya blog saya belum diterima idblognetwork.

  4. Beruntung banget bisa masuk anggota IBN, sungguh suatu kepercayaan yang harus dijaga. semoga saya juga bisa belajar dari blogger-blogger profesional seperti mas agus dan anggota IBN lainnya.

  5. Saya termasuk yang ikut senang dengan kehadiran IBN, terlepas dari dapet job atau tidaknya (walau udah ngerasain dapet Job).
    Dengan lahirnya IBN, gema dan semangat blogging bisa digelorakan kembali. Atmosfer blogsphere terasa lebih baik lagi, apalagi setelah pamor aktivitas blogging turun dikarenakan ekspansi dari social networking site.

    Padahal keduanya bisa berjalan beriringan satu sama lain dan saling menguatkan, alih-alih mematikan salah satunya.
    Semoga dengan adanya IBN makin banyak blogger-blogger berkualitas lahir di Indonesia…

  6. Dengan adanya IBN maka melakukan monetize terhadap blog yang berbahasa Indonesia akan lebih mudah apalagi jika GA sudah menerima blog yang berbahasa Indonesia.. Sayang hingga saat ini saya belum bisa diterima bergabung dengan IBN….

    1. Seleksi penerimaan masuk IdBlogNetwork memang ketat mas. Minimal kita harus punya 2 rekomendasi dari blogger yang sudah diterima duluan. Setelah itu mereka mengecek kualitas konten web yang bersangkutan.

  7. Wah kayaknya saya datang terlambat dalam artikel ini.
    Kehadiran IBN memang sangat bagus untuk para blogger-blogger di tanah air.Dan menjembatani untuk menuju blogger yang professional hanya saja penyeleksian yang ketat meliputi keunikan dan bobotnya konten serta traffik membuat saya jadi ragu untuk ikut bergabung.Tidak ada alasan menyerah di tengah jalan apalagi mundur soalnya sampai saat ini blog yang saya kelola masih sepi dari pengunjung.

  8. Salam kenal mas Agus. Artikel yang lengkap dan menerangkan secara komprehensif ttg peran IBN sebagai jaringan blogger Indonesia yg potensil

  9. banyak cerita menarik di internet tentang cara cari duit di internet. tapi saya belum percaya. bisa saja kan ini cuma akal-akalan sekelompok orang untuk menipu orang lain.

  10. Ping-balik: Tidak Perlu Menunggu Punya Produk Untuk Memulai Bisnis Internet | Yunianto.Com
  11. I am not sure where you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for excellent info I was looking for this information for my mission.

  12. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before.

  13. hi dee hi agussiswoyo.com admin found your website via yahoo but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found website which offer to dramtically increase traffic to your site they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my site. Hope this helps 🙂 They offer google page rank seo tutorial backlinks free Take care. John

  14. Most powerful&cost effective SEO and website traffic service in world get up to 100’000 forum backlinks now!
    Get great web traffic using amazing backlink service today. We are able post your marketing message up to 100’000 forums around the web, get thousands of backlinks and amazing targeted web traffic in shortest time. Most affordable and most powerful service for web traffic and backlinks in the world!!!!

  15. I just want to say I am beginner to blogging and absolutely enjoyed your website. Likely I’m likely to bookmark your blog post . You amazingly come with good articles and reviews. Bless you for sharing your web site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *