Transformasi Blogging Dalam Kamar Opini

Selama 2 tahun saya ngeblog, sudah berkali-kali saya mendapati blog yang suka gonta-ganti topik yang dibahas. Yang paling terkenal tentu saja tragedi bebegendut dot com yang puyeng milih topik akhirnya nyanthol di autoblog. Hahaha. Sorry ya dik, ini cuma contoh kok. Pada kasus lain juga banyak contoh blog yang mengalami ketidakpastian (mungkin lebih tepat disebut ‘tidak stabil’) topik ngeblog. Tindakan yang paling umum dilakukan adalah rebranding atau membangun ulang anggapan pembaca yang sudah terlanjur memberi cap tertentu.

Nah, ada satu blog yang menarik saya ulas kali ini. Blog ini adalah www.KamarOpini.com tempat mas Hanif Mahaldi menuliskan opini berbagai peristiwa aktual yang terjadi di sekitar kita. Pada awalnya saya mengenal mas Hanif melalui blog Bed-Boy kurang lebih setahun yang lalu. Pemikiran saya waktu itu mengira “Ini pasti blog milik mahasiswa yang hidupnya acak-acakan di kamar kost. Hehehe. Atau kalau bukan mahasiswa, kemungkinan besar artikel ini ditulis newbie yang males mikir dan lebih banyak waktu tidur daripada nulis artikel” Dan seterusnya.

Transformasi Blogging Dalam Kamar Opini

Bahkan waktu mas Hanif mengumumkan penawaran domain tersebut kepada yang berminat, saya masih pesimis akan kelanjutan ngeblognya. Kalau nggak berhenti di tengah jalan ya mungkin kehabisan ide menulis. Namun keraguan saya terjawab sudah. Proses membangun ulang topik ngeblog terbilang lancar, paling tidak sejauh ini saya menilai tulisan-tulisan mas Hanif memiliki cita rasa tersendiri. Terlepas dari sifatnya yang mengedepankan opini daripada fakta, blog semacam inilah yang menurut saya layak mendapat apresiasi lebih di mata pembaca.

Saya mengakui nggak mudah menulis opini yang berkualitas. Apalagi opini yang benar-benar muncul dari pikiran sendiri tanpa keterlibatan ‘pesan bisikan’ dari pihak lain. Apalagi ini dunia blogging yang identik dengan relasi sesaat untuk tujuan tidak permanen, akan semakin mudah kita membolak-balikkan opini sesuai kepentingan yang sedang diincar.ย Saya nggak tahu konsep apa yang sedang diusung mas Hanif ke depannya. Apakah sama seperti blog sebelumnya yang ikut-ikutan dipasang artikel PTR? Atau nanti murni sebagai blog pribadi yang minim sentuhan unsur monetasi blog.

Yang bisa saya pelajari dari blog ini adalah menulis artikel apapun kalau kita bisa enjoy tentu akan memberi sentuhan yang berbeda di mata pembaca. Content yang fresh dan unik bukan saja bagus di mata pengunjung tapi juga oke di mata search engine. Next, sebagai sebuah interaksi antar manusia kadangkala opini itu bisa menyakitkan pihak lain. Tapi ini nggak masalah selama kita memulai dari niat untuk saling mengingatkan dan bersedia membuka sebagian pikiran untuk pendapat orang lain.

Memang terlalu dini untuk mengatakan blog KamarOpini.Com sebagai acuan terbaik dalam membangun budaya berpendapat melalui artikel blog. Namun bila melihat perkembangan yang peristiwa terkini dan respons mas Hanif dalam berkomentar, rasanya layak saya berharap banyak pada blog yang baru dirilis bulan kemarin ini. Bukan mustahil kalau tahun depan blog ini mendapatkan salah satu Gold Award Internet Sehat Blog Award.

67 Replies to “Transformasi Blogging Dalam Kamar Opini”

  1. Saya juga sering berkunjung ketempat mas Hanif tersebut, begitu juga sebaliknya.. Posting terakhir tentang transformasi buku mejadi bom menjadi buktii bahwa mas Hanif sangat update tentang isu yang menghangat terakhir ini… Semoga bisa saling memberi motivasi untuk ngeblog yang berkualitas..

  2. Alhamdulillah kalau kamaropini.com saya udah sering kunjung mas,

    Kalau masalah nulis n buat branding di blog sepertinya saya perlu belajar banyak ne..

  3. Ane melihat emang mas hanif memiliki motivasi dibalik apa yang ditulis .. tapi bagus banget itu memberikan paradikma baru di dunia blogger.Memang tujuan menulis artikel adalah berbagi agar artikel kita dapat dibaca.Tentunya dalam menulis sebuah artikel tak lepas dari opini yang kita tulis.Seperti Mas Agus ini juga memberikan opini kepada kamaropini ๐Ÿ™‚

    next share saya suka membaca opini orang,bisa dibookmark websitenya ๐Ÿ™‚

  4. Wah,, Saya baru bebarapa bulan mengenal kamar Opini. Opininya memang bagus, gak kalah dengan yang sering saya baca di koran. Topiknya selalu update. Kekonsistensinya menulis sebuah opini patut di kagumi.

    Saya sendiri masih belum ngeh soal branding blog saya sendiri. Kemanakah harus di bawa sementara saya suka berbagai macam topik. Gak professional memang. Tapi jalani saja, semoga suatu saat menemukan jati dirinya.. ๐Ÿ˜€

  5. Saya belum lama kenal dengan blog beliau, tapi saya langsung jatuh hati dengan apa yang disampaikan oleh narablog lewat opini yang dituangkan kedalam sebuah blog. Satu satu contoh blog murni tanpa embel-embel monetize yang memang patut kita kunjungi apalagi tuk sharing. Makanya saya langusung ikut berlangganan artikel ketika sudah beberapa kali berkunjung kesana (blogger pertama kalau ngga salah yang langganan artikel dari kamaropini).
    Semoga blog ini bisa terus bertahan ditengah kerasnya gelombang tsunami didunia blogging..

  6. Saya malah baru nyadar kalau blog kamaropini itu milik mas BeD-BoY (eh, mas Hanif maksud saya) :p

    Yach, saya tunggu aja kekonsistenannya dalam menulis dan mengembangkan blog baru tsb. Banyak juga saya lihat narablog bergonta-ganti blog. Termasuk gonta-ganti tampilan. Kesannya masih belum menemukan jati diri aja. Gak ada yang salah, asalkan jangan jadi kutu loncat aja..hihihi

    1. sama mas is.. saya juga baru tau setelah baca disini.. dulu soalnya sering saling berkunjung trus tibaยฒ domain jadi parking domain.. trus menghilang padahal dah PR 2 kalau g salah dulu…

  7. Justru dari case kamaropini kita bisa belajar bahwa jangan keburu memilah-milah blog yang begini yang bagus, blogger yang itu jelek. Karena toh pemilik blog juga berkembang. Kalau belum-belum kita sudah kasih cap ini itu duluan nanti akan bikin takut para newbie untuk terjun dan mencoba dunia blog. Dan dari tulisan di atas terbukti bisa saja ada blog yang terus berkembang dan berubah. ๐Ÿ™‚

    1. Saya sepakat dengan komentar di atas saya ini. Seorang blogger bisa saja berkembang dan berubah, dari awalnya sekedar ‘cuap-cuap’ gak jelas di blog berubah menjadi tulisan opini yang bernas dan argumentatif.

      Untuk kamar opini, walaupun saya tak selalu sependapat dengan opini yang dikembangkan di blog tersebut, namun saya sangat apresiatif pada pemilik blog tersebut. Bagaimanapun, sebuah tulisan opini selalu memancing diskusi atau minimal ‘mengernyitkan dahi’ untuk berpikir.

      1. yups, suka tidak suka tergantung selera, sama saja. saya juga blogger biasa yang menyumbangkan opini apa yang saya coba bisa opinikan, saya juga bukan wartawan yang opininya bisa begitu berkelas. hehehe, trims atas masukannya, setidaknya perubahan untuk bisa menuju arah yang lebih baik itu sedang saya lakukan.

  8. Wah jarang mas sekali mas berkunjung keblog mas Hanif, tapi terakhir dikunjungi membahas tentang tranformasi buku kalau tidak salah. Mengutarakan pendapatnya saya acungi jempol ๐Ÿ˜€

  9. maaf mas agus baru bisa nimbrung, sedikit sharing aja, hehe, begini, memang bed-boy.com itu blog saya dan masih ada domainnya, dulu sempat saya jual, sudah deal tapi gak jadi ada pemutusan sepihak. Karena dirasanya nama itu masih kurang menunjukkan tanggung jawab dari saya untuk blogging. Karena awal mula ngeblog dari SMA kelas 2 waktu itu masih di blogspot, sudah 6 tahun berlalu, kini sudah mahasiswa semester akhir, jadi ingin rasanya seperti rekan-rekan blogger sekalian, punya blog dengan “brand” sendiri. Sebenarnya pengen pake nama sendiri, cuma takut terlalu luas tema yang saya pikirkan nanti. Jadi pake kamaropini.com karena memang punya visi dan misi agar suatu hari kamaropini.com bisa diakses semua blogger yang ingin memberikan opini pada kabar dunia yang sedang terjadi, tapi masih proses. hehehe.

    soal blog terbaik, saya masih berpegang pada blog andreas harsono. Bisa dicari di google, saya banyak belajar dari blog beliau. Isinya berbobot, opini dan faktanya berimbang, pengen seperti itu, tapi masih banyak kurangnya di kamar opini. jadi bisa merujuk kesana kalau mau baca-baca seputar fakta dari pemikiran yang berbeda.

    Terima kasih pada mas agus… sudah memberikan appresiasi sampai dibuat posting, jujur malu dan terharu, iseng nulis tak pernah kepikiran jadi disanjung begini, semoga menjadi motivasi saya untuk terus bisa memberikan opini yang terbaik, tentu menginginkan berimbang. agar pembaca bisa menilai dengan sisi yang berbeda dan lengkap, semoga, doakan saja mas… ๐Ÿ˜€

    1. Makanya mas, waktu ingin memilih nama domain, sebaiknya dipertimbangkan matang-matang. Ada baiknya memilih nama domain yang netral dan mudah diingat+mudah dilafalkan. Sebenarnya nama domain yang agak bernada santai atau kurang formal tidak bisa dijadikan alasan/beban untuk mengisinya dengan konten serius/berbobot.

      Saya ambil kasus blog dengan nama domain blogguebo.com (milik mas Medhy Aginta). Awal membaca nama domain tersebut, pikiran saya langsung mengasosiasikan dengan konten semau gue atau bergaya non formal. Namun ternyata saya keliru. Ternyata konten-konten blog tsb (blogguebo) isinya malah berbobot dan bernas. Jauh dari image nama domainnya yang terkesan santai atau semau gue.

      1. bener, toh semua itu ada awal mulanya, berani salah itu lebih baik daripada tidak pernah salah sama sekali, jadi kesalahan di bed-boy.com bagi saya sebagai pelajaran agar kedepannya jadi lebih baik, hehe, makasih mas kritikannya.

  10. saya baru tau selelah saya ‘nyasar’ kesini…langsung ke TKP jadi penasaran

    btw. blog saya termasuk yang nggak mempinyai topik

  11. i buy a domain and host and as subdomain i have a choice to creat a blog. i love to do it but i completely dazed!!! can anyone help me to make it right?. I buy a domain and host and as subdomain i have a choice to creat a blog. i love to do it but i completely dazed!!! can anyone help me to make it right? . my problem IS that i don’t know what to do! . i use plesk, and there ( in my httpdocs ) i have a folder named BLOG, in there i have my first page! its firs page ( my blog page) told me that put your theme here, my problem is… what theme? it support php too. the problem is that and that’s compeletly complex!.

  12. Hey there! Someone in my twitter group shared this website with us so I came to check it out. Iโ€™m definitely enjoying the information. Iโ€™m book-marking! Fantastic style and design.

  13. Pingback: penulis lepas
  14. A formidable share, I just given this onto a colleague who was doing a little analysis on this. And he in fact purchased me breakfast because I discovered it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! But yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I really feel strongly about it and love studying more on this topic. If attainable, as you develop into experience, would you thoughts updating your blog with extra details? It is highly useful for me. Big thumb up for this blog put up!

  15. Does your site have a contact page? I’m having a tough time locating it but, I’d like to send you an e-mail. I’ve got some recommendations for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it expand over time.

  16. I havenโ€™t checked in here for some time as I thought it was getting boring, but the last few posts are good quality so I guess Iโ€™ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend ๐Ÿ™‚

  17. Transformasi Blogging Dalam Kamar Opini | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was recommended this web site by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You are incredible! Thanks! your article about Transformasi Blogging Dalam Kamar Opini | Catatan Motivasi Blogging Indonesia Best Regards Rolf Agata

  18. Transformasi Blogging Dalam Kamar Opini | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was recommended this web site by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You are wonderful! Thanks! your article about Transformasi Blogging Dalam Kamar Opini | Catatan Motivasi Blogging Indonesia Best Regards Andy Craig

  19. My spouse and i felt very contented that Michael managed to do his researching from your precious recommendations he had from your web pages. It’s not at all simplistic to simply choose to be freely giving helpful tips that many men and women may have been selling. And we also remember we now have the blog owner to thank for that. The type of explanations you’ve made, the straightforward website navigation, the relationships you help foster – it’s got everything sensational, and it’s really helping our son and our family feel that the subject is enjoyable, and that’s rather important. Many thanks for the whole lot!

  20. Attractive section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *