Pria Terakhir, Ketika Persahabatan Berubah Menjadi Percintaan

Gusnaldi, Penulis Novel Pria Terakhir
Gusnaldi, Penulis Novel Pria Terakhir

Cinta datang tanpa bisa ditebak. Kapan dan kepada siapa hati manusia akan tertambat. Kehadirannya bagaikan ombak lautan ganas yang akan menerjang segala sesuatu di depannya. Tak jarang kita sendiri pun tak kuasa untuk menahannya.

Pria terakhir adalah novel romantis karya Gusnaldi yang diterbitkan oleh Gramedia pada 2009. Novel ini menceritakan pertemuan kembali dua orang sahabat lama, Bobi dan Dydy. Keduanya bertemu di Jakarta diantara para sosialita yang sedang membangun karir dan reputasi. Sejak bertemu Bobi, sahabat kecilnya itu telah mengubah hidup Dydy. Dia merasakan gairah hidupnya menyala kembali. Bahkan rasa cintanya yang mulai padam di hatinya kembali membara.

Tapi, bara api cita itu ia persembahkan untuk Bobi. Gairah itulah yang membuatnya bersemangat menjalani hari-harinya. Dydy bersemangat merintis usahanya kembali. Dan demi menghidupi keluarganya ia lebih berkonsentrasi bekerja. Apapun dikerjakannya asal ia bisa mendapatkan cukup uang untuk menghidupi keluarganya. Namun sayang, istri Dydy kurang bisa memahami dan mendukung usaha suami sehingga pada akhirnya Dydy mendapatkan perhatian dari orang lain.

Kini diusianya yang tak muda lagi, Dydy justru merasakan gejolak cinta yang membara. Cinta terlarang. Ia mencintai seorang pria yang dikenalnya selama bertahun-tahun sebagai sahabat kecilnya. Namun cinta itu mampu memberikan kebahagiaan yang telah mengering dalam hatinya. Cinta itu mampu memberikan pencerahan dalam hidupnya. Percintaan yang tidak biasa ini mereka rahasiakan dari orang-orang di sekitar mereka, kecuali isteri dan anak-anak Dydy.

Dydy memiliki istri Intan dan dua anak perempuan, Prita dan Laura. Karena ulahnya itulah isteri dan anak-anak Dydy menjadi korban. Namun Dydy tak sanggup membendung perasaan cintanya yang semakin lama semakin membelenggu perasaan hatinya. Ia tak bisa berpaling lagi. Bagi Dydy, hidup itu sulit dimengerti. Ia tidak bisa mempertahankan kebahagiaan keluarganya dan ia justru menemukan kebahagiaan dari orang lain.

Babak baru kehidupan percintaan Dydy dan Bobi dimulai ketika Intan meninggal dunia karena tekanan batin. Mereka berdua mengasuh Prita dan Laura layaknya pasangan suami-istri sampai tiba waktunya beragam masalah menghampiri. Kehidupan Bobi berakhir tragis dengan mengalami kecelakaan yang berakhir kematian. Dan disitulah Dydy baru merasakan arti ketulusan cinta Bobi, pengkhianatannya pada Bobi, dan perselingkuhannya dari cinta Intan.

Novel Pria Terakhir memang sekedar cerita fiktif. Namun diluar bentuk fiksinya itu, jalan cerita novel ini mencerminkan keadaan yang sebenarnya di tengah kehidupan masyarakat. Sebagaimana bentuk-bentuk percintaan tidak biasa lainnya, terdapat sisi baik dan buruk yang harus disaring oleh pembaca novel. Ambil nilai-nilai baiknya, lalu buang hal-hal yang buruk bagi kehidupan. Semoga Anda terinspirasi.

3 Replies to “Pria Terakhir, Ketika Persahabatan Berubah Menjadi Percintaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *