Resensi Buku: Selling is Dead, Apakah Penjualan Sudah Mati?

Apakah dunia penjualan sudah mati? Apakah orang-orang penjualan, sebagai perintis pertumbuhan secara tradisional, mampu memberikan nilai tambah yang semakin menurun pada business owner maupun pembeli? Apakah irama bisnis yang lebih cepat telah berubah, dan apakah motivasi telah membuat penjual menjadi kurang relevan saat kinerja mereka paling dibutuhkan?

Entah Anda seorang pengelola web affiliasi, affiliate marketer, atau penjual jenis barang atau jasa lainnya, kesuksesan pribadi dan organisasi Anda terkait pada jawaban dari berbagai pertanyaan ini. Para penulis buku perintis ini meneliti mengapa marketer dan tim penjualan harus menetapkan ulang peran mereka, dan mengambil kerangka penjualan yang baru. Jika tidak, mereka akan menghadapi resiko ketinggalan jaman.

Melalui buku Selling is Dead yang ditulis oleh Marc T. Miller dan Janson M. Sinkovits pembaca diajak belajar marketing untuk diajak maju melampaui peran dan praktek penjualan tradisional untuk merevitalisasi pertumbuhan. Dalam buku Selling is Dead ini, dua konsultan penjualan kelas dunia mengungkapkan bahwa kelangkaan customer serta imbalan yang tertunda dan semakin merosot dari inovasi merupakan epidemi karena kesalahan sendiri.

Resensi Buku Selling is Dead, Apakah Penjualan Sudah Mati

Pendekatan Klien Berbasis Penelitian

Poin utamanya adalah mengubah tim penjualan transaksional Anda menjadi sebuah unit “marketer yang mampu menjual”. Dengan pengalaman mereka bersama ratusan perusahaan, para penulis menyajikan studi kasus yang dilengkapi dengan pendekatan berbasis penelitian yang telah terbukti membantu para klien mereka memadukan berbagai fungsi penjualan, pemasaran, layanan customer, dan departemen produk baru untuk mengoptimalkan pertumbuhan penjualan.

Melalui buku yang edisi bahasa Indonesia-nya diterjemahkan oleh Paul A. Rajoe dan diterbitkan oleh PT. Bhuana Ilmu Populer ini Anda akan belajar:

  • Memahami dan mengidentifikasi berbagai jenis penjualan bernilai besar.
  • Menciptakan kerangka kerja penjualan yang tertib dan strategis serta mencerminkan “berbagai keinginan” pembeli.
  • Menguasai langkah-langkah dan keterampilan proses penjualan yang akan membuat pembeli Anda berkata ya.
  • Membangun sistem manajemen untuk menjaga upaya penjualan tetap mampu berjalan lintas organisasi.

Dua puluh tahun yang lalu, pertumbuhan merupakan hasil penyelesaian masalah. Jadi model penjualan hanya berfokus pada pengungkapan dan pengembangan masalah merupakan model yang tepat pada waktu itu. Akhir-akhir ini, peluang pertumbuhan yang paling dramatis berawal dari penawaran divergen. Penawaran divergen adalah konsep penawaran yang melibatkan berbagai aspek yang terkait dalam proses terjadinya transaksi penjualan.

Marketer yang mengikuti model berbasis masalah seringkali gagal melihat peluang sampai menjelang saat-saat terakhir follow up. Yang diperlukan adalah pendekatan yang mendorong terjadinya diskusi tentang peluang pada tahap yang lebih awal di dalam proses penjualan. Kerangka kerja yang disampaikan disini sangat sesuai dengan pemikiran baru tentang konsep penjualan yang lebih aspirasional.

Resensi Buku Selling is Dead, Apakah Penjualan Sudah Mati

Perspektif Baru Ilmu Marketing

Kalau Anda baca buku ini, Anda akan mendapati bahwa tulisan Marc dan Jason sarat dengan pemikiran. Saya butuh waktu sekitar setahun untuk membaca dua per tiga isi buku ini. Bahasanya tergolong berat dan tidak bisa dibaca sambil lalu. Namun kalau Anda mau bersabar membaca halaman demi halaman, buku ini sebenarnya sangat provokatif dan berwawasan.

Selling is Dead menyajikan perspektif baru yang berguna untuk menciptakan dan mengatur peluang penjualan besar. Dan seperti kebanyakan buku marketing lainnya, buku ini merangsang kita untuk berpikir. Gagasan-gagasannya sangat berguna dan sepadan dengan upaya uang diberikan.

Dan kalimat penutup artikel ini saya cuplik dari isi buku. Metode lama penjualan bernilai besar mungkin saja sudah mati, tetapi Anda masih dapat memenangkan customer baru yang menghasilkan pertumbuhan nyata, melipatgandakan penghasilan, dan meningkatkan laba. Lakukan penjualan bisnis dengan penuh perhatian bersama Selling is Dead, dan belajarlah mengakselerasi pertumbuhan penghasilan serta mempertahankan tingkat produktivitas penjualan yang tinggi.

Selamat membaca!

19 Replies to “Resensi Buku: Selling is Dead, Apakah Penjualan Sudah Mati?”

  1. sepertinya buku ini menarik mas, apakah sudah launching ? saya ingin memperlajari tentang “Menguasai langkah-langkah dan keterampilan proses penjualan yang akan membuat pembeli Anda berkata ya” 😀

  2. wah, buku new arrival ya mas? saya kemarin liat2 di togamas gak ada di deretan buku baru. hehe, ulasannya menarik. semoga yang baca juga banyak dapat manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *