Review Buku: Personality Reality

Buku Personality Reality ditulis oleh Patrick David Yanello dalam bahasa Inggris pada tahun 2003. Untuk versi bahasa Indonesia buku ini diterjemahkan oleh Endang Triwahyuni SK dan diterbitkan oleh PT Bhuana Ilmu Populer. Saya senang waktu baca buku ini. Sifat-sifat kepribadian yang digambarkan ditampilkan seperti mempunyai nilai yang sama dan semuanya memiliki aspek positif dan negative, baik bagi diri sendiri maupun dalam hubungan antarpribadi. Lampiran yang berisi beragam teori kepribadian yang diringkas dan diperbandingkan merupakan ide yang baik dan bermanfaat.

Kalau habis baca buku ini seharusnya kita bisa meningkatkan kesadaran akan sifat-sifat kepribadian dalam berhubungan dengan orang lain. Buku  ini dapat membuat pembahasan yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya. Secara pribadi, Bab Tiga, Bandingkan Diri Anda denga Leluhur, adalah bagian yang paling saya sukai. Penulis begitu ahli dan cermat dalam menggunakan tanda baca untuk menjelaskan berbagai tipe kepribadian. Ia menulis dalam urutan yang logis.

Review Buku BukaBuku.com - Toko Buku Online - Personality Reality
Review Buku: Personality Reality

Pada dasarnya karakter manusia serupa dengan tanda baca. Yaitu tanda seru ! tanda tanya ? tanda hubung – tanda titik . dan tanda bintang *. Salah satu cara mengetahui karakter Anda adalah dengan membaca moto hidup seseorang. Hidup mungkin pendek. Kebebasan tidak berlangsung selamanya. Moto bangsa dapat semakin berkurang nilainya. Tetapi moto masing-masing tipe kepribadian tidak akan lenyap. Apakah moto masing-masing tanda baca?

John abraham bollywood aktor
John abraham bollywood aktor

Sang ! berkata, “Kamu harus bertindak. Segera. Cepat.”

Sang ? berkata, “Kamu harus berpikir. Pertimbangkan. Berpikirlah mengenai hal itu. Tunggu.”

Sang – berkata, “Kamu harus memikirkan orang lain. Jangan merusak perdamaian. Jangan berbuat tanpa peduli akibatnya.”

Sang . berkata, “Kamu harus merinci. Tentang apakah ini? Tentang apakah itu?”

Sang * berkata, “Kamu harus mengikuti kata hati. Rasakan saat menjalaninya. Bermimpilah. Dramatislah. Bergairahlah.”

Karakter Manusia Berdasarkan Tanda Baca

Dalam pelajaran bahasa, tanda baca digunakan untuk mengakhiri atau menyatakan tekanan khusus dalam sebuah kalimat. Tanda baca digunakan sebagai tanda dalam materi tertulis maupun cetakan untuk menandai pemisahan kata-kata dalam anak kalimat. Tanda-tanda ini membantu kita memahami makna gramatikal. Selain itu juga memudahkan kita memahami semua materi tertulis.

Begitu juga ketika digunakan untuk mengajarkan tipe kepribadian. Tanda baca dapat membantu kita memahami semua pernyataan kepribadian dalam kehidupan.  Kita semua memiliki kepribadian yang diwakili oleh tanda tertentu sehingga membagi, menandai, atau memisahkan perilaku kita dari orang lain.

Review Buku: Personality Reality by Patrick David YanelloTanda seru digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat dengan tekanan atau keterdesakan. Tipe kepribadian tanda seru senantiasa ingin melakukan tindakan secara cepat. Mereka merupakan tipe orang yang tegas dan mendesak. Orang dengan kepribadian tanda seru sangat andal dalam mengerjakan, menyelesaikan, atau memutuskan sesuatu. Mereka mempengaruhi orang lain untuk mengambil tindakan atau membuat keputusan.

Review Buku: Personality Reality by Patrick David YanelloTanda tanya digunakan pada akhir sebuah kalimat ketika orang ingin mengajukan sebuah pertanyaan. Tipe kepribadian tanda tanya senantiasa merenungkan dan menanyakan segala hal. Mereka menyerap, mengamati, dan mempertimbangkan. Mereka adalah orang terbaik dalam hal pemikiran dan pertimbangan.

Review Buku: Personality Reality by Patrick David Yanello

Tanda hubung digunakan diantara kata atau frasa untuk menghubungkan atau melanjutkan sebuah pemikiran di antara pernyataan-pernyataan. Tipe kepribadian tanda hubung senantiasa ingin menjaga perdamaian ketika berhubungan dengan semua orang. Mereka membangun jembatan hubungan dan tidak membakarnya. Mereka mempengaruhi orang lain untuk menolong dan memperhatikan semua orang.

Review Buku: Personality Reality by Patrick David YanelloTanda titik digunakan untuk mengakhiri sebagian besar kalimat. Tipe kepribadian tanda titik senantiasa memperhatikan setiap detail. Mereka memperhitungkan segala hal. Mereka mengumpulkan dan menyimpan semua fakta. Mereka adalah yang terbaik dalam hal menyimpan semua catatan dengan hati-hati atau menjadikan sesuatu atau seseorang sesempurna mungkin. Mereka mempengaruhi orang lain untuk menjadi terinci dan sempurna.

Review Buku: Personality Reality by Patrick David Yanello

Tanda bintang merupakan karakter istimewa yang bentuknya seperti bintang, yang dapat digunakan untuk menjelaskan atau menarik perhatian khusus terhadap suatu referensi atau gagasan dalam penulisan. Tipe kepribadian tanda bintang senantiasa memancarkan emosi dan mengungkapkan berbagai perasaan. Mereka dapat menjadi dramatis dan pemimpi. Mereka adalah orang terbaik dalam memotivasi orang lain untuk menggunakan emosi. Mereka mempengaruhi orang lain untuk mengikuti perasaan atau dorongan hati.

Abhishek Bachchan and Aishwarya Rai
Abhishek Bachchan and Aishwarya Rai

Dalam hal blogging, buku ini membantu saya bekerja sama dengan orang lain karena ketika Anda mengetahui apa yang sedang Anda hadapi, memahami bagaimana orang lain berpikir dan bertindak, semua ini akan mencegah banyak perselisihan, membuka pemahaman Anda, dan membuat Anda lebih simpatik kepada orang lain. Buku ini telah membantu saya memahami pikiran dan tingkah laku manusia, termasuk diri saya sendiri.

Bagaimana dengan Anda? Sudah tahu tipe kepribadian Anda dan orang-orang disekitar Anda?

37 Replies to “Review Buku: Personality Reality”

  1. Bahasa tulis dalam tanda baca ternyata menyimpan makna seperti ini ya mas… Kalau karakter saya kalau menulis terutama di komentar seperti ini pasti diakhiri dengan tanda baca titik yang berjajar 3, 4 atau lebih… Kurang tau itu maknanya apa, menjadi pembiasaan sudah lama. hehe….

  2. Waduh koq aq kaga masuk ya ?
    ga ada tanda lain ?
    ane sih orangnya biasa aja. . dan berusaha lebih baik ..itu aja.. ga repot2 .. kelihatannya tandanya kurang gus. .

  3. Saya masih bingung mas. Maksudnya tanda baca yang sering dipakai saat menulis, begitu ya? Atau hanya sebagai kiasan saja dari jenis kepribadian, seperti istilah lain dari yg dipaparkan psikologi? Dan lagi, saya penasaran kenapa penulisnya memakai simbol2 tanda baca ya untuk mengklasifikasikan kepribadian? Gunanya apa?

    Wah, sepertinya kudu masuk daftar wishlist ni buku…

    1. Metode ini adalah salah satu cara menyederhanakan pengenalan karakter manusia yang beraneka ragam. Selain cara ini tentu masih banyak cara lain yang bisa dilakukan. Namun sejauh ini, buku inilah yang menurut saya bisa menjelaskan kerumitan perilaku manusia dengan cara yang lebih mudah dipahami.

    1. Semua manusia memang pada awalnya hanya bisa menebak karakter masing-masing. Memang nggak menutup kemungkinan satu orang memiliki karakter lebih dari satu. Tapi seiring berjalannya waktu nanti juga akan ketahuan memiliki kecenderungan yang mana.

  4. Hemmm.. ternyata eh ternyata… ada kebiasaan yang sering saya lakukan dalam menulis dari ide sendiri. Yaitu, kata “jika” dan keseringan tanda koma (,) nah apa itu ya artinya kira-kira… 🙂
    Jangan bilang saya suka berandai-andai ya, mas atau jangan bilang, saya nggak pernah selesai. hehehehe

  5. hemm…membangun kualitas diri yg baik, bisa jadi akhirnya kolaborasi dari beberapa tanda baca.
    mas agus…ternyata rumput ditempatnya mas agus lebih hijau ya…:D

  6. Ternyata aku tipe yang tanda seru
    pengennya melakukan semua hal dengan cepat
    terus ganti ke kerjaan lain…….

  7. Hi,. I have a question that I hope will have a simple answer. I have a wordpress blog and right now my side navigation menu is on the right side. I would like for the menu to be on the left side. Can someone please tell me how I would go about doing this, in simple terms, please? . . Or point me in the direction of a resource that tells me how to do it?. . Thanks so much ya’ll!.

  8. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *