Review Buku: Produk Gratisan Membuat Saya Kaya Raya

Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free
Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free – From Pinterest

Buku ini ditulis oleh Lutvi Avandi dan diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo dan diterbitkan akhir tahun lalu. Mengapa harus kasih gratisan? Memberi produk gratis merupakan investasi besar yang kita perlukan untuk sukses nantinya. Setidaknya ada beberapa alasan kenapa kita harus meluncurkan produk gratis di awal-awal karier kita di dunia online. Diantaranya adalah:

Semua Orang Suka Produk Gratisan

Tidak peduli betapa kayanya Anda, betapa banyaknya uang Anda dan betapa besarnya investasi yang Anda miliki, saya yakin semua pasti suka dengan barang gratisan, terutama gratisan di internet. Kalaupun ada yang tidak mau mengambil biasanya karena ukuran file terlalu besar untuk koneksi internet yang tidak mendukung.

Maka membagikan produk gratisan adalah langkah awal yang wajib Anda tempuh untuk menerobos pasar yang sangat ketat. Bahkan mungkin di masa mendatang Anda harus membayar seseorang agar mau membaca ebook buatan Anda. Dalam kisah nyata, ada banyak contoh orang-orang yang sukses karena memberi produk gratisan. Misalnya: Justine Bieber, Sinta-Jojo, Udin Sedunia dan yang terbaru adalah Briptu Norman.

Meningkatkan Reputasi dalam Bisnis Online

Dunia online adalah dunia penuh kebebasan. Ya bebas jualan produk, juga bebas menipu. Ada banyak penipuan berlangsung di internet dan hal ini menimbulkan kecurigaan terhadap para pendatang baru bisnis online. Dengan memberi produk gratisan, mereka tak peduli Anda penipu atau bukan, mereka akan mengambilnya.

Dan saat nama Anda mulai dikenal oleh orang, reputasi Anda mulai meningkat dan dianggap menjadi orang yang berjasa yang pernah memberi sesuatu kepadanya. Apalagi kalau Anda bisa memberikan tambahan informasi yang lebih baik lagi secara berulang, maka reputasi Anda semakin meningkat di mata mereka.

Memberi Ikatan Dengan Calon Prospek

Selain menjadikan seseorang lebih mengenal Anda, produk gratis juga mampu membuat calon pelanggan terikat dengan Anda. Contoh gampang adalah Google yang menyediakan aneka fasilitas gratis bagi pengguna internet. Mulai dari email, tempat menyimpan foto, video, server dan domain blog, peta dan lain-lain. Dan saat ini Google Inc. merupakan salah satu perusahaan sukses dunia.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Dengan menjadi guru bagi calon konsumen Anda, layani setiap keluhan dan kesulitan yang dia hadapi. Maka bila satu saat dia telah berhasil atau akan membeli produk pelapis, referensi pertama biasanya adalah Anda, orang yang telah berjasa banyak hal.

Meningkatkan Kepercayaan di Mata Member

Seseorang yang terus menerus kita beri ilmu secara gratis biasanya setelah terikat akan berubah menjadi percaya. Kepercayaan inilah modal paling besar dalam bisnis online. Saat kepercayaan telah tumbuh, jangankan produk orang lain yang akan Anda pasarkan, produk Anda sendiripun akan laris manis dibeli mereka.

Lalu, gratisan apakah yang bisa kita berikan? Ragamnya ada banyak. Yang paling umum adalah ebook. Kenapa memilih ebook? Karena dapat diproduksi secara gratis menggunakan banyak tool gratis yang tersedia di internet. Kalau nggak bisa menulis ebook tebal? Mulailah dengan menulis per bab. Kalau masih sulit juga, lakukan per artikel per topik.

Males nulis? Bikin saja video tutorial seperti yang banyak diperagakan IM luar negeri. Itu kalau Anda cukup pede buat nampang di depan kamera studio atau webcam. Kalau Anda bisa bicara, seharusnya Anda juga bisa menulis. Keduanya adalah buah dari pemikiran manusia. Mengapa ada yang gampang menulis ada juga yang seret ide? Itu cuma karena kurang latihan saja.

Semangat Berjuang!

Bagikan artikel ini melalui:

17 Replies to “Review Buku: Produk Gratisan Membuat Saya Kaya Raya”

  1. emang dah bawaan orok paling demen gratisan..he..
    saya kemarin dapet email gratis dari mas LA. thx mas ilmunya.

  2. Kalau tidak salah ada tiga judul artikel di website ini yang saya baca sampai habis. Membaca tulisan anda membuat saya termotivasi untuk terus menulis di blog saya, terlepas dari seberapa bagus atau seberapa tidak bagus artikel yang saya tulis sehingga tidak berhasil mendatangkan cukup kunjungan. Ada kalimat “sakti pembesar hati” yang saya pegang agar terus termotivasi menulis, “kelolalah blog anda dengan sungguh-sungguh, meskipun bahkan nantinya anda tidak berhasil mendapatkan uang sedikitpun dari kegiatan ngeblog yang anda lakukan, keberhasilan anda ngeblog tidak hanya diukur dari uang yang anda dapatkan”. Dan saya dengan jujur mengatakan artikel-artikel yang mas Agus Siswoyo tulis cukup panjang tapi saya menikmatinya.

  3. definisi saya tentang kaya raya adalah penghasilan bersih lebih dari RP 1 Milyar per bulan. Apakah produk gratisan ini bisa membuat saya mencapai hasil lebih dari Rp 1 Milyar per bulan???

    1. 1 Milyar rupiah? Bisa banget mas Hengky. Tapi produk gratisannya juga jangan kacangan kayak ebook dong 🙂 Contoh paling maknyuss bagi-bagi majalah wisata gratis kepada para turis yang datang ke Indonesia. Atau bagi-bagi majalah lux pada pemegang BCA Priority. Jika listnya sudah lengkap, tinggal pasang penawaran di majalah itu, misalnya apartemen atau mobil mewah.

      Yang penting mau mikir mas 🙂

  4. kalo saya lagi seret nih, mas. maklum kurang minum vitamin dari Dokter Blogging. abis PC dan koneksi tidak bersahabat :mrgreen:

  5. Mas Lutvi – penulis buku – sebenarnya tengah menginspirasi kita semua dalam konsep ‘memberi dulu baru menerima’. Poin-poin di atas sudah sangat jelas apa manfaat dan kebaikannya bagi kedua pihak, yaitu kita sebagai pelaku dan yang dilayani.
    Semoga kita semua dapat mengikuti jejak beliau 🙂

  6. bisa jadi inspirasi nih…ngasih produk gratis dan lama2 kepercayaan timbul pd pemberi produk grtisan.ni baru cara marketing yg mantap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *