Mengapa Ada Orang yang Berambut Keriting dan Lurus?

Cerita Rakyat Gorontalo: Legenda Telapak Kaki Lahilote di Pantai Pohe
Cerita Rakyat Gorontalo: Legenda Telapak Kaki Lahilote di Pantai Pohe

Kalian pasti pernah bertanya mengapa ada orang yang memiliki rambut lurus dan ada juga orang yang memiliki rambut keriting atau ikal. Pada umumnya kita ingin tahu seluk-beluk penyebab seseorang memiliki rambut keriting ataupun rambut lurus. Apakah faktor kesehatan yang menyebabkan warna pada rambut Anda? Mengapa rambut seseorang bisa berubah menjadi uban? Mengapa juga rambut ada yang memiliki corak keriting dan ada juga yang lurus?

Ilmu pengetahuan belum sanggup memberi jawaban yang terbaik mengenai rambut itu. Walaupun demikian kita perlu tahu bahwa di dalam akar rambut terdapat semacam sel yang mengandung pigmen. Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1983), sel-sel ini memiliki kemampuan untuk melipatgandakan diri. Sel-sel muda yang baru tumbuh muncul ke atas bersamaan dengan tangkai rambut yang bertumbuh dan kemudian mati.

Bintik-bintik pigmen mengandung semua bayangan warna yang kecoklat-coklatan, yaitu mulai dari warna coklat kemerah-merahan sampai dengan coklat kehitam-hitaman. Bagian rambut terdiri dari zat tanduk yang mengandung pigmen yang berwarna kuning. Pigmen dan bintik-bintik itu akan bercampur aduk sehingga warna yang kita lihat pada rambut adalah hasil campuran keduanya. 

Kondisi rambut pada setiap orang berbeda-beda. Kalau kita potong sehelai rambut seseorang dan kita pelajari di bawah mikroskop maka kita akan melihat bentuk rambut tertentu. Ada rambut yang bentuknya bundar gepeng. Ada juga rambut yang bentuknya bulat panjang atau elips. Bahkan ada juga rambut yang berbentuk penampang ginjal.

Bentuk-bentuk rambut inilah yang menentukan apakah rambut seseorang itu keriting atau tidak. Makin gepeng bentuk rambut maka makin keriting coraknya. Sebaliknya, makin bundar bentuk penampangnya maka rambut itu akan tumbuh makin kaku dan lurus corak rambutnya.

Rambut yang memiliki bentuk penampang elips atau mirip bentuk penampang ginjal adalah rambut yang biasanya pendek dan keriting. Rambut yang sangat keriting disebut sebagai rambut ikal. Rambut semacam ini adalah ciri khas bagi orang-orang yang berkulit hitam. Rambut yang penampangnya berbentuk bundar menghasilkan rambut lurus, kaku dan kasar.

Rambut yang berpenampang bulat dan panjang menghasilkan bentuk rambut yang keriting atau berombak. Permukaan rambut yang berpenampang bulat, panjang, cenderung licin serta mengkilat serta lembut menghasilkan rambut seperti corak sutra.

Nah, kini Anda sudah mengetahui mengapa seseorang memiliki rambut lurus ataupun rambut keriting. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Mengapa Ada Orang yang Berambut Keriting dan Lurus?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *