Mengapa Otot Tubuh Kita Merasa Lelah Setelah Berolahraga?

Sejarah dan Teknik Permainan Olahraga Bolavoli - Gambar pemuda sedang bermain olahraga bola voli
Sejarah dan Teknik Permainan Olahraga Bolavoli – Gambar pemuda sedang bermain olahraga bola voli

Pernahkah kalian merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas olahraga? Apakah kalian pernah merasa sangat capek setelah dikejar oleh seekor anjing yang lewat di depan Anda? Artikel kali ini akan membahas mengapa tubuh kita merasa lelah setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga, misalnya olahraga lari.

Perlu kita ketahui bersama bahwa otot-otot pada tubuh kita adalah alat penggerak tubuh bagi setiap orang. Pada tulang-belulang manusia pasti terdapat otot yang menggerakkannya. Oleh karena itu otot melekat dengan ketat pada tulang-tulang tubuh manusia. Seandainya tulang manusia tidak memiliki otot maka bisa dipastikan manusia tidak dapat bergerak.

Cara otot menggerakkan tulang adalah dengan menarik diri. Sehelai otot bisa menarik tulang-tulang karena ia memiliki kemampuan menebal dan mengendur. Artinya, otot mampu membuat dirinya pendek dan ketat. Apabila otot menjadi pendek dan ketat maka ia bisa menarik tulang-belulang pada tubuh manusia.

Menurut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (1983) apabila otot menjadi tegang maka otot tersebut akan mengeluarkan semacam cairan yang disebut lactis. Cairan ini semacam racun kelelahan. Cairan lactis adalah penyebab utama mengapa otot kita merasa letih setelah melakukan aktivitas gerak tubuh.

Seandainya cairan lactis itu kita hindarkan dari otot yang lelah maka otot itu mampu bekerja lagi seperti biasa. Selama berlangsungnya kegiatan sepanjang hari dengan menggunakan cairan seperti itu berarti kita meracuni diri kita dengan cairan laktis itu. Itulah sebabnya tubuh kita menjadi lelah.

Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang
Jalan Sehat Mahasiswa KKNT UNHASY Bersama Warga Desa Asemgede Jombang

Ada juga zat-zat lain yang menyebabkan tubuh kita merasa lelah yaitu toksin kelelahan. Toksin kelelahan dihasilkan di dalam tubuh pada saat kita melakukan kegiatan berdasarkan gerak. Otot kita membawa hanyut toksin kelelahan itu ke seluruh tubuh. Program kerja otot kita yang terpengaruh otot kelelahan mempengaruhi seluruh tubuh, terutama otak kita.

Mengapa terjadi peristiwa kelelahan pada tubuh kita? Tubuh kita merasa lelah karena sel-sel tubuh kita memerlukan istirahat. Bila kita lelah atau letih dan digunakan beristirahat maka kerusakan pada sel dapat dipulihkan kembali. Sel-sel urat saraf yang menghubungkan bagian tubuh kita dengan otak memperoleh kembali tenaga saat beristirahat.

Sedangkan persendian tulang memperoleh minyak pelumasnya lagi dengan bantuan sejenis cairan yang dihasilkan oleh tubuh secara alami. Demikian terjadi seterusnya sehingga tubuh kita selalu sehat. Hal ini mengajarkan kepada kita semua agar beristirahat secara cukup setelah melakukan aktivitas yang menggunakan banyak tenaga.

Seringkali kita jumpai seseorang terlalu giat berlatih olahraga dan mendadak merasa lelah dan hampir pingsan. Dia merasa tubuhnya lelah dan seperti sulit mengambil nafas. Peristiwa ini disebut sebagai kelelahan yang berlebihan sehingga cenderung mendekati jenis kelumpuhan. Penyebab kelumpuhan mendadak semacam ini tidak kita ketahui secara pasti tetapi hal ini dapat saja disebabkan oleh karena terlalu banyak cairan laktis itu atau cairan kelelahan yang dihasilkan oleh tubuh.

Kini Anda sudah tahu penyebab rasa lelah setelah melakukan olahraga. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Mengapa Otot Tubuh Kita Merasa Lelah Setelah Berolahraga?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *