Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda?

Saat ini telah beredar beragam serial ebook motivasi diri, baik versi gratis maupun berbayar. Rangkaian tulisan dalam ebook tersebut dibuat dengan harapan mampu memberi semangat bagi pembacanya. Stock panduan motivasi diri juga melimpah di internet. Mulai dari yang dibuat para master pengembangan diri maupun yang baru newbie. Semangat berbagi tak pernah berhenti, dengan berbagai latar belakang dan tujuan.

Ngomong-ngomong, diantara sekian banyak ebook motivasi diri yang Anda miliki, adakah yang mampu memberikan manfaat berarti untuk Anda? Apakah artikel motivasi diri juga bisa memberi efek jangka panjang dalam menjaga kestabilan ngeblog? Jangan-jangan itu semua hanya jargon semu untuk membangun personal branding. Let’s talk about it!

Menurut pengalaman saya, banyaknya ebook motivasi diri yang dimiliki tidak selalu berbanding lurus dengan motivasi yang dihasilkan. Seringkali saya jumpai orang yang punya setumpuk buku motivasi diri malah bingung mau mulai action dari mana. Kata-kata motivasi diri masuk dari telinga kiri langsung bablas lewat telinga kanan. Tidak ada kesan yang ditimbulkan. Terlalu banyak kata-kata diserap oleh otak sehingga menghasilkan kejenuhan. Itu lagi itu lagi. Apakah Anda juga merasakan hal yang demikian?

Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda?
Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda?

Perpaduan Energi Internal dan Energi Eksternal

Dalam hal menjaga konsistensi ngeblog, kita mengenal adanya dua sumber motivasi diri. Yaitu dari dalam diri sendiri (energi internal) dan dari lingkungan sekitar (energi eksternal). Keduanya berperan dalam mempengaruhi tingkah laku seorang blogger apakah mau melanjutkan ngeblog atau tidak. Komposisi energi eksternal dan internal juga nggak tetap. Kadang kala motivasi dari dalam sudah menggebu-gebu, tapi orang-orang di sekitar nggak ada yang mendukung. Atau sebaliknya, mereka sudah pada teriak tapi kita nggak sadar diri harus mau berbuat apa.

Energi eksternal didapatkan dari luar dengan cara membaca buku, mendengarkan audio motivasi diri, dan melihat peristiwa yang mampu menginspirasi. Misalnya, lihat blog sebelah sukses melakukan monetasi kok bikin kita ngiler. Lihat si A menang kontes SEO kita juga ngiri. Duh, pengen juga kayak gitu. Bisa cuap-cuap santai tapi dibayar orang. Ujung-ujungnya kita lebih bersemangat dalam ngeblog. Namun hal ini sifatnya hanya sementara dan akan segera hilang dalam beberapa saat. Seiring berjalannya waktu, mungkin Anda akan bilang: ternyata nggak gampang ya.

Sebaliknya, energi internal yang mampu bertahan lama justru berasal dari dalam diri seorang blogger. Hal ini berasal dari pengolahan citra diri menanggapi visi misi yang sudah dibuatnya sejak awal. Kita tidak perlu disuruh teman untuk melangkah maju. Kita nggak usah nunggu yang lain maju baru kita ikutan maju. Setiap orang punya jalan yang unik untuk mencapai tujuannya. Kalau perlu kita nggak perlu dengarkan apa kata orang dan berfokus pada perbuatan. Kalau enak kita bisa nikmati sendiri, kalau susah juga kita rasakan sendiri. Bertanggungjawab terhadap nasib, itulah yang memotivasi dari dalam diri.

Sehingga pada saatnya nanti mungkin kita nggak perlu lagi yang namanya ebook motivasi diri. Motivasi diri itu sifatnya alamiah. Dia sudah ada dalam diri setiap manusia. Kedudukan ebook pengembangan diri dan sejenisnya hanya sebagai perangsang agar kita lebih sadar akan potensi dan kompetensi diri. Selebihnya, kita sendiri yang harus berproses agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana menurut Anda, masih butuh artikel motivasi diri seperti yang Anda baca ini? πŸ™‚

55 Replies to “Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda?”

  1. Sangat-sangat menaikan/meningkatkan motivasi hususnya saya….saya usahakan membacanya sesering mungkin. Ibarat menambah terus kayu bakar ditungku…usahakan jangan sampai padam.

  2. kalau saya sih menganggap itu penting. ebook, buku, atau apapun adalah ilmu. sehingga ilmulah yang memotivasi diri untuk bisa terus maju. tanpa ilmu motivasi akan bersifat absurd. ya, motivasi asal dapat asal bergerak. karena hati itu diciptakan mudah terombang-ambing. dan otak bersifat majemuk yang dapat memikirkan segala hal dalam satu waktu. jadi ebook, buku, motivasi lainnya adalah bantuan agar tetap fokus di tujuan yang telah di impi2kan. terlepas itu gratis atau berbayar, itu semua juga bermuara pada win-win solution. hehehe. itu pengalaman saya.

  3. Saya lebih suka motivasi yang sederhana ini Mas Agus :

    “Artinya : Dan, AKu tidak menciptakan manusia dan jin melainkan untuk menyembah-Ku.” [Adz-Dzariat : 56]”

    hanya untuk itulah hidup ini, sehingga setiap aktivitas, termasuk ngeblog bagi saya adalah manifestasi dari tujuan hidup tersebut dengan sendirinya “energi internal dan energi eksternal” akan selalu berjalan searah dengan tujuan tersebut.. Insya Allah… πŸ™‚

  4. Kalo saya motivasi kecil dalam setiap kegiatan bisa berbeda, tergantung dari achivement yang akan dicapai. Sedangkan motivasi yang terbesar dalam hidup saya ya sama seperti pak Harsoyo diatas. πŸ˜€

  5. Menurutku jika faktor motivasi internal dan external bersinergi maka akan menghasilkan tindakan yang besar. Buku2 motivasi sendiri pastilah berpengaruh walau kadarnya beda setiap orang dan setiap keadaan. Terima kasih mas Agus.

  6. Kalau saya pada dasarnya tetap butuh ebook atau buku motivasi diri, tapi jumlahnya secukupnya saja. Kalau banyak-banyak biasanya malah pusing, terlalu banyak baca tulisan yg sebenarnya muatan informasinya ternyata sama aja, hehe…

    Salam, Pak πŸ™‚

  7. kalau aku, ebook atau buku motivasi ga terlalu suka mas. Lebih suka buku-buku pengembangan diri yang berorientasi praktek. Kalau motivasi, mending ikut seminar motivasi sekalian. Yang penting adalah feelnya. Dan seminar yang bagus, yang didesain dengan melibatkan pengalaman pesertanya lebih besar potensinya untuk mempertahankan spirit ataupun motivasi di dalam diri kita.

  8. saya juga, dulu, sering baca artikel2 tentang menulis dan ngeblog. seperti copyblogger, dailyblogtips dan sejenisnya. dan akhirnya pusing sendiri karena berusaha mraktekin satu per satu teknik dan nasehatnya. malahan, dari semua itu yang saya ingat hanya satu pelajaran yang justru berpengaruh pada sikap saya secara umum, tidak hanya dalam blogging.

    ngeblog emang lebih bisa konstan dan nikmat kalau kita merasakan sendiri apa yang kita tulis, meskipun itu sekedar tips atau tutorial singkat. kata-kata motivasi membantu kita menegaskan potensi yang kita miliki, tapi tetep aja prakteknya kita sendiri yang tahu bagaimana melakukannya dan untuk kebutuhan apa. dan lagian, saya kurang betah baca ebook di komputer.

  9. I just want to tell you that I am just newbie to blogging and seriously savored you’re web site. Likely I’m planning to bookmark your website . You surely have remarkable writings. Thank you for sharing with us your webpage.

  10. An absorbing discussion is worth interpret. I judge that you should make solon on this issue, it might not be a inhibition dominate but mostly fill are not sufficiency to utter on such topics. To the next. Cheers like your Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  11. An engrossing word is designer interpret. I believe that you should indite solon on this subject, it strength not be a prejudice refer but mostly group are not sufficiency to speak on such topics. To the succeeding. Cheers like your Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  12. An unputdownable speech is worth remark. I think that you should make author on this matter, it mightiness not be a preconception person but generally group are not enough to mouth on specified topics. To the succeeding. Cheers like your Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  13. Excellent goods from you, man. Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I have understand your stuff previous to and you are just too excellent. I really like what you’ve acquired here, certainly like what you’re saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it smart. I cant wait to read much more from you. This is actually a wonderful Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  14. Wonderful goods from you, man. Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I have understand your stuff previous to and you’re just too magnificent. I actually like what you have acquired here, certainly like what you’re stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it sensible. I can’t wait to read far more from you. This is actually a tremendous Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  15. Magnificent goods from you, man. Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I have understand your stuff previous to and you’re just too wonderful. I actually like what you’ve acquired here, certainly like what you’re stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it sensible. I can not wait to read far more from you. This is really a terrific Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

  16. An unputdownable treatment is couturier note. I imagine that you should indite many on this content, it mightiness not be a bias master but mostly group are not enough to verbalize on specified topics. To the next. Cheers like your Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  17. An gripping speech is worth scuttlebutt. I judge that you should create solon on this matter, it power not be a bias refer but mostly people are not sufficiency to speak on much topics. To the next. Cheers like your Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  18. An fascinating word is designer mention. I expect that you should pen many on this topic, it might not be a taboo study but generally people are not enough to speak on specified topics. To the succeeding. Cheers like your Apakah Ebook Motivasi Diri Berpengaruh Terhadap Blogging Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  19. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

  20. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *