Artikel Motivasi Diri – Joki dan Kuda Liar Dalam Diri Blogger

Setiap manusia memiliki sifat liar dan tidak ingin dikekang. Kita harus bisa mengendalikan diri untuk mencapai tujuan-tujuan efektif.

Kalau boleh diibaratkan, Anda (termasuk saya juga) adalah seorang joki (penunggang kuda) bagi kuda liar dari Anda sendiri. Meskipun tujuan telah ditetapkan, Anda masih sering tergoda keluar dari jalan yang ditentukan. Lihat yang bening-bening sedikit gampang tertarik. Berkelok ke arah lain, berputar-putar, geyol kiri geyol kanan, joget kayang, joget ngebor atau bahkan berhenti berlama-lama untuk bermalas-malasan.

Karena nggak segera ambil langkah nyata, maka tujuan terlihat makin jauh, perjalanan terasa sangat lamban, sangat melelahkan, menguras energi, dana, waktu, dan seolah-olah perjalanan tanpa ujung. Berats…! Duh, ngeblog dari dulu kok ya gini-gini saja. Katanya menulis artikel blog bisa jadi profesi yang menjanjikan, tapi kok blog saya nggak ada yang melirik buat dijadikan uang. Bahkan buat ikutan kontes saja nggak pernah menang. Ngenes kuadrat jadinya. Apakah Anda pernah terlintas pikiran demikian? Ada apakah gerangan dirimu?

Mari berpikir jernih. Sebagai pemegang kendali Anda harus cukup tegar mengarungi dunia persilatan. Lecutlah kuda liar yang ada dalam diri Anda supaya tetap berada di jalan yang lurus. Mainkan tali kendali supaya kuda liar terus bergerak maju ke arah tujuan. Bila Anda tetap memegang kendali, perjalanan akan terasa lebih ringan dan lebih menyenangkan. Lalu akibatnya, tujuan akan dapat dicapai dalam waktu yang lebih cepat.

Ketika tujuan telah ditetapkan, yakinilah bahwa apapun yang Anda lakukan setelah itu akan membawa Anda makin dekat ke tujuan. Dari tahap ini harap tetap waspada, jangan sampai Anda mengambil tindakan yang justru akan semakin membawa Anda menjauh dari tujuan. Godaan syaitonirrojim akan semakin sering terjadi. Tabahkan hatimu kisanak! Semua itu cuma ujian untuk mengetahui komitmen Anda.

Tindakan Anda akan makin dekat atau tambah jauh dari tujuan sangat ditentukan oleh kemampuan untuk mengendalikan diri. Meski awalnya terasa berat, namun belum terlambat untuk membiasakan sejak sekarang. Seperti pernah saya tulis dalam artikel bulan lalu, kebiasaan yang efektif akan mampu melatih kuda liar dalam diri Anda menjadi lebih terkendali dan berdaya guna. Semangat berjuang!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

22 Replies to “Artikel Motivasi Diri – Joki dan Kuda Liar Dalam Diri Blogger”

  1. Betul nih mas. Apalagi sy paling sering mengalami hal ini. Kadang kecewa pada diri sendiri karena merasa punya kemauan kuat, kemampuan untuk belajar juga cepat, tapi karena sering tergoda kiri kanan, jadinya ya nggak konsisten dalam meraih satu tujuan jelas. Makasih dah diingatkan lewat artikel ini πŸ˜€

  2. Siap mas, besok beli kacamata kudanya πŸ™‚
    Tapi dalam hal blogging, kacamata kudanya spt apa yah,…

  3. itu pernah terlintas di pikiran saya, kadang semangat kadang loyo, irama selalu seperti itu. tiap hari
    namun ketika saya dalam keadaan itu(tak semangat) saya berusaha untuk bangkit dengan cara bermimpi dengan blog saya nanti, meskipun masih jauh dari sempurna. bimbingannya yamas…

  4. I be aware like I’m constantly looking through reason associated with inviting things to pore over near by a number of subjects, however i be successful to include your install amongst my personal scans each and every life time because you give delivery to persuasive entries that I look on to.

  5. Many thanks with regard to supplying individuals with extremely enjoyable chance to read in detail from this blog. It’s usually therefore awesome and also jam-packed with many different fun for me personally and my office associates to visit your blog at minimal 3 times per week to see the most recent stuff you will have. And certainly, I’m also generally happy concerning the fantastic concepts you serve. Particular 2 details in this article are in fact the best we have had.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *