Artikel Pengembangan Diri: Mengontrol Gaya Hidup Harmonis

Rumah Cerdas Islami - Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center
Rumah Cerdas Islami – Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center

Kita tidak bisa mengendalikan kelancaran hidup. Satu-satunya yang bisa kita kendalikan adalah keadaan internal dalam diri kita.

Itulah kalimat yang sering kita dengar dari para motivator terkemuka. Kita tidak bisa menjamin perjalanan dari rumah ke tempat kerjaan bakalan lancar. Tapi kita bisa menyiapkan diri untuk berangkat lebih awal ataupun memilih jalur yang nggak padat pengendara. Kita bisa membentuk pola hidup yang tepat untuk kondisi yang tidak bisa diprediksi.

Siapa yang bisa membuat hidup kita jadi lancar? Keadaan di luar sana atau diri kita? Sebenarnya nggak fair kalau kita menyalahkan kondisi di luar sebagai biang keladi kegagalan. Mengapa? Karena kondisi eksternal kita itu relatif sama. Hanya ada dua kemungkinan: mendukung atau melawan kita.

Yang bisa kita lakukan adalah mengontrol gaya hidup supaya bisa harmonis dengan keadaan di luar. Seperti kata pujangga, kalau hidup sudah harmonis, kita bisa menjadi orang bahagia. Dan kalau sudah bahagia, hidup ini terasa ringan sekali buat diajak kerja. Ibaratnya nih, mobil yang nggak over muatan bisa melaju dengan kencang.

Salah satu quote menarik datang dari ilmuwan Albert Einstein. Dia bilang “Tak ada karya hebat yang lahir dari seseorang yang sedang dilanda kegundahan”. Makanya, kalau lagi galau kita pasti nggak bisa fokus ke kerjaan. Pengennya curhat melulu. Iya khan? Hehehe. Jadi sebelum kita nulis artikel blog siapkan mental yang tenang buat menjelang datangnya ide-ide menulis.

Olahlah setiap permasalahan menjadi cara baru bagi kita untuk menaikkan kelas. Jika kita menganggap tantangan sebagai hambatan untuk maju, maka habislah kita. Justru Tuhan memberikan tantangan bagi kita untuk menguji seberapa besar daya tahan kita dalam memperjuangan tujuan. Anda hanya akan dinilai berdasarkan apa yang sudah Anda kerjakan, bukan pada apa yang Anda katakan.

Selain itu, tidak ada pihak lain yang bertanggungjawab terhadap kesuksesan Anda selain Anda sendiri. Anda sendiri yang menentukan hidup Anda. Oleh karena itu, bekali diri sendiri dengan selalu meningkatkan potensi dan kompetensi diri menuju perbaikan hidup. Kita tidak akan pernah tahu berapa banyak waktu, tenaga dan biaya yang sudah kita investasikan dan hasilkan akan kita dapat melebihi dari harapan awal.

Semoga terinspirasi. Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Bagikan artikel ini melalui:

3 Replies to “Artikel Pengembangan Diri: Mengontrol Gaya Hidup Harmonis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *